logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa Ala Mang

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa Ala Mang Yono

Sampurasun .... Rampes. Blog Mang Yono. Masih tentang utak atik tumbuhan nih, kali ini Blog Mang Yono mau sedikit menuliskan cara membuat bonsai Asem Jawa, cara ini saya dapatkan dari pelajarang keterampilan kerajinan sekolah SMP jaman dulu, mungkin ada beberapa cara yang kurang atau malah kelebihan, maklum ini pelajarnnya sudah lama sekali.

Yup, saya lanjutkan ya?, nah kali ini saya praktekan di rumah pada tumbuhan Asam Jawa, karena Asam Jawa merupakan salah satu tanaman tropis yang paling sering dibuat BONSAI. 

Cara membuat bonsai Asem Jawa cukup mudah karena batangnya alot / ulet tidak mudah patah. Sehingga mudah untuk dibentuk sesuai dengan keinginan dan kemauan kita. 

Berhubung saya jarang dirumah, jadi tanaman Asam Jawa tidak pakai pot, Tanaman Asam Jawa yang mau di buat bonsai langsung ditanam di tanah dan ditanam di dekat kolam mungil depan rumah... hehehe.


Cara Membuat Bonsai Asem Jawa Ala Mang Yono

Kalau melihat poto bonsai Asam Jawa saya, mungkin masih jauh kalau ini di bilang bonsai, masih belum mirip sepertinya ya?. ya, sudahlah berhubung saya bukan ahli bonsai jadi apa adanya saja hehehe.

Tanaman bakalan untuk di buat bonsai dapat diperoleh dari penyemaian biji atau mencari bongkahan pohon asam di hutan atau di kebun. Kalau yang saya ini di dapat dari semai biji pada waktu saya masih sekolah STM, sekitar tahun 1994, berarti tanaman Aasem Jawa saya dah lama juga ya?. 


Bonsai Asem Jawa Mang Yono

  Cara membuat Bonsai Asem Jawa yang saya terapkan yaitu:

(!). Menentukan bentuk bonsai, kalau bentuk yang saya praktekan yaitu bentuk Bonsai tegak berkelok-kelok. Kalau sobat mau bentuk yang lain ada juga yang bentuk Sarung angin, Akar terjalin, Miring ke kiri, Miring ke kanan dan Goyang - goyang ... # Semprul eheheh



(!!). Diameter batang makin ke atas makin mengecil dengan keseimbangan kiri dan kanan yang baik.

(!!!). Dahan yang baik adalah dahan yang ada di bagian puncak lengkungan batang pohon.

(!V). Dahan yang berada di bagian dalam lengkungan dipotong.

(V). Dari pangkal batang hingga bagian puncak pohon dapat ditarik garis lurus.

(V!). Pangkaslah dahan yang terlalu rimbun.

V!!). Pemupukan dengan menggunakan pupuk organik, pupuk kandang atau kompos dan bahan organik lain secukupnya.

(V!!!). Dahan atau ranting bakal bonsai di welit dengan menggunakan kawat, dengan model dan kesukaan sendiri.

Setelah beberapa bulan nampak bonsai terwujud dan welitan / atau lilitan kawat bisa dibuka.

Cara di atas mungkin banyak kekurangan, maklum saya baru belajar dan kalau ada para master bonsai yang kebetulan singgah di sini atau membaca tulisan ini, dan pengen menambahkan kekurangannya silahkan ya master – master tulis di kotak komentar hehehehe.

 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

makasih kang yono untuk tutorialnya . menghias itu memang indah dan seni untuk membuat tanaman hias itu juga amat indah

Balas

Selamat Malam Mang Yono nyimak nih artikel membuat bonsai
Asam nya Mang. kebetulan saya suka dengan bonsai apa saja

Balas

Ikutan nyimak juga saya Mang
makasih atas artikelnya

Balas

nda ada pohon asam jawa di rmh.

Balas

Bisa ikutan coba nih caranya bat bonsai sendiri dirumsh
makasih ya mang

Balas

silahkan disimak akang, abang sedunia

Balas

betul sekali mas, menghias supaya yang dihias terlihat lebih cantik

Balas

selamat pagi kang, silahkan di comot kang, wah hebat juga kang saud ya... hehehe

Balas

nanem dari biji mas, atau nyari bongkahan pohon asem jawa .. heheeh

Balas

silahkan di praktekan mbak jenx, mudah - mudahan berhasil yo

Balas

hmmm... nyimak mang,saya belum pernah ngebonsai nih..
kayaknya cocok untuk halaman yang tidak terlalu luas ya mang,,bookmark deh :)

Balas

Lama ya kang tumbuhnya.

Balas

nah ini dia menginspirasi saya sekarang. besok nyobain deh kalo sempet

Balas

lama juga ya umur bonsai asem jawanya..dari tahun 1994, ...aku mau juga ikutan berbonsai ria ya.....kalo pohon kelapa bisa dibonsai juga kah....
keep happy blogging always....salam dari Makassar :-)

Balas

Silahkan di simak mba,. Tanaman bonsai cocok buat yang tidak punya halaman luas, bahkan yang tidak punya halaman juga bisa, yaitu dengan media pot.

Balas

Iya mas, harus sabar menunggu hehe

Balas

Silahkan mas, mau bonsai asem, serut, punus, cantigi juga boleh mas. Hehe

Balas

Iya bang, mungkin gak ke urus, tadinya selama 12 tahun pakai pot, kelapa, pohon kapuk, pepaya juga bisa bang..

Balas

geulis pisan bonsaina mang..

Balas

Poin yg (!) kyknya kurang lengkap tulisannya, mang. kehapus kali ya?

Balas

walah mang yono ada-ada saja nih.. asem jawa kok di bonsai segala sih mang hahaha tapikeren juga deh mang hasilnya hehehehe

Balas

Bonsai tegak berkelok-kelok kayak lagi goyang oplosan ya mang ... hehehehe

Balas

naksir ya mas hehehe

Balas

wah iya mas kehapus, sekarang sudah ... terimakasih koreksinya mas

Balas

ya memang banyak mas, para master bonsai juga pada bonsai pohon Asem jawa

Balas

ada mas miring ke kiri - miring ke kanan dan goyang - goyang eheheh

Balas

cocok nih mang yono, olah tanamannya hebat bener :)

Balas

Pohon asem jawanya nurut juga ya mang. kirain tambah gak mau tumbuh akibat di ikat kawat

Balas

Pengen juga tanem hiasan kaya gini ... sayang .. tempat terbatas Mang .. :(

Balas

bisa dicoba nihh .siapa tau berhasil ..thnks mas

Balas

hehehe abang sedunia uiii

Balas

tanaman asam jawa sudah sulit ditemui di tempat saya mang. padahal kan saya tinggal di jawa :D

Balas

Lihat bonsai asam
gigiku terasa mengenyam
kecutnya asam

Indah dan tentram
jika dihalaman rumah ada bunga bermacam-macam
termasuk bonsai asam

Balas

Wah keren tu mang, baru tau kalo asam bisa dijadikan bonsai, kreatif pisan si amang.
Salam kenal mang.

Balas

Asal jangan buat Bonsai manusia aja mang

Balas

nih sya punya banyak bakaln bonsai asam gan,cek http://www.berniaga.com/Bakalan+bonsai+asam+tamarin-17073172.htm?last=1

Balas

bongol asem yang baru saya dapet malah salah potong,gmn untuk memperbaikinya bos, mohon pencerahan nya,

Balas
avatar
stopa sintaro

Siiiip ...bagus juga mang...bagusan mana sama bonsay asem ku mang ....

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger