logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Nasi Liwet khas Sunda di Saung Sawah

Sampurasun... Rampes. # Cara / Tips. Masih tentang cerita di Hari Minggu tanggal 15 Desember 2013. Setelah Kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara Merebus Kacang Tanah Kali ini Blog Mang Yono  mau berbagi tentang Cara MembuatNasi Liwet khas Sunda di Saung Sawah Mang Yono lokasinya di kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia dengan menggunakan panci seadanya plus bakar Ikan Peda / ikan teri yang dicampur pada nasi liwetnya tak ketinggalan juga teman – temannya lalapan mentah langsung petik di pohon dan sambel Goang ( sambel tanpa memakai terasi). 

Suka sama liwet kan?, tahu cara membuat masakan tradisional ini, gak?, silahkan gabung kesini deh dan baca sambil nunggu nasi liwetnya mateng... hehehe, soalnya sayang banget kalau anda melewatkan cara memasak Nasi Liwet ini.

Cara Membuat Nasi Liwet khas Sunda di Saung Sawah
Masak Nasi Liwet dan Panggang ikan Peda
  • Bahan - bahan yang diperlukan Membuat Nasi Liwet khas Sunda di Saung Sawah:
     
  1. 3 Liter Beras pulen  
  2. Air bersih secukupnya
  3. 10 Siung Bawang merah / Bawang putih ( tergantung selera )
  4. 20 Buah Cabe rawit ( tergantung selera )
  5. 2 batang, Daun Sereh dikeprek dulu  
  6. 5 Lembar Daun Salam
  7. Garam Secukupnya
  8. Gula pasir Secukupnya (pengganti vetsin)

Cara Membuat Nasi Liwet di Saung Sawah:
  • Asiknya Makan Nasi Liwet
- Pertama Cuci bersih beras pakai air bersih.  

- Kupas bawangmerah / Bawang putih iris tipis – tipis.

– Iris Cabe Rawit.

- Masukkan beras dan air ke dalam Panci ( air agak banyak sedikit beda dengan menanak nasi biasa ). 
- Masukkan irisan bawang putih dan irisan cabe rawit, daun sereh, daun salam, gula, dan garam ke dalam panci .
- Tunggu hingga masak 

Tambah nikmat kalau ditambah bakar ikan Peda / ikan teri plus lalaban mentah sambal Goang dinikmati bersama keluarga.
Makan Nasi Liwet Di Saung Sawah
Cari Posisi Nyomot Nasi Liwet

Tak satupun makanan khas sunda yang gak saya suka, karena memang saya orang sunda .... hehehe.

Terutama Nasi Liwet di Saung Sawah, liwet suka kami sajikan kalau ada acara ngumpul keluarga.

Selamat Menikmati Cara Membuat NasiLiwet khas Sunda di Saung Sawah, ambil daun masing – masing ya... buruan, mumpung masih kebagian ... hehehe
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

46 komentar

Your comment will be visible after approval.

Balas

kayaknya mudah nih, bikin nasi liwet khas sunda

Balas

Kyanya enak enak di mkan d sawah y mang

Balas

Pesen satu ya kang, kirim ke G+ aja :D

daun....daun...daun mana...

Balas

kriuk-kriuk jadi lapar nih mang :D
bikin nasi liwetnya persis seperti saya kalo buat :)

Balas

Nah ini dia yang saya suka Mang? tau aja Mamang teh
Yang saya suka heeh kebetulan saya belum sarapan jadi
Boleh deh Mang saya nimbrung ikut sarapan hheheh :)

Balas

Naon eta teh hartina Mang teu ngertos da Abi mah hhh

Balas

Sepertinya begitu Mbak Nia yu ikutan Makan Mbak Nia :)

Balas

Mas Yobert masa Nasi Liwet bisa di kirim ke G+
Ada-ada aja Mas ini ahhah saya juga pengen dong :)

Balas

Kita barengan aja yah Mas Intan nasi liwetnya hehehhe

Balas

hahaha gak tau kang .. itu tulisan sering muncul di blog lain kalau saya komentar, terus komentar saya gak muncul ... jadi saya nyobain siapa tau ini SEO hehehee.

Balas

O kalau nasi liwet di saya mudah cukup beras di masak di priuk sampai masak ada kerak
biasanya dimakam sama urap ikan di goreng tempe krupuk tidak lupa...jadi laper

Balas

komentar anda sudah muncul



ngetes juga mang

Balas

ke Mriuk ya mas nasinya?

Balas

kapan" bisa d coba ni mang,,,,

nasi d masak sama bumbunya sekalian,,, d kampung saya belum ada,,,

Balas

eksotik banget mang. ikuuut

Balas

Saya malah belum pernah merasakannya mas

Balas

belum pernah merasakan :( pengen deh, daun nih daun :)

Balas

Sambel goangnya tidak sekalian dibuat resepnya mang ..?

Balas

sudah makan bayar ya ...

Balas

pesen sama mang Yono saja mas ..

Balas

proses pembuatannya hampir sama dengan nasi kuning ya

Balas

Enak nih kayaknya nasi liwetnya....apalagi kalau makannya rame2, seger, nikmat!

Balas

nikmat makan nasi liwet ikan peda dan sambel goang,,,jadi inget ka Ema saya,,,paling pinter membuat makanan seperti itu,tapi sekarang Ema sudah Almarmumah,,,,,,jadi sudah tidak ada lagi yang namanya nasi liwet, hikhikhikhik

Balas

nget ach,,ehhh sudah muncullllll

Balas

tentu enak sekali rasa nasi liwet itu ya..

Balas

kalau sudah visibel berarti kelihatan ya mang

Balas

mang yono memang eksotik banget deh..kasih kecup gak ya ?
nasi liwet apalagi dimakan bareng-bareng, lauk terong aja udah enak mang

Balas

ternyata rumit juga ya master untuk membuat nasi liwet khas sunda hmmmm :)
thanks master atas informasinya ya ^^

Balas

makan di tengah sawah pasti enak sekali

Balas

Your comment was published.

Balas

Saya masih bertanya-tanya nih mas, maaf kalau keluar topik!
Artinya sampurasun rampes itu apa sih?


http://problogiz-tech.blogspot.com

Balas

wahh manteb mang, atuh jeng lauk asin bonteng kurupuk, jengkol di balado, sambel tomat heuuu manteppp ngilerrr ahh

Balas

Jadi inget tujuh belasan di kampung..mang :)

Balas

Minumnya air kendi ya mbak :)

Balas

nasi liwet dimakan di saung sama sambal terasi ikan asin lalap pete pasti enak ya mang, hehehe :)
jadi pingin saya :D

Balas

nasi liwet bener2 ngangeni, waktu tinggal dijabar sllu mnikmati ini..sehat, banyak mentahannya hmmm

Balas

komen saya kamari kamana mang..?

Balas

saya juga pernah nich makan / sarapan di sawah. Memang terasa sekali beda nya ya master. lebih enak makan di sawah daripada makan di rumah ^^

Balas

asik jga nampaknya makan nasi liwet itu bareng teman2.. :D

Balas

adek adek itu kalo makan bikin aku lapeeeer :D
lezaat bget kang

Balas

jangan lupa makannya pake daun pisang mang alahhh enak pisan mang euy hahaa

Balas

mantap gan nasi liwetnya..

mampir ke blog ane ya gan www.resepnasigoreng.com

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger