Apa Itu Arti Sampurasun dan Rampes?

Sampurasun... Rampes ... 

MANGYONO.com - Apa Itu Arti Sampurasun dan Rampes?

Tulisan Sampurasun dan Rampes selalu menghiasi postingan Blog Mang Yono. Nah Kata “sampurasun” yaitu sapaan yang biasanya akrab di telinga orang sunda seperti saya, tapi mungkin banyak juga yang tidak tahu artinya bahkan tidak pernah mendengar kata atau tulisan Sampurasun dan Rampes. Kata – kata ini digunakan saat saling bertemu, atau ketika seseorang  menyapa khalayak ramai atau pada sambutan bewara ( pidato), bisa juga sebagai pembuka tulisan seperti di postingan Blog Mang Yono.

Ya, bagi Anda yang menggunakan Bahasa Sunda tentu sudah tidak asing dan aneh lagi dengan kata Sampurasun dan Rampes pasti sudah mengetahui artinya, Kata Sampurasun berarti permisi dan Rampes berarti silahkan.

Atau ada juga yang mengartikan Sampurasun berasal dari kalimat "Sampurna ning ingsuh" yang memiliki makna "sempurnakan diri anda".
Apa Itu Arti Sampurasun dan Rampes
Apa Itu Arti Sampurasun dan Rampes?.


Banyak cara dilakukan untuk melestarikan budaya daerah, salah satunya adalah dibidang bahasa. penyampaian salam pembuka ‘sampurasun’ dalam setiap kegiatan itu dikatakan sebagai upaya melestarikan budaya Sunda kalau bukan orang sunda yang melestarikannya mau siapa lagi coba.

Dalam sejarahnya, kata Sampurasun merupakan singkatan dari Sampura ( hampura ) yang artinya punten . Kata ini singkatan dari “abdi nyuhunkeun dihapunten” (Saya mohon dimaafkan). 

Sehingga, ketika seseorang mengucapkan Sampurasun maka jawabannya tentu saja Rampes, artinya baik dimaafkan

Maka kata Sampurasun dan Rampes menjadi yang pengucapannya tidak dapat dipisahkan satu sama lain seperti Romeo and Juliet, bagaikan sendok dan garpu kita selalu bertemu, bagaikan lilin dan api kita saling membutuhkan, kalau memang jodoh mau apa lagi, jangankan gunung yang tinggi pedang pun tak akan mampu memisahkan kau dan aku sayang... hahaha malah nyanyi. Ya sudah Sampurasun dan Rampes itu seperti lagu mobil dan bensin yang dinyanyikan Santa Hoky, seperti sendok dan garpu,Mang Yono dengan capingnya... # Semprul haha.

 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar