logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau

Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau

Sampurasun ... Rampes ... Blog Mang Yono - Sirih Merah. Ya, tanaman ini namanya Sirih Merah, daun hijau dengan semburat pink kemerahan tidak hanya dijadikan tanaman hias tetapi tanaman ini bisa dijadikan obat herbal yang berkhasiat dan banyak dicari.

Tanaman sirih merah tidak suka ditanam ditempat panas, tetapi sirih merah ini lebih suka ditanam di tempat teduh seperti pada gambar di bawah, ini poto sirih merah saya yang dirambatkan ke lantai atas, kenapa coba dirambatkan ke lantai atas kok pelit, ya biar tidak ada yang ngambil sendiri, ini untuk menghindari tanaman sirih merah mati, karena pernah saya alami banyak yang minta dan ngambil daun sirih merah sendiri dengan asal potes dan ahirnya tanaman sirih merah saya layu dan akhirnya mati.


Sirih Merah Mang Yono
Sirih Merah mang Yono sengaja dirambatkan ke lantai atas


Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau selain dapat dilakukan dengan mencangkok  dapat dilakukan dengan, stek, merundukan dan stek dengan direndam dengan air.

Berikut ini Blog Mang Yono mau berbagi sedikit tentang memperbanyak dengan stek, Runduk dan Stek air  sesuai yang pernah saya praktekan.

Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau

 Cara memperbanyak sirih merah / sirih hijau

(!).Cara  Stek
Cara menstek  tanaman sirih merah atau tanaman sirih hijau seperti yang pernah saya praktekan 
 1. Sediakan media tanam stek berupa tanah, pasir, dan arang sekam padi,  untuk membuat arang sekam padi silahkan baca Cara membuat arang sekam padi.. Perbandingannya tanah, pasir dan arang sekam padi dengan perbandingan 3:1:3. Masukkan ke dalam pot berdiameter berdiameter 10 cm atau menggunakan bekas aqua gelas yang bagian bawahnya sudah dilubangi
2. Pilih batang sirih merah yang sudah tua dan potong kira – kira 3 – 4 ruas
3. Rendam potongan batang ini ke dalam air biasa kira-kira selama 30 menit lalu angkat.
4. Tanam setek ke dalam media tanam yang sudah disiapkan tadi.
5. Letakkan setek yang sudah ditanam di pot di tempat teduh.
(!!). Cara Steck Air.
Cara ini paling mudah dan gampang. Cukup potong batang sirih sepanjang kira – kira 3 – 4 ruas, kemudian batangnya di rendam di air tetapi yang direndam cukup batangnya saja , jangan dengan daun sirihnya nanti malah busuk loh. Tunggu sampai batang yang terendam air keluar akar.

 (!!!). Cara Runduk
Cara ini mungkin mirip dengan mencangkok Cuma beda cara saja... hehehe. Pilih batang sirih yang sudah panjang, kemudian cukup dirundukan ke tanah atau meletakan di tanah. Setelah beberapa minggu, akar akan tumbuh, dan batang sirih siap di potong untuk ditanam di media pot atau di tanah langsung.

Cara ini tidak hanya bisa dilakukan pada tanaman sirih merah saja, tetapi dapat dipraktekan pada tanaman sirih hijau.

Selamat mencoba...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

PERTAMAX :p
hahay boleh juga nih bang buat iseng" baca
ane bukmark dulu ya

Balas

silahkan kang di comot pertamaxnya heheh

Balas

keren ni mang
ijin sedot ya mang
agar saya tambah pintar

Balas

budidaya sendiri ya bang?

Balas

Wah ternyata ada juga SIRIH HIJAU ya,
Hmm baru tau deh hieiehheiehieehe

Balas

wah ternyata mang yono ahli dalam bercocok tanam nih hehe :)

Balas

ada caranya untuk memperbanyak sirih ya.. sangat bermanfaat artikel ini..

Balas

gampang dan sama saja cara ngembangin sirih merah sama sirih hijau biasa. Tetanga saya nenbangi siroh merah dengan btangnya di kasih tanah kayak di cangkok gituh. Katanya biar lebih banyak berhasil daei pada setek biasa.

Balas

saya punya sirih hijau mang, tapi numbuhnya di pohon mangga, kyak benalu gitu

Balas

ilmunya banyak dan bermanfaat banget, terutama bagi orang kota yang pengen nanem sirih, soalnya sirih kan berguna banget buat obat mimisan dan obat herbal kaum ibu untuk memperedkan...
dicilembu mah hampir disetiap rumah punya tanaman ini tuh.

Balas

mang... blognya bagus bangeeeeeeedd :D *gagalfokus*

Balas

emang beda ya.. sirih hijau ama merah.. baru tahu saya.

Balas

wah sirih merah itu seperti apa ya mang.. saya kok belum pernah lihat.. kalau sirih hijau di rumah saya banyak mas... buat nginang mbah saya dulu... heheheh

Balas

sippp...saya pernah mencoba menanamny tpi g berhasil....ternyata ada carany :)

Balas

ya ada warnany merah,,,,giyu... -_-

Balas

silahkan bang, hati - hati nyedotnya sirih ini puahiiiitt loh heheeh

Balas

cuma belajar saja mas dan ternyata banyak yang nyari daun sirih merah ini

Balas

ada Kang, ada juga yang merah ke emasan, yang biasa buat sabun sirih... buat bikin keset hehehe

Balas

sambil belajar kang, daripada beli di tempat penjual bunga hargannya dihitung perlembar daun hehehe

Balas

Ada Mizz, selain di jual daunnya kan bisa dijual juga bibitnya hehehe

Balas

betul mas gampangan seperti di cangkok begitu, kalau di stek jarang yang tumbuh kalau tidak biasa, tapi kan kalau dicangkok harus punya bibitnya/indukannya sendiri heheh,

Balas

iya mbak, sirih kan bagusnya nempel di pohon kalau ditempat panas malah jelek.

Balas

iya kang contohnya saya yang suka mimisan, dan buat ibu - ibu yang pengen anunya keset... biar tralala - trilili hehehe

Balas

Ah yang bener nih hehehe

Balas

iya Miz harus tau loh, sirih merah yang biasa di buat sabun sirih, sirih hijau/biasa untuk nginang. dan menurut penelitian para ahli sirih, sirih merah lebih unggul dan banyak khasiatnya... katannyasih katanya hehehe

Balas

betul tuh kata kang Zeer, yang ada warna merahnya, daun sirih merah mempunyai warna merah ke emasan boleh lihat tuh gambarnya di atas mas hehehe

Balas

iya kang, yang paling gampang pakai cara Runduk atau dicangkok, tapi jangan dikupas kulitnya hehehe

Balas

Kebetulan di halamn depan rumah saya terdapat tanaman sirih merah ini Mang, dengan membaca tutorial cara memperbanyak sirih merah ini bisa langsung saya praktekkan di rumah saya.

Salam,

Balas

wah hatur nuhun mang tutor stekna siap di praktekin deh kbetulan disini ada tanemannya

Balas

saya pernah memperbanyaknya, dan harganya sangat mahal yaitu 10.000 per pot

Balas

wah boleh dicoba nih Mang,,,,tetangga sebelah rumah punya sirih merah tapi belum rindang ( belum banyak )nanti mau saya kasih tahu caranya,sperti yang ada di artikel mang Yono ini.ok Mang hatirnuhun infonya,,,

Balas

hahahha
ketawa saya baca komentnya mang

bukan sedot sirihnya
tapi artikelnya mang

Balas

Dulu kalau mimisan saya sering dikasih daun yang satu ini sama ibu saya, thanks sudah berbagi ilmunya mas :)

Balas

Begitu toh cara budi dayanya. Daun sirih Merah bagus untuk obat Mas. Makasih mas.

Balas

saya mau nanem dulu mang setelah besar nanti saya mau coba sarannya mamang biar daun sirihnya bisa lebih rimbun yah mang, makasih mang :)

Balas

mang, yang merah itu nggak kuat panas, di tempat saya. layu aja bawaannya

Balas

tentu untung dapat menjual bibitnya..

Balas

Kayaknya sirih tu ada deh di halaman depan.. sekalian mau coba pratekin cara mensteknya mang.. :D

Balas

boleh minta gambar cara steknya gk..??

Balas

Terimakasih mang... Membantu saya mengerjakan tugas

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger