Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau

Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau

Sampurasun ... Rampes ... Blog Mang Yono - Sirih Merah. Ya, tanaman ini namanya Sirih Merah, daun hijau dengan semburat pink kemerahan tidak hanya dijadikan tanaman hias tetapi tanaman ini bisa dijadikan obat herbal yang berkhasiat dan banyak dicari.

Tanaman sirih merah tidak suka ditanam ditempat panas, tetapi sirih merah ini lebih suka ditanam di tempat teduh seperti pada gambar di bawah, ini poto sirih merah saya yang dirambatkan ke lantai atas, kenapa coba dirambatkan ke lantai atas kok pelit, ya biar tidak ada yang ngambil sendiri, ini untuk menghindari tanaman sirih merah mati, karena pernah saya alami banyak yang minta dan ngambil daun sirih merah sendiri dengan asal potes dan ahirnya tanaman sirih merah saya layu dan akhirnya mati.


Sirih Merah Mang Yono
Sirih Merah mang Yono sengaja dirambatkan ke lantai atas


Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau selain dapat dilakukan dengan mencangkok  dapat dilakukan dengan, stek, merundukan dan stek dengan direndam dengan air.

Berikut ini Blog Mang Yono mau berbagi sedikit tentang memperbanyak dengan stek, Runduk dan Stek air  sesuai yang pernah saya praktekan.

Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau

 Cara memperbanyak sirih merah / sirih hijau

(!).Cara  Stek
Cara menstek  tanaman sirih merah atau tanaman sirih hijau seperti yang pernah saya praktekan 
 1. Sediakan media tanam stek berupa tanah, pasir, dan arang sekam padi,  untuk membuat arang sekam padi silahkan baca Cara membuat arang sekam padi.. Perbandingannya tanah, pasir dan arang sekam padi dengan perbandingan 3:1:3. Masukkan ke dalam pot berdiameter berdiameter 10 cm atau menggunakan bekas aqua gelas yang bagian bawahnya sudah dilubangi
2. Pilih batang sirih merah yang sudah tua dan potong kira – kira 3 – 4 ruas
3. Rendam potongan batang ini ke dalam air biasa kira-kira selama 30 menit lalu angkat.
4. Tanam setek ke dalam media tanam yang sudah disiapkan tadi.
5. Letakkan setek yang sudah ditanam di pot di tempat teduh.
(!!). Cara Steck Air.
Cara ini paling mudah dan gampang. Cukup potong batang sirih sepanjang kira – kira 3 – 4 ruas, kemudian batangnya di rendam di air tetapi yang direndam cukup batangnya saja , jangan dengan daun sirihnya nanti malah busuk loh. Tunggu sampai batang yang terendam air keluar akar.

 (!!!). Cara Runduk
Cara ini mungkin mirip dengan mencangkok Cuma beda cara saja... hehehe. Pilih batang sirih yang sudah panjang, kemudian cukup dirundukan ke tanah atau meletakan di tanah. Setelah beberapa minggu, akar akan tumbuh, dan batang sirih siap di potong untuk ditanam di media pot atau di tanah langsung.

Cara ini tidak hanya bisa dilakukan pada tanaman sirih merah saja, tetapi dapat dipraktekan pada tanaman sirih hijau.

Selamat mencoba...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar