logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi para petani di Pagaden Barat

Sampurasun... Rampes.. # Pertanian. Blog Mang Yono mau menulis sedikit tentang Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi para petani di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, Indonesia. Setelah kemarin menulis tentang Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat. Untuk para petani  tentu sering mengalami tanaman padinya diserang oleh keong mas dan tidak berlaku bagi karyawan kantor, ga mungkin kan berkas atau surat - surat berupa kertas di serang keong emas... # Semprul heheh. 

Hama yang telah lama menjadi musuh bebuyutan para petani selain tikus, kalau tikus mungkin musuh bebuyutan semua rakyat, tentunya tikus pakai tanda kutip hehehe. 

Keong Emas
Keong mas sangat menyukai areal sawah yang sering tergenang, binatang ini seneng mainan air... hehehe
 
Karakteristik keong mas yang menyukai tanaman muda padi sering mengakibatkan petani melakukan tanam ulang karena serangan keong mas yang begitu dasyat dan bikin nendang.




Berbagai macam cara telah dilakukan para petani untuk membasmi keong mas. Baik secara kimiawi yaitu menggunakan Pestisida atau dengan cara mekanik
Penyemprotan Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi
Sebelum di tanami padi di semprot Pestisida pembasmi keong mas


(!). Jika menggunakan kimiawi  / Pestisida, keong di suatu petak sawah dapat cepat mati namun biasanya untuk penyemprotan dengan hasil yang maksimal  biasanya saya melakukan penyemprotan pada waktu sebelum Tandur / Tanam padi. 

Tapi hati – hati terhadap cangkang keong mas yang sudah mati dan akan membahayakan apabila terinjak.



(!!). Sedang cara mekanik keong diambil dengan tangan, dengan membuang telur-telur keong mas kedalam air agar tidak menetas dan mengambil keong mas-keong mas di tempat persembunyian akan menghemat biaya serta hasil hama yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak. Namun letak keong mas yang tersebar diareal sawah akan membutuhkan waktu yang relative lama untuk mengambil semua keong mas yang ada. 


Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi
Ini bukan sop/sayur keong tapi keong mas disawah disemprot kimiawai
Supaya gampang dilakukan cara mekanik  yaitu bisa menggunakan daun pepaya / daun talas dengan meletakan daun – daun tersebut di beberapa titik pada petak-petak sawah ini untuk memancing agar keong mas berkumpul, sore meletakan daun – daun dan paginya baru di ambil, pasti tuh keong mas berkumpul di sekitar daun pepaya atau daun talas. 



Nah untuk keong mas ini bisa di buat untuk makanan ternak, katanya denger – denger bisa di olah menjadi makanan, tapi saya belum pernah mencoba mengolah keong mas untuk di makan.

terimakasih sobat sudah berkunjung dan membaca tulisan Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi para petani di Pagaden Barat,



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

41 komentar

Pertamax diamankan dulu kang :D

Balas

Harga emas mungkin lagi naik kang, makanya keong mas nya keluar jual diri hehehe, moga aja keong mas nya bisa diatasi kang supaya panennya berhasil :)

Balas

Keong mas yang merjalela memang sangat sangat membaut hatu kenal para petani yang ladang tanamannya di gerogoti ya Mang, semoga saja dengan kesabaran dan ketelatenan serta kerjasama para petani dan penduduk dapat bahu membahu bersama mengatasi permasalah ini di musi tanam hingga panen nantinya.

Salam,

Balas

Selamat malam Mang Yono baca semua sampai habis artikelnya
Minggu kemarin sawah saya di tanami kena juga Mang sama
Keong racun Pass pisan nih artikel Mamang salam hormat yah Mang

Balas

Amien Mas Yobert semoga saja wabah keong Mas yang merejalela
Di semua Kota Subang Jabar kaya nya kebagian semua deh Mang

Balas

Keong emas bisa dimakan, jika salah cara memasakknya bisa berakibat kepala pusing

Balas

udah gitu, jadi Gedung teater pula di kompleks Taman Mini

Balas

apalagi kalo cangkangnya yang dimakan.

Balas

bisa dibikin makanan bebek Mang...

Balas

kayaknya saya dari tadi bw-nya barengan sama Pak Zach terus...nih, di sini juga didahului, di tempat Mang Ubi juga...huh)

Balas

wah baru tau mas kalo mengatasi keong mas dengan meletakkan daun pepaya dan daun talas,patut dicoba ni disawah ku.

tapi kalo masalah keong mas bisa diolah lebih baik jangan, soalnya kandungan residu pestisida atau logam berat yang terdapat pada daging keong emas rata2 cukup tinggi

Balas

Silahkan pertamaxnya di ambil, yang belum kebagian keong mas nanti deh saya bagi hehe

Balas

Keong ini memang cepat penyebaranya kang, apa mungkin di bawa peternak bebek hehe

Balas

Izin nyimak saja sob...

Balas

Beul mas keong ini harus di berantas bersama.

Balas

pasti salah masuk pintu...

Balas

Kalau keong biasa biasanya di oseng atau diiblok yang pernah saya dengar dan tau hampir sama kayak kerang gitu mas...tapi saya tidak pernah makan..

Balas

kalo tutut diambilin buat masakan teman nasi mang, tapi gk tau kalo keong mas, soalnya gede-gede, :D

Balas

Keong emas dulu sempat pada suka memeliharanya di tempat saya mang, warnanya yang emas kuning gitu kan bagus buat hiasan kolam, namin di daerah peguningan tak bisa netas telurnya mungkon kalo ya. Nyatanya hingga kini tidak banyak keong emas di tempat saya jadi ga sampai jadi hama gitu ya..

Balas

Keong emas enak juga. Saya pernah merasakan keong emas bumbu rica, namun kudu hati-hati memasaknya karena ada bagian yang kudu di buang karena mengandung racun gitu. Kalau gak bisa keracunan alias mabuk wal mendhem keong gituh

Balas

iya cak makanya saya belum pernah masak keong mas, kalau keong atau tutut bisa sih sering heheh,

makan cangkang keong nanti kudalumping juga malah takut mas... hehehe.

pintu rumahsakit ya jenx

Balas

nah itu keong mas yang super wah....

kalah gesit mungkin Mbak KK heheeh

Balas

kata yang punya bebek sih begitu mbak KK

Balas

Iya mas meletakan daun pepaya bukan untuk membunuh keong mas tapi untuk mengumpulkan keong - keong, sore diletakan daun pepayannya, pagi - pagi tinggal ngambilin keong pasti sudah berkumpul disekeliling daun pepaya atau daun talas.

betul mas saya juga gak berani tuh mengolah keong mas untuk makanan, pernah geger dikampung saya gara - gara makan sayur keong mas masuk rumah sakit karena keracunan.

Balas

silahkan.. tapi dipingir sawah ya nyimaknya ehhehe

Balas

iya jenx itu keong biasa atau tutut, tapi untuk keong mas ini harus super dalam mengolahnya karena ada racunnya, katannya sih saya belum pernah makan keong mas heheeh

Balas

kalau tutut saya suka kang, mas, keong juga suka kalau yang keong biasa, tapi untuk keong mas wah ngeri ya mas, betul tuh kata mas mus, keongmas ada racunnya, dikampung saya ada yang keracunan dan masuk Rumah sakit gara - gara makan keong mas .

Balas

wah hebat banget tuh mas, keong mas di tempat mas mus tidak bisa berkembang biak, dulu di tempat saya juga banyak yang bawa keong mas untuk dipiara di kolam, tapi sekarang malah menjadi merajalela begitu.

Balas

bukan mainan air kali mang, memang hidupnya di air, haha.

Balas

keong mas apa bisa dijual mang? siapa tau berguna buat perhiasan. heu heu

Balas

wahhh keren nih kang yono bisa mancing keong mas pake daun talas hihi (Y)

Balas

kereen kang yono ;) hihi

Balas

keong mas mengandungi zat yg memabukan....
tapi bisa dimakan kok,asal tau cara pengolahannya.
pada bagian kepala keong mas,atau bagian daging depannya di belah,trus buang butiran seperti pasir yg ada didalamnya....cuci keong tersebut trus di masak.

Balas

wah kok bisa banyak getu ya master keong nya yang ada di sawah. Jadi kalau ke swah, bisa sekalian cari keong emas ya hehehe :D

Balas

heheh iya seperti anak kecil yang suka mainan air hehe

Balas

bisa dan pasti mahal keongnya di buang emasnya dijual, pasti laku heheh

Balas

iya biar gak repot pakaidaun talas dan daun pepaya...

Balas

saya memang keren abis...

Balas

ternyata yang nenabukan itu ya mas yang butiran seperti pasir....nanti saya praktekan

Balas

banyak sekali keong masnya... kalau saya mau nyari keong mas yang gak ada keong nya.. tinggal mas nya doang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger