Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi para petani di Pagaden Barat

Sampurasun... Rampes.. # Pertanian. Blog Mang Yono mau menulis sedikit tentang Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi para petani di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, Indonesia. Setelah kemarin menulis tentang Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat. Untuk para petani  tentu sering mengalami tanaman padinya diserang oleh keong mas dan tidak berlaku bagi karyawan kantor, ga mungkin kan berkas atau surat - surat berupa kertas di serang keong emas... # Semprul heheh. 

Hama yang telah lama menjadi musuh bebuyutan para petani selain tikus, kalau tikus mungkin musuh bebuyutan semua rakyat, tentunya tikus pakai tanda kutip hehehe. 

Keong Emas
Keong mas sangat menyukai areal sawah yang sering tergenang, binatang ini seneng mainan air... hehehe
 
Karakteristik keong mas yang menyukai tanaman muda padi sering mengakibatkan petani melakukan tanam ulang karena serangan keong mas yang begitu dasyat dan bikin nendang.




Berbagai macam cara telah dilakukan para petani untuk membasmi keong mas. Baik secara kimiawi yaitu menggunakan Pestisida atau dengan cara mekanik
Penyemprotan Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi
Sebelum di tanami padi di semprot Pestisida pembasmi keong mas


(!). Jika menggunakan kimiawi  / Pestisida, keong di suatu petak sawah dapat cepat mati namun biasanya untuk penyemprotan dengan hasil yang maksimal  biasanya saya melakukan penyemprotan pada waktu sebelum Tandur / Tanam padi. 

Tapi hati – hati terhadap cangkang keong mas yang sudah mati dan akan membahayakan apabila terinjak.



(!!). Sedang cara mekanik keong diambil dengan tangan, dengan membuang telur-telur keong mas kedalam air agar tidak menetas dan mengambil keong mas-keong mas di tempat persembunyian akan menghemat biaya serta hasil hama yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak. Namun letak keong mas yang tersebar diareal sawah akan membutuhkan waktu yang relative lama untuk mengambil semua keong mas yang ada. 


Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi
Ini bukan sop/sayur keong tapi keong mas disawah disemprot kimiawai
Supaya gampang dilakukan cara mekanik  yaitu bisa menggunakan daun pepaya / daun talas dengan meletakan daun – daun tersebut di beberapa titik pada petak-petak sawah ini untuk memancing agar keong mas berkumpul, sore meletakan daun – daun dan paginya baru di ambil, pasti tuh keong mas berkumpul di sekitar daun pepaya atau daun talas. 



Nah untuk keong mas ini bisa di buat untuk makanan ternak, katanya denger – denger bisa di olah menjadi makanan, tapi saya belum pernah mencoba mengolah keong mas untuk di makan.

terimakasih sobat sudah berkunjung dan membaca tulisan Keong Emas yang merajalela pada tanaman padi para petani di Pagaden Barat,


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar