logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat

Sampurasun... Rampes.. #Pertanian. Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat. Setelah sebelumnya Blog Mang Yono menulis tentang Panen Padi telah tiba tradisi derep masih dilaksanakan di Pagaden Barat.  

Hidup di desa merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya meskipun saya tidak selalu tinggal di desa terus, malahan lebih banyak hari – hari saya tinggal di Kota Metropolitan, Jakarta, Indonesia, di desa 1 hari sedangkan di Kota 6 hari. 


Karena memang di desa dimana saya tinggal tak ada pekerjaan yang cocok bagi say, bukan cocok ding, Tapi intinya tidak ada perusahaan yang mau menerima saya bekerja * Nasib.... 


Musim tanam padi telah tiba
Maka dari itu untuk sementara saya bolak – balik antara kota dan desa. Bolak balik karena keluarga saya tinggal di desa dan saya juga masih KTP kampung. 


Sekarang musim hujan, Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat juga mulai dilaksanakan Pengolahan tanah. 


Nah untuk tanam padi di kampung saya atau di kecamatan tempat tinggal saya masih dilakukan tradisi atau kebiasaan gotong royong, yang punya sawah woro – woro ke tiap tetangga atau siapa saja yang mau ikut tandur atau menanam padi sambil mundur di sawahnya, kenapa tanam padi sambil mundur mang? Ya karena kalau sambil maju tuh padi yang ditanamnya pasti terinjak, kapan selesainya tuh nanam padi .... eheheh.

Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat

Sawah yang mau ditanam padi harus siap di tanam padi maka  diolah lah swah tersebut dari mulai Nampingan, Mopok Galeng/ pematang, ngalepa, nyorogan naplak, membajak sawah dengan, pelaku pembajak bukan seperti pembajak sesungguhnya yang bermata satu tapi ini untuk mengolah tanah, alat ini biasanya ditarik oleh kerbau sapi, orang. Berhubung sekarang jarang yangternak sapi atau kerbau di daerah saya sekarang sudah menggunakan kerbau mesin atau TRAKTOR.


Di desa saya Bendungan, Pagaden Barat, Subang Jawa Barat ada sawah yang irigasinya lancar ada juga irigasi yang kurang lancar kalau gak musim hujan gak bisa nanam padi, bisa sih pada musim kemarau nanam padi tapi harus dibarengi dengan pompa penyedot air untuk pengairan tanaman padi.


Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat


Di desa, ketika musim hujan, maka sama saja dengan datangnya rejeki. Kenapa bisa seperti itu? Alasannya adalah dengan adanya musim hujan, maka para petani akan mulai menanam padi. Tak mungkin pula kan menanam padi sendiri di sawah yang luas? Maka dari itu mereka yang tak punya sawah pun akan bisa terlibat dan mendapatkan rejeki dari yang punya sawah. Mereka bisa bekerja CECEBLOK untuk menanam padi, membajak sawah, dan mencabuti rumput yang tumbuh di antara tanaman padi . 

Namun, ketika musim panen, kesedihan pada diri ini pun muncul. Melihat harga beras yang anjlok membuat petani tidak mendapatkan untung yang banyak dari padi yang ditanam mereka. Padahal kita tahu bahwa padi merupakan makanan pokok bangsa Indonesia, jika tidak ada padi, apa yang akan terjadi sodara – sodara..

Sedih memang, saya hanya ingin melihat petani hidup sejahtera dengan bertani. Karena dari para petani lah sumber padi dihasilkan. Karena sampai saat ini belum ada pabrik atau perusahaan yang mampu membuat padi atau beras ... # Semprul ehhehe 

Bayangkan ketika petani tidak mau lagi menanam padi? Mau dapat padi dari mana? Impor Berapa biaya yang diperlukan? Apa tidak lebih baik biaya yang dikeluarkan untuk impor beras tersebut kita gunakan untuk menyejahterakan para petani? Mungkin kita harus bersadar, bahwa bangsa ini adalah negeri agraris. Mempunyai tanah yang subur makmur...Orang bilang tanah ini tanah Surga tongkat dan batu bisa jadi tanaman... 

Terimakasih sobat sudah berkunjung ke Blog Mang Yono dan membaca tulisan tentang Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

37 komentar

Selamat ya mang, semoga derepnya lancar dan hasil panennya melimpah :)
Alhamdulillah tahun ini gak diserang tikus ya, amin :)

Balas

waaaahhh pertamax niyeeee hehehe :)

Balas

berarti sama dengan daerah saya mang,bahkan sakit punggunya masih belom hilang akibat mencabuti delegoran disawah,oh ya mau nanya ni mang,bahasa indonesianya delegoran apa ya mang

Balas

Hem, kalai disini baru digarap Mang... belum di tanami :)
Alhamdulillah yah, gak akan terasa bakalan panen lagi tuh :)

selamat malam

Balas

saya bio solar juga nggak pa pa :hehe

Balas

kalau di tempat saya lagi musim panen jagung :)

Balas

saami Mang di Garut juga sedang memulai garap sawah,,ok secces selalu Mang Yono

Balas

Dengan datangnya musim hujan ini, maka musim tanam padi pun tiba. Dan hal ini merupakan suatu pemandangan kerja gotong royong dari masyarakat Pagaden yang masih terjaga hingga kini. Semoga semuanya mendapatkan keberkahan dan panenannya melimpah nantinya.

Salam.

Balas

kenapa selalu saja berbarengan saat tanam padinya dengan desa cilembu ya mang?...coba kalau selingan, tentu harga gabah ngga naek turun.

Balas

se xx ngrasain pertamax di blognya si mamang mas mbak :D

Balas

saya numpang pertamaxnya boleh kan mbak hehehe

Balas

jadi pengen ke sawah nih mang

Balas

Di tempat saya juga sudah mulai musim tanam padi, tapi rawan banjir

Balas

tinggal ke Pegaden aja Mbak
paling 2 kilo dari Mojokerto

Balas

moga2 sekarang nggak terjadi lagi

Balas

di sini nggak ada sawah Mang...

* jadi ingat kampung halaman...huhuhu rindu

Balas

asyik mang ya..kalau dikampung saya lagi musim hujan nih...

Balas

wah udah rame nanam lagi ya mang, saya gk mengikuti nih kalo masalah nanam padi hehe :D

Balas

Wah kemarin baru panen, sekarang udah tanem lagi kang, subur tanahnya ya mang

Balas

Ups, ketemu dengan sadulur, Semoga tandurnya sukses ya Kang.

Kami Orang Binong Tanjungsari Timur.

Balas

saya juga numpang pertamax hehehe...

iya ini sawah yang 2 panen kali dalam setahun, kalau sawah saya yang 3 kali dalam setahun baru juga selesai panen padi hehehe

Balas

hahah malah saya belum tau apa itu delegoran... mungkin bisa di cari di kamus sob eheheh

Balas

heheh saya juga mbak yang masih digarap bahkan baru selesai panen, panen di tempat saya tidak serempak... ada yang baru nanam ada juga yang baru panen eheheh... selamat pagi, maaf baru bisa ol hehehe

Balas

wah bisa barter dong kang... wani poro hehehe

Balas

berarti sama ya kang... kok bisa sama ya mungkin telpon - telponan antar petani eheheh

Balas

iya mas musim hujan datang tanam padi dilakukan... ini buat yang irigasinya kurang lancar, kalau untuk irigasinya lancar baru panen, karena 3 kali dalam setahun

Balas

heheh ini betul sekali kang... nah kalau saya ada yang 3 kali panen dalam setahun kang, ini nih harga padi yang ke 2 pasti lumayan hehehe

Balas

dari cilebut malah lebih deket mas hehehe

Balas

mungkin irigasinya gak lancar ya cak, mudah - mudahan pemerintah setempat bisa menanggulanginya

Balas

di sini banyak sawah mbak KK, nanti dijemput sama kang cilembu

Balas

nah kalau musim hujan lebih asik sambil bakar jagung jenx ....hehehe

Balas

yuk follow kang nanti di follow back eheheh... saya juga cuma tiap minggu kang eheheh

Balas

ini bukan sawah yang baru panen kemarin mas, ini yang tanam padi cuma 2 kali dalam setahun hehehe...

Balas

selamat bertemu dengan saya sob.. seneng rasanya ketemu sedulur dari subang sepert, kang saud karista dan kang Intan s ... salam perkenalan dari orang subang sob

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger