logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Adenium Obesum atau lebih dikenal dengan nama bunga kamboja Jepang

Adenium Obesum atau lebih dikenal dengan nama bunga kamboja Jepang

Sampurasun ... Rampes .. Masih tentang Bunga, Blog Mang Yono akan menjelaskan sedikit mengenai bunga ini sesuai yang saya ketahui. Di Indonesia, Adenium Obesum atau lebih dikenal dengan nama bunga kamboja Jepang. Padahal Adenium ini bukan berasal dari daerah jepang, tetapi katanya bunga ini berasal dari daerah kering di Asia Barat ataupun Afrika, tepatnya di sebelah selatan Gurun Sahara, berarti tanaman bunga ini adalah tanaman Gurun seperti bunga Kaktus ya.


Masyarakat di Indonesia memberi nama seperti ini mungkin dihubungkan dengan Jenis nama yang telah lama beredar. Misalnya saja buah-buahan yang berukuran besar dan jumbo biasanya  disebut dengan nama Bangkok, sementara itu untuk tumbuhan yang berukuran kecil biasanya akan di sebut dengan nama Jepang. Maka dari itu bila dulu telah ada Kamboja yang ukurannya tinggi dan besar, maka begitu terdapat tumbuhan berukuran kecil yang mirip dengan Kamboja maka orang dengan mudahnya menyebutnya sebagai bunga kamboja Jepang, mungkin begitu ya ... heheh.

Adenium Obesum atau lebih dikenal dengan nama bunga kamboja Jepang
Adenium Obesum atau kamboja Jepang ditiang pagar

Adenium memiliki batang yang besar dan bagian bawahnya mirip umbi atau banyak yang menyebut bonggol, tapi sosok dari tanamannya sendiri kecil disertai dengan daun berukuran kecil memanjang. Akar Adenium juga bisa menjadi besar layaknya umbi, tetapi yang mempunyai bonggol yaitu yang Semai / Penanamannya dari Biji, kalau dari stek atau okulasi maka tidak akan membentuk bonggol, Tanaman Adenium /kamboja jepang ini gampang tumbuh juga bila di stek mau tahu cara steknya silahkan baca di Cara menyambung tanaman bunga Adenium.


Selain bagus bunga dan bonggolnya tanaman bunga Kamboja ini bisa di buat obat loh, silahkan baca di artikel saya tentang Obat tradisional dari tanaman Adenium / kamboja Jepang

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah klasifikasi dari bunga kamboja jepang yang saya comot dari Google
Adenium Obesum atau kamboja Jepang
Adenium Obesum atau kamboja Jepang disamping Rumah



Kingdom          : Plantae alias tumbuhan
Subkingdom    : Tumbuhan berpembuluh (Tracheobionta)
Super divisi     : Menghasilkan biji alias spermatophyte
Divisi               : Tumbuhan berbunga
Kelas               : Tumbuhan berkeping dua alias dikotil
Sub kelas        : Asteridae
Ordo                : Gentianales
Family             : Apocynacea
Genus              : Adenium
Spesies            : Adenium obesum
Nama Lokal    : Bunga kamboja Jepang
Nama Luar      : Desert Rose




Adenium Obesum atau kamboja Jepang berbuah
Adenium Obesum atau kamboja Jepang Mang berbuah

Warna normal dari bunga kamboja Jepang  yaitu merah muda hingga merah tua. Bunga ini tumbuh dengan indah di media tanam yang kering dan tak lembab, jadi tanaman ini gak menyukai tempat yang basah - basah.. hehehe. Akar bunga ini yang membesar layaknya umbi merupakan tempat penyimpanan air guna dijadikan cadangan ketika masa kekeringan. Akar yang membesar itulah jika dimunculkan ke atas permukaan tanah bakal membentuk kesan yang unik layaknya bonsai. Sementara itu batang bunga ini sangat lunak dan tak berkayu.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

buahnya itu lho....kayak tanduk

Balas

itu nggak bisa buat obat ya oom?

Balas

Ternyata selain untuk tanaman hias, tanaman bunga Kamboja Jepang ini bisa di buat obat :)

Balas

Kalo bonggolnya sudah terbentuk, tinggal ngatur bentuk cabang berikutnya bahkan bisa distek dengan warna lain

Balas

Kalau menghasilkan biji berarti bisa disemai ya, Mang bijinya?

Balas

nama bunga yang berasa asing bagi saya mang :D hehe

terimakasih untuk informasinya

Balas

Tika suka sekali bunga ini Mang, bisa di bentuk2, dan cantik sih.. Unik aja keliatan nya :)

Balas

Buahnya bisa dimakan ya mang?

Balas

tanduk kerbau ya mbak KK hehehe

Balas

bisa Oom.. silah kan cari di postingan saya deh atau klik di Obat tradisional dari tanaman Adenium / kamboja Jepang pada artikel diatas hehehe

Balas

Betul sekali kang, saya sering menggunakannya untuk obat tradisional eheheh

Balas

betul sekali mas, saya sudah mempraktekannya stek Adenium merah dengan Adenium putih, pas berbunga wah,... bagusnya heheheh

Balas

betul kang tuh Cara Semai Adenium ( bunga kamboja Jepang ) dari biji silahkan di baca - baca hehehe

Balas

belum kenalan ya kang, silahkan kenalan dulu ya hehehe

Balas

iya mbak Tika, penyiramannya juga gak perlu tiap hari hehehe... kalau saya biasanya seminggu 2 kali

Balas

bisa mbak tapi nanti mendem hehehe... sepertinya buahnya gak bisa dimakan deh hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger