logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.

Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.

Sampurasun ...... Rampes....  Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama. Pada saat-saat tertentu timbul keinginan kita untuk mengecat ulang atau merubah warna cat dinding rumah dengan pengecatan sendiri, tapi kadangkala kita terbentur biaya dengan mahalnya cat dinding rumah yang berkualitas dan bagus, untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Kalau kita membeli Cat dinding / cat tembok yang harganya murah seringkali kita dihadapkan oleh kualitas yang rendah, dimana hasilnya kurang kuat dan kurang tahan lama, mudah mengelupas, mudah menggelembung, meninggalkan saat lengan atau pakaian kita pada waktu menyenggolnya atau bersandar pada dinding rumah dan apabila kotor pada dinding kita bersihkan catnya malah catnya yang hilang dan rontok.

Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.
Nak berikut ini Blog Mang Yono akan sedikit berbagi tentang Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama, cara saya ini hampir menyamai Cat dinding yang berkualitas yang harganya mahal, setelah sebelumnya saya pernah menulis tentang Cara Pelitur kayu atau perabotan Rumah supaya mengkilap dan kinclong.

Cara saya ini menggunakan tekhnik oplosan cat dindingnya, boleh sambil goyang oplosan... heheheh.

 Yuk kita simak langkah langkah mengoplos  cat dinding atau cat tembok:
(1). Beli cat dinding / cat tembok yang harganya murah kalau urusan warna dan merek itu terserah sobat dan jumlahnya juga terserah sobat, tentunya sesuai kebutuhan sobat juga, tapi saya misalkan disini saya menggunakan cat tembok 1galon  atau sekitar 5kg.
(2). Lem kayu sebanyak 2kg ini untuk dicampur  untuk 1galon cat.
(3). Ember atau galon kosong untuk mencampur cat.
(4). Alat pengaduk ini terserah sobat mau memakai alat apa, asal jangan menggunakan tangan langsung saja ya, nanti susah dibersihkan tangannya hehehe.

Untuk langkah pengerjaan mencampur atau membuat oplosannya sebagai berikut:

(1). Cairkan lem kayu dengan air dan aduk sampai lem encer.
(2). Tuangkan kedalam Cat dinding yang sudah dituangkan ke ember atau galon kosong  secara sedikit demi sedikit  sambil diaduk secara merata.
(3). Nah sekarang cat dinding siap digunakan.

Nah, untuk tahap pengecatannya sekalian disimak ya?. Yuk, langsung :
Siapkan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pengecatan tembok rumah sobat.
(1). Cat dinding hasil Oplosan / campuran tadi.
(2). Kertas koran dan lakban untuk penutup bagian yang tidak mau terkena cat.
(3). Spons dan detergent pembersih.
(4). Kuas cat ukuran 3 “ dan Roller bar.
(5). Ember atau galon cat untuk tempat cat tembok.

(6). Alat pengaduk ini terserah anda mau menggunakan apa.

Cara - cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.


Langkah untuk pengecatan temboknya sebagai berikut:
(1). Langkah pertama, bersihkan tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Membersihkan  kotoran, debu, minyak, atau noda di dinding sehingga hasil maksimal bisa Anda dapatkan, karena kalau tidak dibersihkan nanti malah terkelupas cat lamanya atau hasilnya tidak maksimal. Untuk membersihkan dinding, bisa menggunakan spons yang sedikit dibasahkan campuran air dan deterjen. Kalau ada noda yang agak sulit , Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu agak kasar.

(2). Lindungi permukaan bingkai jendela , Pintu dan bagian bawah dinding dekat lantai dengan menggunakan kertas koran bekas dengan ditempel memakai lakban.. Ini gunanya adalah ketika pengecatan selesai Anda bisa dengan mudah mengelupaskan kertas koran atau lakban yang ditempel, tanpa meninggalkan noda cat di mana-mana.

(3). Sruuuput kopi dulu ... atau es teh manis ... biar seger ... Hehehe

(4). Ampelas dan gunakan cat dasar. Melakukan pengampelasan sebelum pengecatan bisa saja Anda lakukan, hal ini berguna untuk menghilangkan warna yang telah dicat sebelumnya, dan untuk mendapatkan hasil warna dinding yang rata.  Begitu pula dengan pengecatan warna dasar biasanya yang digunakan cat dasar putih, memang kebanyakan orang menganggap pengecatan warna dasar tidak perlu dilakukan lantaran dari segi biaya dan kemubaziran. Tetapi warna dasar bisa sangat membantu warna untuk mengaplikasikan cat, sehingga hasil finishing bisa terlihat maksimal apalagi dengan cat yang murah tapi dengan kualitas yang bagus .

(5). Cat di bagian yang sulit. Mulai terlebih dahulu bagian yang sulit dijangkau dengan alat roller bar, seperti sudut antara dinding dan lantai, dekat bingkai jendela, dekat kusen, dan lengkungan lainnya. Dengan begitu, hasil cat akan terlihat lebih rapih, dan tidak ada cemoreng cat di bagian yang tidak diinginkan.

(6). Mulailah pengecatan dari sudut tembok yaitu sobat mulai dari atas sampai dengan bawah dinding.

(7). Lepaskan lakban dan kertas koran yang melindungi dinding dekat bingkai jendela atau kusen, kemudian  lakukan pengecatan dengan menggunakan kuas ukuran sekita tujuh senti. Cat perlahan dan hati-hati supaya tidak mencoreng kayu bingkai.

Untuk Pengecatan yang berkualitas anda bisa mempercayakan kepada Ahlinya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

38 komentar

Wah saya dapat pertamax nih...

Balas

boleh dicoba nih mang kalau pas mau ngecat sya

Balas

tipsnya mantep pisan mang, tar boleh juga nie diterapin tips-tipsnya... :)
tukang ngecatnya yang paling atas gurih-gurih enyoy tuh hehehehe....

Balas

ternyata mang Yono pun lihai dalam urusan bangunan hehe

Balas

ini yang membuat bisa awet karena lemnya ya bang ?:D

Balas

mang satu ini apa2 bisa...jadi tidak perlu heran dan ragu :)

Balas

hahaha...sepertinya bahasa gurih2 enjoy terinspirasi dari batoegana ya :D

Balas

silakan bang valentino no rosi...:D

Balas

pakai jerigen mas pertamaxnya hehehe

Balas

silahkan mas... tanpa rosi xixixix

Balas

silahkan kang ehhehe gurih - gurih enyoy seperti cecendet ya kang hehehe

Balas

Untuk yg dicampur dg lem itu akan saya coba, mang. Secara saya mau ngecat kontrakan saya biar yg punya tambah sayang sama saya... :D :D :D

Balas

hahah aslinya malah saya tukang bangunan kang, sekolahnya juga bagian bangunan ... mulai kerja jadi tukang cat ... xixixix...

cuma sedikit berbagi yang sedikit saya ketahui aja kang hehehe

Balas

betul sekali kang, cat tembok murah biasanya terkelupas bahkan apabila kesenggol tangan kita saja langsung nempel warnanya ke tangan kita heheheh... dengan menambahkan lem cat tembok jadi lebih nempel

Balas

silahkan mas dipraktekan... tapi pernah loh saya ngecat kontrakan eh setelah saya cat temboknya bulan berikutnya jadi naik harga kontraknya eheheh.... mudah - mudahan gak semuanya begitu ya yang punya kontrakan hehehe

Balas

Jadi bisa hemat duit ya haha :D

Balas

Itu mangyono ya lagi ngecat hehe

Balas

wah kebetulan saya nggak bisa nge-cat tembok master. Bisa dicoba nih tips nya. Makasih banyak master :)

Balas

Ternyata Mang Yono Fakar dalam bidang Percatan juga yah Mang
Saya bisa belajar dari pengalamanya nih. makasih Mang :)

Balas

Keren nih buat yang rumahnya mulai kusem hehe

Balas

Kalau gak ada lem kayu, diganti nasi bisa gak ya mang ..? khan nasi juga lengket .. hehe

Balas

Intinya cat murahnya hanya di campur dengan lem kayu ya mang.. Oh efek lem kayunya untuk menambah kerekatan dan ke awetan catnya ya mang.

Balas

Mang yono infonya ok banget, kebetulan pengen ngecat tembok tapi dana terbatas. Mang airnya berapa banyak untuk campuran 2 kg lem kayu? Mohon pencerahannya.
Matur nuwun...

Balas

atau bisa juga mang dengan menggunakan cat batu alam yg kilat...
buat mas mas yang mau mengecat murah tapi hasil nya sama dengan cat mahal anti jamur dan anti lumut...
langkah pertama mas mas cat dulu bagian dinding yg mau di cat tunggu hingga kering..
kemudian mas lapisi cat yg mas cat tadi dengan cat batu alam yg berbahan dasar air...
tdan lihat hasil nya cat nya lebih gloss dan tahan jamur n lumut :v :v :v

Balas

Trims atas cara mengecat rumah menggunakan cat yang dipaparkan dalam artikel ini.

Balas

ijin copy untuk FB saya
https://www.facebook.com/notes/vat-budhiardjo-t/cara-mengecat-dinding-rumah-memakai-cat-murah-tapi-berkualitas-dan-tahan-lama/10153278418391554

hanya saja untuk langkah pengecatan, nomor (3) tidak ada, terlewat atau terhapus?

kemudian seperti yang ditanyakan Amir Fadillah (12/04/2014) di atas, berapa perbandingan air dan lem kayu (saat pengenceran lem)?

Balas

mang apa gak mempengaruhi warna cat campuran lem kayu nya??thanks

Balas

2kg lem kayu dicampur semua ya untuk 5kg cat?

Balas

itu ga akan merubah kualitas cat nya kang..??

Balas

Mang ,kalo cat ungu bagus gak ya jadinya ?

Balas

Cat 5kg nya dicampur air dulu apa langsung campur lem kayu ? kalo pake plamur bisa gak ??

Balas

Biar warnanya gak cpt pudar gmna nih caranya..
Biasanya kalau cat yg harganya murah cpt pudar..
Tolong kasih tips_nya boss...
Mksh.

Balas

Terima kasih mang sangat membantu saya ne buat ngecat rumah...
Kebetulan rumah saya belum dicat,
Jd bisa langsung saya cat dgn cat murah dgn kwalitas yg bagus...terimakasih....mang yono

Balas

3 tahun ditinggal pergi pulang2 dinding kamar saya penuh dengan orek-orek'an pilok. Saya mau cat ulang tapi malas untuk mengamplas karena luasnya kamar saya. Apa bisa mang kalo tanpa diamplas? Ntar bekas piloknya nongol lagi gak kalo dicat langsung. Terima kasihhh

Balas

sebelum di cat ulang sebaiknya itu piloknya di cat minyak warna putih dulu, itu sesuai pengalaman saya...

Balas

Apakah ahirnya tidak mengelupas mas yono karyono

Balas

Mang merk kayunya apa.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger