logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun.

Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun.

Sampurasun... Rampes. Memasuki bulan September, Oktober, Nopember, Desember, Januari, Februari pokonya bulan yang diakhiri ber - beran sering turun hujan dan musim penghujan datang saat musim seperti ini banyak orang mulai mencari jamur di hutan, di kebun atau di taman disekitar rumah. Banyak jenis jamur liar yang dapat dimakan, namun banyak juga yang beracun dan mematikan.

Anak dan keluarga termasuk saya suka banget makan yang namanya jamur, tapi bukan jamur yang beracun atau jamur kulit seperti kadas, kurap, kudis dan hapur ... # Semprul heheh.

Mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun.
Jamur tumbuh di taman rumah saya

Tetangga – tetangga suka banget berburu jamur di kebun atau di pekarangan sekitar rumah, namun kita mesti kenal jenis dan ciri – ciri jamur-jamur liar yang beracun ataupun jamur yang tidak beracun yang layak konsumsi. Jangan sampe niat kita mau makan lezat malah jadi petaka dan musibah dan nginap di Rumah Sakit hehehe. 
Cara mengetahui ciri dari jamur liar
Jamur su'ung bulan di sekitar rumah saya, tidak beracun


Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun, jenis jamur yang beracun umumnya memiliki warna cukup mencolok mata. Misalnya, merah darah, hitam, cokelat, hijau tua, biru tua, dan sejenisnya. Sebaliknya, menurut pengalaman saya jamur - jamur berwarna terang tergolong ke dalam kelompok yang dapat dimakan.

Jamur liar tidak beracun
Jamur liar tapi tidak beracun

Namun, teori warna ini juga tidak berlaku pada jenis jamur tertentu. jamur kuping misalnya, ternyata tidak mengandung racun, padahal jamur kuping ini berwarna cokelat. Begitu juga dengan sejumlah jamur berkulit terang, ternyata diketahui mengandung racun. Jamur beracun biasanya juga  dapat dibedakan yaitu berbau busuk atau berbagai serangga atau binatang kecil lainnya juga enggan untuk hinggap atau berada di jamur itu. Jadi cara untuk mengetahuinya, bila lalat dan serangga lainnya saja menjauh, masak kita mau mendekat, bahkan mengolahnya menjadi santapan kita? Nanti Bahayaaa....

Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun, Ciri lainnya, jika jamur beracun dikerat, kemudian dilekatkan dengan benda yang terbuat dari perak asli atau pisau, sendok, garpu dan cincin, pada permukaan benda-benda itu akan muncul warna hitam  atau kebiruan. Cara ini cukup efektif jika kita cuma punya sedikit waktu untuk menentukan suatu jamur beracun atau tidak saat sedang berkemah atau mendaki gunung bagi yang suka berpetualang atau pendaki gunung.
Pepes Jamur
Pepes jamur

Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun, bila mempunyai waktu yang panjang dan mau sedikit repot, tips dari keluarga saya ini perlu dicoba yaitu dengan cara kita masak atau pepes saja jamur yang dicurigai bersama nasi putih. Jika warna nasi berubah menjadi cokelat, kuning, merah, atau hitam, besar kemungkinannya jamur itu beracun. Nah kalau ada perubahan  bukan cuma jamurnya yang harus dibuang, nasinya juga tak boleh dimakan. 

Jamur beracun berubah warna dengan cepat pada waktu pemanasan dan pemasakan.
Selain mengenali jamur beracun atau tidak  beracun yang biasa saya lakukan yaitu mengenal dari ciri – ciri jamur tersebut nah begini ciri umum yang membedakan jamur beracun dan tidak beracun:

(!). Jamur beracun biasanya mempunyai cincin atau gelang pada batang. Tetapi khusus untuk beberapa jamur itu tak berlaku.

(!!). Bau jamur yang beracun selalu menusuk atau berbau busuk seperti bau telur busuk atau bau kentut sobat blogger atau yang membaca ini ...hehehe.


Makan sama pepes jamur
Gigin makan pepes jamur

Alhamdulillah selama ini sih saya belum pernah yang namanya keracunan jamur dan  jangan sampai ngalamin keracunan Jamur dah. Kebetulan udah tahu banget ciri - ciri jamur liar yang suka ditemuin tersebut. Atau kalau ragu biasanya juga saya nanya dulu ke tetangga atau ke yang tahu, ini boleh dimakan apa enggak. Jamur liar yaitu jamur yang tidak dibudidayakan, meskipun sudah sering di buat obat tapi tetep namanya jamur liar juga, kalau jamur jinak mungkin jamur merang yang suka dibudidayakan ya?.... hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 komentar

kalau saya biasanya makan jamur yang sudah di kenal saja kang, kalau tidak dikenal lebih baik tidak dulu.

Salam

Balas

nah itu betul mas, lebih baik yang biasa di kenal... tak kenal maka tak sayang,, upss, jangan dimakan maksudnya

Balas

Saya lebih suka dengan Jamur Jerami Padi karena itu sudah pasti
Dengan keamananya Mang. tapi kalau jamur jerami padi yang
Sudah olahan kurang tahu tuh Mang keamananya @@,

Balas

Ternyata Mang Yono Juragan Cipir juga yah?
Eeeee Juragan Jamur maksud nya keceplosan hhhhh

Balas

waduh pak lihat pepes jamur jadi salah fokus, btw bermanfaat sekali tipsnya

Balas

haha nanti juragan cipir datang kesini kang hehe

Balas

iya kang tapi jamur jerami harus telaten ngambilnya, kecil - kecil sih hehe

Balas

hehe iya mas, sampai - sampai anak saya juga berebut pepes jamur, ci kakaknya nunggu sisa adiknya,,, eh malah pepes jamurnya tak bersisa hehe

Balas

jamur kuping n jamur kancing, biasa sy konsumsi. hmmmm lezat banget deh

Balas

Ini mengingatkan saya waktu pelatihan survival saat masih sekolah, kalau gak salah kemudian dicoba dioleskan ke bagian leher, kalau menimbulkan gatal kemungkinan beracun

Balas

Mamang Suka nyari jamur di kebun juga ya mang. Kayak aku yang kampungan ajah. Dan alhamdulllah Mamang belum dan jangan sampai deh keracunan jamur. Tapi tetangga saya dulu pernah loh sengaja masak jamur yang beracun. Semangkuk sup jamur yang itu sama dengan efek satu tik nipam katanya. Gila banget tuh orang kayaknya. Pingin ngeceritainnya namun belum ada waktu. heheee...

Balas

Saya kaga pernah makan jamur yang saya kenal. Belum sekalipun saya kenalan dengan jamur seh..

Balas

iya jamur kuping mempunyai rasa dan khas tersendiri ya, beda dengan jamur - jamur lainnya

Balas

wah ada juga ya mas dengan cara itu, baru tahu saya, maklum saya gak makan bangku sekolah mas jadi cara yang saya terapkan sesuai dari data para tetangga atau kebiasaan hehehe

Balas

iya mas, daripada beli kalau pas musim hujan ya mendingan nyari sendiri saja, tapi harus dulu - duluan, siapa cepat dia dapat hehehe..

wiih ngeri juga ya mas hehehe...

Balas

Wah sangat bermanfaat ini mang.. Kebetulang di daerah saya memang daerah perkebunan kelapa sawit mang. Jadi di kebun banyak tumbuh jamur liar.. Mungkin dengan cara simpel yang mang yono kasih. Saya jadi mudah mengetahui jamur mana yang beracun dan mana yang tidak mang..

Oya jamur su'ung itu mungkin kalau di tempat saya namanya jamur barat mang...

Balas

nah itu mang yang lebih gampang itu melihat jamurnya apakah digelang atau tidak :D

Balas

ini banyak kejadian didaerha saya mang
orang bilang enak padahal beracun
ijin menginfokan postingan ini kemasyrakat mang bro karena bermanfaat sekalo

Balas

ini menurut kebiasaan di daerah saya mas, gak tau kalau menurut para ahli jamur ini praktis apa mungkin ada yang lebih praktis lagi....

Nah betul mas, banyak yang bilang jamur su'ung bulan adalah Jamur Barat hehehe

Balas

iya kang yang lebih mudah begitu... tapi ada juga yang pakai gelang tapi tak beracun... ups itu orang ding ehehhehe

Balas

betul sekali mas banyak orang yang keracunan gara - gara tidak bisa membedakan mana jamur beracun dan mana jamur yang tidak...


silahkan bang bro .. hehehe

Balas

Alhamdullilah dapat ilmu kembali makasih ya gan udah sharee

Balas

Bermanfaat sekali mang, saat ini memang lagi musim jamur, yyang bahaya kalo balita yang makan ya mang, ga tahu mana yyang ada racun dan mana yang tidak

Nuhun mang infonya

Balas

Saya suka JAMUR sejak SMP kalau nda salah. Ada penjual Mie Bakmi Ayam yang pake Jamur. Sampai sekarang saya juga suka sama Jamur

Balas

Wadoh... :( mesti lebih hati2 konsumsi jamur ini ...
Padahal .. saya suka Mang, jamur yang disemur .... ehmm ... maknyuss ... :D

Balas

Saya paling suka sama jamur kuping karena rasanya seperti seafood menurut saya

Balas

Aku juga suka makan jamur, apalagi jamur yang pake tepung, enaaak :D

Balas

Menurut tutor saya dulu seperti itu, ada juga yang menyarankan dicicipi diujung lidah lalu diludahkan kembali, kalau gatal jangan dimakan ..

Balas

info bagus nih Mang,,,kalau saya nemu jamur ( di daerah saya namanya su'ung ) bentuk dan warna ( yang tampa racun ) sudah sangat dikenal,jadi kalau nemu jamur yang bentuknya aneh tidak diambil,alasanya yaitu tadi takut ada racunya,,,,

Balas

aku suka tuh mang sama yang namanya jamur,.
makasih mang infonya.

Balas

Mang sy nemuin jamur dari tumpukan kapuk yg dibuang di tanah, warnanya coklat, beracun tidak yah ?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger