logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara / Tips memberantas keong mas, yang dilakukan di daerah Kabupaten Subang.

Cara / Tips memberantas keong mas, yang dilakukan di daerah Kabupaten Subang.

Sampurasun.... Rampes... Setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat . Nah kali ini mau mencoba menulis tentang Cara / Tips memberantas keong mas, yang dilakukan di daerah Kabupaten Subang. Keong mas bintanga ini paling kencang larinya, seperti yang dalam cerita si kancil dan siput yang adu cepat lari, tuh si kancil kalah khan ... #Semprul hehehe.

Puluhan hektar lahan padi di Kabupaten Subang, diserang hama keong emas mulai menyerang tanaman padi milik petani sejak padi ditanam sampai berumur satu bulan. Akibatnya, beberapa petani terpaksa harus Ngayuman (tambal sulam) tanaman padinya jika tidak ingin gagal panen.

Cara / Tips memberantas keong mas, yang dilakukan di daerah Kabupaten Subang.
Keong mas pada ngumpet

 

Keong – keong emas ini beraksi menyerang tanaman padi biasaya dilakukan pada malam hari, sedangkan pada siang hari, hama keong emas itu membenamkan diri di lumpur, mungkin malu ya... hehehe. 

Cara pembasmian dengan menggunakan cara tradisional, dirasa petani sudah tidak mampu lagi dilakukan, kerena banyaknya keong mas yang menyerang, sementara ini hanya membasminya secara konvensional yakni dengan mengambil satu persatu.
Telur keong mas
Telur keong mas di pohon padi
 
 (i). Pengambilan keong mas secara langsung dengan tangan dari sawah pada pagi hari ketika keong dalam keadaan aktif dan mudah diambil. 

(ii). Menggunakan tumbuhan yang mengandung racun bagi keong mas. Misalnya daun sembung, daun eceng gondok, daun jeruk. Berbagai tumbuhan tersebut dianjurkan diaplikasikan sebelum penanam padi. Saluran kecil dibuat agar keong mas berada di dalam saluran tersebut dan selanjutnya di atas saluran tersebut tempatkan tumbuhan yang disebutkan di atas. 

(iii). Menggunakan atraktan seperti daun talas, daun pisang, daun pepaya, bunga terompet, dan koran bekas, supaya mudah mengumpulkan keong tersebut. Daun diletakkan dalam petakan sawah secara berjejer, berjarak 2 meter antar umpan, yang dilakukan 1 bulan setelah Tandur ( Tanam padi sambil mundur ), tapi di daerah saya bukan tandur lagi ding, sekarang sudah menggunakan teknik Tanju yaitu tanam padi sambil maju.
 
(iV). Meletakkan kawat kasa atau anyaman bambu pada Kokocoran pemasukan dan pengeluaran air utama, untuk mencegah masuknya keong mas kecil dan dewasa. Cara ini juga untuk mengambil keong mas yang terperangkap. 

(V)  Sebaiknya para petani Tandur ( Tanam padi sambil mundur ), tapi di daerah saya bukan tandur lagi ding, sekarang sudah menggunakan teknik Tanju yaitu tanam padi sambil maju  menggunakan bibit yang sudah berumur 30 sampai 35 hari setelah tebar, karena keong mas kalau padinya sudah berumur segitu tidak mau memakannya lagi, mungkin sudah bukan ABG lagi ya.. . hehehe. 

(Vi). Menancapkan ajir bambu sebagai perangkap telur di sawah yang selalu tergenang atau pada saluran pengairan untuk menarik keong mas dewasa bertelur. Dengan cara ini kelompok telur muda dapat terkumpul untuk kemudian diambil dan dihancurkan. Panjang kayu perangkap sekitar 1 meter, dengan diameter 3 centimeter atau kurang dikit, dan jarak antara tiang perangkap sekitar 3 meter. 

(Vii). Mempertahankan air agar tidak terlalu tinggi sekitar 3 centimeter atau mengeringkan dengan cara dikeringkan kemudian digenangi lagi secara bergantian per 2 hari.

(Viii) Beberapa predator keong mas adalah burung dan itik, kura-kura, ikan serta insekta. Penggembalaan itik di lahan persawahan, merupakan pengendalian yang efektif, dengan tanpa merusak padi yang telah ditanam.

 (iX). Penggunaan bahan kimia yang tidak merusak lingkungan dapat juga dilakukan.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

36 komentar

Cara membareantas kemh mas ini sangat bermanfaat bagi para petani untuk menjaga dan merawat tanamannya dari serangan hama ya Mang. semoga bermanfaat.

Salam,

Balas

pas banget bang di tempat saya baru mulai tandur ki. dan akan saya coba praktekan

Balas

g usah diberantas mang Yono, dikumpulin aja trus digoreng deh itu keong mas wenak iku mang

Balas

ijin untuk membagikan ke orang kampung kang

Balas

maksudnya keong mas ini tutut tea bukan mang? saya udah lama gk makan tutut yeuh, asa rindu pisan :D

Balas

Keong mas jeung tutut mah beda kang, mun tutut biasana nu leutik tea

Balas

Maksudnya bagi keong apa gimana mas heehe

Balas

waduh si mamang keren bnget belognyah.. *salah fokus

Balas

udah lama gak mainan keong :D .. itu bisa dimakan gak?!.

Balas

Infonya bermanfaat banget bagi petani nih mang ... tapi saya tanggung bahwa cara itu akan gagal kalau dilakukan untuk mengusir keong mas yang ada di TMII Jakarta .. hehehehe

Balas

berarti keong tergolong hama tumbuhan dong mang yono?

Balas

mudah - mudahan bisa bermanfaat bagi para petani ya mas

Balas

silahkan mas, dan boleh di coba juga cara menanam padi sambil maju..

Balas

kalau keong mas pengolahannya harus hati - hati mas, beda dengan keong biasa, salah fokus malah jadi petaka hehehe

Balas

kebetulan didaerah saya banyak keong masnya ..bsa dcoba caranya mang

Balas

bagi bagi tiket masuk keong mas TMII mas eheheh

Balas

betul kata mas Muroi, dan keong juga ada tiga macam ada keong biasa, ada keong mas. ada gedung keong mas di TMII hehehe

Balas

adminnya juga keren khan hehehe

Balas

wah hebat nih main sama keong ya hehehe... keong ini bisa dimakan katanya, tapi dengan pengolahan yang super ribet, lain dengan keong biasa ehheeh

Balas

mudah - mudahan begitu mas....

kalau berhasil mengusir keong mas yang satu itu malah di masukan penjara mas hehehe

Balas

iya sob tapi hanya keong mas yang merusak tanaman padi, kalau keong biasa gak merusak tanaman padi

Balas

silahkan dicoba mas cara ini

Balas

telurnya keliat berwarna pink gitu ya mang.....kaya isi jambu klutuk merah sepintas..hehehe :)

Balas

Terima kasih tipsnya sob sangat bermanfaat

Balas

dua tahun lalu di daerah saya Mang,keong mas menjarah tanaman padi,cara membasminya hanya dengan cara diambil langsing terus direbis,hasilnya diolah jadi makanan lumayan juga sih hehehe

Balas

telurnya yang warna ping itu telur keong mas lebay mas budi hahaha

Balas

dasar kau keong racun.. jreng.. jreng..

#nyanyi

Balas

ternyata eceng gondok bisa juga dipakai membasmi keong mas ya....baru tahu saya....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas

Merusak padi ya mas kok di berantas gitu...

Balas

keong mas ini bisa diolah jadi makanan atau tidak pak? biasanya hewan jenis ini proteinnya tinggi

Balas

nice posting kang yono, wah ane sering tuh keong sawah di jadi makanan dulu .. ambilin aja mang terus di olah jadi makanan :D

Balas

mkasih mang tipsnya sangat membantu

Balas

Keren kang Yono TIpsnya. Semoga bermanfaat buat para petani, biar jangan gagal nanti panennya

Balas

wah kok di berantas master keong emas nya. Padahal kan lumayan bisa dibuat sate keong hehehe :D

Balas

Perlu dibasmi ni kang. Trimakasih tipsnya untuk petani

Balas

Hatur nuhun infona
Hajar keongna kang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger