logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memasak Semur Rebung / tunas Bambu dan cerita lucu tentang Semur Bambu

Cara memasak Semur Rebung / tunas Bambu dan cerita lucu tentang Semur Bambu

Sampurasun .... Rampes .. Sekarang khan musim Rebung, tapi bagi yang tinggal didesa dan mempunyai pohon bambu  ding, eit, jaman sekarang tidak hanya orang kampung saja yang bisa memasak Rebung, orang kota juga sekarang gampang mendapatkan bahan dasar rebung atau tunas bambu, karena dipasaran sudah banyak beredar bahkan di supermarket juga mungkin ada ya ehheheh.

Setelah sebelumnya Blog Mang Yono menulis tentang Cara mengambil, mengawetkan dan mengolah Iwung bahasa sunda  untuk Tunas Bambu atau Rebung yang kaya manfaat dan khasiatnya, kali ini giliran Cara memasak Semur Rebung / tunas Bambu dan cerita lucu tentang Semur Bambu, entah itu mau di masak seperti Ca Rebung, Pecel Rebung, Gulai Rebung, Rendang Rebung, Opor Rebung , rasanya tetep sama nikmatnya,ebung bisa dimasak duet dengan Udang, kerang, tahu, ikan kakap atau ikan patin, tapi bisa juga dimasak solo atau tunggal ... heheheh.

Rebung dikupas dan diiris - Cara memasak Semur rebung
Rebung dikupas dan diiris sesuai selera

 

Nah dibawah ini ada resep cara memasak Rebung ala Istri Saya, setelah saya intip cara memasaknya serta bumbunya,  namanya mungkin mirip dengan Semur Rebung.
Yuk kita simak cara membuatnya :
Rebung / tunas Bambu Betung di kebun
 Rebung / tunas Bambu Betung di kebun

Bahan dan bumbu yang diperlukan untuk memasak Semur Rebung:
  • 1 Buah  Rebung
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 siung bawang putih atau 2 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica, kemiri secukupnya.
  • Garam secukupnya
  • gula dan vitsin secukupnya
Cara memasak :
  • Rebung dicuci dan dipoton/diiris secara persegi atau sesuai selera lalu dicuci kembali.
  • Bawang putih dan kemiri serta merica dihaluskan, lalu ditumis bersama rebung, garam, penyedap masakan, gula.
  • Masukkan kecap dan biarkan sampai matang.
Cara memasak Semur Rebung / tunas Bambu
Semur Rebung Bambu Betung

Nah, bagi yang deket kerumah saya bisa langsung beli Rebung yang sudah diolah saja ya, gak perlu repot mengolah atau memasaknya apalagi repot untuk menanam bambunya dulu.... Tinggal leeep. Harganya juga terjangkau... tapi persediaan terbatas ding... kalau di kebunnya sudah habis rebungnya, ya gak ada jual Rebung ... hehehe.

Ini ada cerita lucu tentang semur Bambu :

Ada orang Jakarta makan di warung sunda, habis makan dia tanya ?

"Mang ini sayur apa ?...Enak sekali..."


Mang Ole jawab...." Itu sayur bambu juragan".


Besoknya dia bilang ke istrinya dan suruh istrinya memasak sayur bambu.....


Pertama - tama istrinya memotong bambu pagar sekitar 2 cm, terus di iris tipis – tipis sesuai selera, setelah itu dimasak dengan bumbu semur, setelah matang, suaminya mencicipi masakan Sayur bambu buatan istrinya....

Ibue ini sayur apa?... kok keras, tidak seperti sayur bambu di warung Mang Ole, pasti ada bumbu atau bahan yang kurang nih, ibue.....  # Semprul hahahaha

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

Mau dong di buatin Mang, gak bisa bikin soalnya hehehe

Balas

Bweeh, tika dapat pertamax di blog nya Mang Yono... #keren :p

Balas

numpang mbak tika ya

Balas

Biasanya kalau orang kota dijualnya sudah direbus kan mang...hahaha kalau bambu ntar jadi muka bambu dech

Balas

selamat malam Mas, di depan Rumah juga banyak Bambu Mas dan mama saya juga sering masak Sayur Rebung, ini salah satu Sayur kesukaan saya...hehehe cerita di akhir Postingan membuat saya tersenyum malam ini Mas...

Balas

Salam silaturrahmi Mang, sambil ketemu Makan sama semur Iwung
Deh Mang, eeh Rebung yah beda di Mang Yono mah kali. salam Mang :-bd

Balas

Ini favorit saya jg mang tp biasanya sy msaknya pake bumbu sayur lodeh

Balas

silahkan datang saja ke Rumah saya mbak Tika ehhehe...

Mbak Jenx Indah numpang mau kemana ?

Balas

silahkan diambil pertamaxnya mbak Tika, pakai jerigen ya ehhehe

Balas

betul sekali mbak jenx biasanya yang dijual dipasaran sudah direbus, karena kalau tidak direbus rebungnya akan keras.

Balas

selamat siang mas hehehe...

sayur rebung memang enak ya mas....

hehehe tapi jangan ikutan seperti cerita itu ya mas, bambu pagar dimasak ehhehe

Balas

heheh tiap orang olahannya pasti beda rasa kang... biar gak penasaran silahkan mencicipi olahan rebungnya eheheh

Balas

Iya mbak Nia, rebung memang enak ya mau dibuat olahan apa saja, di kukus langsung dicolek sambel juga enak ehhehe

Balas

enak dan murah, mudah dicari pula...

Balas

hahahaha, cerita lucunya buat ngakak habis mas :D
semur rebung memang sangat enak yaa mas, saya pernah makan sewaktu bertamu ke rumah saudara yang di jakarta :)

Balas

rebung khan bambu muda, kalau yang tua bisa gak disemur .. :)

Balas

selamat sore mang yono . . .
ini sayur kesukaanku . . .
lama nggak makan sayur ini niyh , , ,
jadi kangen saama ibuk , , hehehe

Balas

Wkwkwk lucu gan, istrinya gamas nih (gagap masakan). .

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger