Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang, Khusus untuk yang bertamu ke Rumah saya.

Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang, Khusus untuk yang bertamu kerumah saya.

Sampurasun .... Rampes .. Masih cerita tentang Buah yang berambut, yaitu buah Rambutan Subang, setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia.

Ngomong – ngomong soal harga, untuk Harga jual rambutan di tingkat petani di Kabupaten Subang masih tinggi. Yaitu sekitar harga eceran Rp 3.750 per ikat atau Rp 7.500 per gedeng, disebut gedeng yaitu terdiri dari dua ikat. Itu adalah harga hari Minggu Tanggal 16 Pebruari 2014 harga tersebut masih terbilang stabil.

Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang, Khusus untuk yang bertamu ke Rumah saya. ( Punya mertua hehehe)
Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang, Khusus untuk yang bertamu ke Rumah saya. ( Punya mertua hehehe)

 

Rambutan Berbuah - Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang
Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang
Petani termasuk mertua saya sejak awal panen banyak yang memilih menjual eceran buah rambutan maksud eceran disini para petani tidak menjual borongan dari pohon, tetapi para petani memetik buah rambutan sendiri dari pohon terus mengikat rambutan sendiri, langsung dijajakan untuk dijual dipinggir Jalan, Nah para tenggkulak langsung memborong rambutan yang sudah di gedeng, tapi ada juga para pembeli yang membeli Rambutan secara eceran yang kebetulan lewat dan membeli Rambutan. Alasan di jual eceran, selain harga eceran lebih mahal ketimbang borongandan juga buah rambutan di kebunnya tidak matang serentak, matangnya pacilcolan ... eheheh.
Gigin Bermain - Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang
Gigin Bermain - Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang

Kalau dijual secara borongan, petani rata-rata hanya untung sedikit. Sebab, rambutan dijual secara borongan dalam satu pohon. Biasanya harga per pohon berkisar Rp 350.000 - Rp 400.000. jadi daripada dijual borongan mendingan Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang, Khusus untuk yang bertamu kerumah saya saja, silahkan metik sendiri.... hehehe.
Tempat Bermain  Anak - Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang
Tempat bermain Anak - Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang
Sesuai surpei yang saya lakukan di pasar – pasar  harga jual eceran di kios - kios yang ada di sejumlah pasar di Kabupaten Subang Rp 5.000 per ikat atau Rp.10.000 per gedeng. 

Masih tingginya harga jual buah rambutan saat ini karen Pohon Rambutan atau Kebun Rambutan banyak yang disulap menjadi bangunan perumahan atau bangunan pabrik apa mungkin juga Panen baru terjadi di beberapa sentra seperti Kalijati, Purwadadi,  Cikaum, Pagaden, dan Pagaden Barat tempat saya tinggal.
Halaman dan Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang
Halaman dan Buah Rambutan Di Sekitar Rumah Saya Di Kabupaten Subang

Berhubung Pohon Rambutan yang disekitar Rumah saya juga ikut berbuah jadi pohon Rambutan ini sengaja gak saya jual, ini buat dimakan sendiri bersama keluarga saya saja, kan yang dijual cukup buah Rambutan yang di kebun atau ditegal saja, kalau yang di sekitar rumah buat persediaan kalau ada tamu datang, dan kebetulan pohon rambutan ini milik mertua, jadi gak saya jual, kalau saya jual nanti malah saya di omelin mertua ..... #semprul hehehe

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar