logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Untuk Menjadikan Bunga Melati Belanda Biar Berbunga Lagi Dan Cara Pemisahan Anakan Dari Indukan Bunga Melati Belanda.

Sampurasun .... Rampes .. 

Blog Mang Yono. Cara Untuk Menjadikan Bunga Melati Belanda Biar Berbunga Lagi Dan Cara Pemisahan Anakan Dari Indukan Bunga Melati Belanda. 

Melati Belanda Belum berbunga, kemarin ada yang telepon ke saya mau minta bunga melati belanda sebanyak 7 kuntum, kalau gak salah Bapak TNI AL Cirebon, saya bilang kebapak itu bunga melati Belandanya kebetulan tidak sedang berbunga, kalau sedang berbunga sih boleh saja mau ngambil berapa kuntum juga, dan saya tidak bisa memastikan kapan ini Pohon Melati Belanda saya akan berbunga, tapi biasanya setelah pemangkasan akan tumbuh tunas dan cabang atau dahan - dahan baru dan setelah itu akan tumbuh kuntum - kuntum bunga yang wah banyaknya, tapi saya tidak tau tepatnya berapa lama tumbuh kuntum - kuntum bunga ini. 



Bunga melati Belanda Biar Berbunga Lagi
Bunga Melati Belanda tumbuk tunas / pucuk baru 

 Maklum saya khan bukan ahli dibidang bunga apalagi master budidaya bunga, ini saya tulis cuma sekedar mengisi kekosongan halaman Rumah saya atau ikutan mensukseskan Global Warming atau pemanasan global. Atau tepatnya Gubuk saya dari pada di tanami pohon bambu khan serem heheheh.

Bulan sebelumnya saya selesai pemangkasan cabang – cabang yang tidak berbunga. untuk pohon melati Belanda di depan Rumah saya, sedangkan untuk pemangkasan Pohon Melati belanda yang merambat diatas pintu dapur saya melakukan pemangkasan 1 minggu yang lalu. 


Kok dipangkas sih Mang?. Pemangkasan dilakukan nantinya biar tumbuh pucuk – pucuk atau tunas muda. Nah setelah tunas atau pucuk tersebut dengan waktu 1 atau bulan kemudian akan tumbuh kuncup – kuncup bunga yang nantinya akan bermekaran dan harum mewangi. Poto diatas diambil hari Minggu Tanggal 23 Pebruari 2014, ini Pohon Melati Belanda saya yang di tanam didepan Rumah dan dirambatkan ke Kanopi serta pagar Rumah, terlihat pohon Melati Belandanya tumbuh daun muda, ini saya lakukan pemangkasan 1 bulan yang lalau.

Melakukan pemangkasan ranting atau cabang yang sudah tidak berbunga

Poto diatas saya jepret hari Minggu tanggal 23 Pebruari 2014, setelah melakukan pemangkasan Ranting atau cabang pohon Melati belanda yang sudah tidak berbunga pada 1 minggu yang lalu tepatnya tanggal 16 pebruari 2014 terlihat di poto belum tumbuh tunas ya  . ini bertujuan untuk menumbuhkan tunas atau pucuk baru dan setelah itu akan tumbuh bunga - bunga yang harum mewangi.
Bunga Melati Belanda Sedang Berbunga

Poto ini saya jepret Bulan Desember  yang lalu

 Bunga melati belanda ini tidak mempunyai biji dan untuk memperbanyak atau budidaya melati belanda memang agak sedikit sulit dan Tanaman Bunga ini sedikit rewel, kok rewel sih mang?. Ya betul rewel, pohon melati belanda ini sangat tidak menyukai kekerasan, jadi penanamannya harus dengan hati – hati, apabila pohonnya atau batangnya ketekuk sedikit saja akan layu dan mengering, berbeda dengan tanaman bunga yang lain.
Bunga Melati Belanda
Bunga Melati Belanda

Nah, untuk memperbanyaknya sudah saya jelaskan pada postingan tentang Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda, Bunga ini tidak mempunyai biji, setelah bunga lalu rontok dan untuk mempercepat menumbuhkan bunga lagi perlu pemangkasan batang atau ranting Bunga melati Belanda.

Tanaman ini tidak bisa di cangkok, distek, apa mungkin saya belum bisa ya... hehehe. Soalnya berkali - kali saya menyangkok pohon Melati Belanda ini selalu gagal blas. Berbeda dengan tumbuhan berkayu lainnya saya cangkok langsung tok cer.

Nah untuk memperbanyaknya Tanaman Bunga Melati Belanda yaitu dengan Anakan, Anakan Melati Belanda akan tumbuh tunas disekitar pohon indukan. Tunas ini tumbuh dari akar Bunga Melati Belanda, Untuk cara menyapih atau mengambil Anakan dari Indukan agak sedikit Rumit Juga.

Alat – alat yang perlu disiapkan yaitu:
(i). Pertama Siapakan Gula dan Kopi terus seduh dengan Air panas, Nah Air kopi ini bukan untuk menyiram ya, tetapi ini untuk menemani pemisahan biar tidak mengantuk heheheh.
(ii). Siapkan alat penggali boleh cangkul atau linggis atau juga garpu tanah.
(ii). Siapkan  alat pemotong gunting / pisau atau alat lainnya yang bisa untuk memotong.
(iii). Media Tanah tambah kompos atau arang sekam padi, pot / polybag.
Cara Pemisahan Anakan Dari Indukan Bunga Melati Belanda.
Cara Pemisahan Anakan Dari Indukan Bunga Melati Belanda.


Caranya yaitu:

(i). Pilih anakan bunga melati Belanda yang agak jauh dari indukannya ( biasanya anakan tumbuh berdempetan dengan indukan dan ada juga yang berjarak  50 sampai 2 meter dari indukan

(ii). Usahakan Anakan yang sudah berkayu dan batangnya berwarna coklat, karena kalau yang 
batangnya masih berwarna hijau itu pertanda anakannya masih belum siap di pisahkan.

(iii).Gali tanah dengan hati - hati disekitar anakan, usahakan jangan menekuk batang dari anakan, karena ketekuk sedikit pun anakannya akan layu dan gagal deh.

(iv).Setelah akarnya kelihatan potong akar besar yang terhubung ke Indukan.

(v).Siapkan Polybag dan media tanah yang sudah dicampur dengan media lainnya.

(vi).Setelah itu simpan ditempat teduh / tempat yang tidak terkena matahari langsung.
 
Dan kalau sudah terlihat ada pertumbuhan tunas boleh dipindahkan ke tempat yang terkena panas atau boleh juga ditanam langsung di tanah, karena sesuai pengalam saya bunga melati Belanda ini Akan tumbuh cepat bira di tanam di tempat yang kena matahari  penuh.

Nah dalam waktu setahun atau dua tahun kemudian pohon melati belanda ini akan tumbuh bunga. Tapi tergantung perawatannya ding, soalnya sudah banyak  yang minta anakan Bunga Melati Belanda ke saya dan semuanya gak ada yang tumbuh, jadi menurut saya mendingan di tanam di pot dulu untuk melihat tumbuh atau tidaknya. Kan sayang kalau ditanam gak tumbuh, nanti malah menyalahkan saya. “Gimana nih Mang Yono, ngasih pohon bunga gak tumbuh, Mang Yono Semprul nih” hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

wah saya tidak punya bunga melati pak ...

Balas

padahal saya mau minta hasil cangkok'annya mang,,,,
kok ndak bisa ya,,,? hehe

Balas

saya juga lagi coba - coba nanam sob

Balas

mbak May, iya nih saya belum berhasil mencangkok pohon ini, padahal orang - orang sudah ahli mencangkok jantung dan mencangkok mata heheheh

Balas

bunga melati belanda ini apa yg dikampung saya disebut bougenville itu ya mang, soalnya kok persis banget bunganya warna merah dan banyak :D

keren tuh bunga, tapi beberapa orang kampung saya ada yg nyebutnya kembang rondo pegat, jadi banyak org yg gak berani nanam akhirnya, hmmm :(

Balas

Ngak bisa di sapih sendiri ya harus dipisahin he...
Bunga Melati Brlanda ini wanginya sama ngak Mang ama melati biasa?

Balas

Menarik cara nya biar bunga melai bunga lebih bagus dan lainya
Saya coba yah Mang Yono. terima kasih atas triknya Mang :-bd

Balas

Saya ikutan nyoba yah Mang Yono?

Balas

Bunga melati belanda bukan bougenville ( kembang kertas) tapi bunga melati belanda mirip dengan bunga pepaya Gandul.

iya mbak katanya bunga bougenville ( kembang kertas) gak boleh ditanam depan rumah deket pintu, nanti orang yang bertamu atau lewat ketusuk durinya hehehe.... saya malah menanam bunga bougenville ( kembang kertas) deket pintu biar maling kebna duri hehehe

Balas

iya kang penyapihannya juga repot, banyak orang yang minta kesaya anakan bunga Melati Belanda pas ditanam gak ada yang tumbuh, eh malah nyalahin saya, katanya ngasihnya gak ikhlas .... # Semprul tuh orang hehehe

Balas

Silahkan dicoba kang, ini gak hanya berlaku pada bunga Melati Belanda bunga - bunga lain juga sama harus melakukan pemangkasan biar berbunga dan Rapih.

Balas

Mau nnya nie Mang, klo phon yg cocok d tnam d dpan rmah itu phon apa ya, mksud nya unt teduhan gtu..

Balas

silahkan kang di coba, siapkan gula kopi dulu ya biar gak ngantuk

Balas

mendingan nanam pohon mangga, jambu air, belimbing atau cereme, mas... tapi nanam pohon ini nantinya banyak anak kecil yang gelantungan naik ke pohon apalagi nanam pohon ceri heheheh

Balas

Bunga melati sangat menawan
Perlu dirawat
Selamat pagi kuucap,kan
Untuk mu sahabat

Balas

sungguh cantik bunga melati itu.. :D

Balas

belum ada waktu bagi saya untuk mencoba cara menanam ala Mang Yono, tapi terimakasih buat share nya mang :)

Balas

Kopi dan gula yang diseduh pake air panas, kalau disiram ke tanaman bunga melati, bisa nambah subur gak ya .. :)

Balas

selamat sore mang yono , , ,
bunganya bagus bagus ya ya mang , ,
merawatnya tentu juga sulit ya . .???

Balas

waw mbak yang satu ini memang masternya pantun ckckckc... terimakasih sudah berkunjung ya mbak Anis

Balas

betul sekali Mizz, kalau pas lagi berbunga selain cantik harum dan mewangi juga

Balas

jaman sekarang gak usah kita yang melakukannya kang, ada sofwarenya kok untuk menanam bunga heheheh

Balas

hahah ada ada aja mas Is ini, subur sih ndak, yang ada malah jadi kopi kolaborasi dengan teh melati hehehe

Balas

kalau sudah hobi merawat bunga tidak terasa sulitnya mas, yang ada malah enjoy plus enyoy hehehe

Balas

bunganya bagus sekali ya kalau sudah tumbuh..pohonnya merambat seperti pohon sirih ya mang..

Balas

wah itu malah perlu dicoba to mang, kolaborasi kopi dan teh melati .. :D

Balas

betul mas, kalau sudah tumbuh bunga bagus kelihatannya...

nah seperti pohon sirih ... mirip - mirip

Balas

mang,,aku boleh minta bibit melati belandanya mang,,, keren banget ya,,bikin rumah adem... :)

Balas

heheh boleh silahkan mampir kerumah saya, tapi rumah saya jelek dan berantakan makannya saya tutupi dengan bunga melati belanda hehehe

Balas

Melati Belanda itu bukan TULIP ya

Balas

oh ternyata bunga melati tuh ada warni pink nya di kirain cuma warna putih ajah baru tau mang :)

Balas

Mang Yono hobi bercocok tanam bunga melati ya...

Balas

bukan kang.... pohonnya merambat

Balas

mang,,dirumah ada bunga melati belanda,lagi bagus2nya nich...takutnya masa berbnga akan sgera habis,,,mang yono punya rekomendasi pupuk yg terbaik untuk menumbuhkan bunga melati belanda, agar rajin berbunga,tidak? nuhuun,

Balas

sebenarnya saya pengen bibitnya mang yono, gimana caranya yah :-)

Balas

saya di sebuah kota kecil di jawa tengah tepatnya di boyolali dari solo ke arah barat,,,mas adi sendiri ada dimana? jika dekat dengan solo juga disana ada sutu tempat namanya pasar nongko banyak lho di jual melati belanda ,

Balas

saya di boyolali jawa tengah. saya dapat bibit dari solo murah cuma 100-an rb cantik...

Balas

Mang, mohon bantuan, bunga melati belanda saya, daun yg masih muda dan hijau tiba2 berubah menjadi kuning/coklat kemudian kering dan rontok. Kira2 bagaimana cara menanggulanginya? tks sebelumnya.

Balas

Mang kalo ada yng pesen melati belanda, saya punya banyak stok nooh.. di parung bogor

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger