Khasiat Dibalik Manisnya Srikaya Atau Buah Nona (Annona squamosa)

Khasiat Dibalik Manisnya Srikaya Atau Buah Nona (Annona Squamosa) 

Sampurasun .... Rampes... Srikaya atau buah nona (Annona squamosa) merupakan salah satu buah – buahan yang memiliki bentuk kecil, berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak mirip dengan buah  sirsak. Daging buahnya berwarna putih, warna kulitnya hijau. Tanaman ini tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis.

"Tanaman Srikaya ini saya tanam di belakang Rumah , pohonnya tidak tinggi, kira – kira 2 Meter, karena kalau tinggi saya melakukan pemangkasan cabang yang menjulang keatas, tujuannya biar pohonnya tidak tinggi".


Srikaya atau buah Nona (Annona squamosa)
Srikaya atau buah Nona (Annona squamosa)
Srikaya akan berbuah setelah berumur 3 – 4 tahun. Rasa dari buah yang satu ini manis dan legit membuat buah srikaya ini menjadi salah satu buah yang disuka oleh tua dan muda bahkan anak – anak juga suka. Terutama saya paling suka buah ini, makanya saya berbagi di Blog Mang Yono hehehe.


Katanya buah srikaya ternyata memiliki beberapa khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, dari mulai daun srikaya. Meskipun daun srikaya memiliki rasa yang pahit, namun dibalik  pahit tersebut memiliki berjuta - juta manfaat bagi tubuh kita.




Srikaya atau buah Nona (Annona squamosa) - Blog Mang yono
Srikaya atau buah Nona (Annona squamosa) - Blog Mang yono


Katanya manfaat daun srikaya dapat dijadikan obat untuk kesehatan rambut, yaitu mengurangi rambut rontok, menghilangkan kutu pada rambut.



Srikaya atau buah Nona (Annona squamosa) di belakang Rumah Mang Yono
Srikaya  di belakang Rumah Mang Yono
Poto - Poto diatas diambil pada hari Minggu tanggal 23 Pebruari 2014 Kebetulan pohon srikaya yang dibelakang Rumah saya sedang berbuah.


Khasiat Dibalik Manisnya Srikaya Atau Buah Nona (Annona Squamosa) 

Nah untuk menghilangkan kutu Rambut yaitu cara meramunya seperti ini:

Ambil biji srikaya sebanyak 10 biji dan daun srikaya 7 lembar lalu tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit minyak kelapa lalu aduk sampai adonan menjadi tercampur secara merata, tempelkan pada rambut kepala sampai tertutup semuanya, lalu bungkus dengan kain supaya ramuannya tidak berjatuhan, tunggu  kira – kira dua jam, buka kain penutup dan cuci sampai bersih, Ingat Jangan sampai bilasan air masuk pada mata, karena katanya dapat menyebabkan iritasi pada mata 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar