logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Daun Mengkudu / Pace yang selalu hadir.

 Sampurasun ...... Rampes... 

Blog Mang Yono. Dalam kesempatan kali ini Blog Mang Yono mau menuliskan tentang Daun mengkudu memang terasa pahit namun bagi kebanyakan masyarakat di daerah saya yaitu tepatnya di Kampung Gardu, Pagaden Barat, Subang.

Daun mengkudu biasanya dimasak sebagai sayuran, pepes daun mengkudu, urap, lalap matang. Atau bisa juga hanya dengan direbusdan dimakan atau juga bisa di tumis alias di oseng. Rebus atau oseng daun mengkudu ini harus ada dan biasa ada di acara tertentu.


Daun Mengkudu / Pace yang selalu hadir dalam acara – acara tertentu di Subang
Daun Mengkudu / Pace

Misalnya dalam acara “ngahiras” atau membangun rumah, acara “ngala suluh” mencari atau menyiapkan kayu bakar untuk acara perhajatan, acara ngopak, ngadodol yaitu acara membuat kue untuk persiapan perhajatan seseorang, dan biasanya yang menyiapkan makanan yaitu yang mau mengadakan perhajatan biasanya daun mengkudu biasa di masak dengan ikan peda (ikan asin) dan sambal goreng.

Baca : Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah


Tapi jangan sekali – kali atau coba – coba sobat mengkonsumsi daun mengkudu di buat lalapan mentah, yaitu dikonsumsi secara mentah soalnya rasanya gak enak kalau mentah heheheh.

(1). Cara memasak atau merebusnya daun mengkudu sih bermacam – macam ada yang di godok atau dengan cara dikukus, ada yang menambahkan sedikit pemanis atau gula ada yang tidak menambahkan pemanis.

(2). Kalau yang ditumis atau di oseng sih cara memasaknya hampir sama dengan cara menumis daun pepaya, kangkung, bayam atau daun singkong.

Selain untuk menemani makan nasi daun dari mengkudu ternyata banyak khasiatnya dan  banyak digunakan sebagai obat herbal yaitu katanya bisa digunakan untuk mengobati disentri, kejang usus, pusing, demam, muntah-muntah, diabetes, ambeyen. Kalau cara meraciknya saya belum tau dan katanya air rebusan dari daun mengkudu ini yaitu untuk mengecilkan rahim atau untuk ibu – ibu pasca melahirkan.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

Di tempat saya, saya belum pernah lihat daun mengkudu di masak, mungkin orang di tempat saya gak biasa. Jadi pengin ngerasain sayur daun mengkudu

Balas

Sebelum diambil orang lain, pertamax saya amankan dulu ..

Balas

e malah baru tau daun mengkudu enak dimakan...coba besok nyari di deket kedai aaah...di sana banyak tumbuh liar...nggak menyebabkan efek samping kan Mang? jawab ya Mang, serius...saya pingin coba

Balas

Daun mengkudu selain enak dan agak pahit enak juga buat lalapan dauny
Dan buahnya bis untuk obat untuk kesehatan. makasih artikelnya Mang :)

Balas

Kirain cuma buahnya saja yang berguna ternyata daunnya juga bisa jadi sayur ya :)

Balas

bukannya mengkudu itu pahit ya mang? apalagi daunnya

Balas

Biasanya kalau ditempat saya buahnya di buat rujak baik yang mentah ataupun yang sudah masak..kalau daun saya pernah tau di rebus untuk menghilangkan rasa getar

Balas

Saya suka dengan daun mengkudu yang dikukus lalu di colenak dengan sambal, walau rasanya agak sedikit pahit tapi bikin ketagihan, Mang,...

Balas

banyak sekali manfaat buah mengkudu ini, tapi rasaanya ga enak

Balas

cara memasaknya hampir sama mas dengan memasak oseng daun paya atau oseng daun lainya heheh...

mantab deh pertamaxnya

Balas

silahkan di coba mbak, efek samping nya menurut saya belum ketemu mbak KK, coba aja lihat dan cari di Google, kalau yang saya alami gak ada efek sampingnya tuh

Balas

Wah wah. Baru tau saya mang kalau daun mengkudu bisa di makan.. Itu rasa pahitnya apa sama dengan daun pepaya ya mang.??

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger