logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Makan buah Jatropha Curcas (Jarak Pagar) bikin weureu / keracunan

Makan buah Jatropha Curcas (Jarak Pagar) bikin weureu / keracunan

Sampurasun .... Rampes .... Tumbuhan - tumbuhan yang ada di alam atau disekitar kita sangat banyak jenisnya. Dari bergabgai jenis tumbuhan tersebut ada sebagian besarnya dimanfaatkan oleh manusia. Namun ada beberapa yang jarang bahkan tidak dimanfaatkan oleh manusia karena berbahaya bila dikonsumsi atau dimakan. Seperti saya waktu itu yang Makan buah Jatropha Curcas (Jarak Pagar) bikin weureu / keracunan.

Pada tulisan ini Blog Mang Yono tidak akan membahas tentang pembuatan bio solar atau minyak – minyak lainnya atau bahkan mengotak - atik setiap 10Kg buah jarak yang bisa menghasilkan 3 liter minyak jarak dan menghasilkan 30% rendemen, tetapi disini saya mau sedikit berbagi pengalaman tentang saya waktu masih umur sekitar 12 tahunan, waktu itu saya masih duduk di sekolah dasar kelas 5. 

Makan buah Jatropha Curcas (Jarak Pagar) bikin weureu
Buah jarak pagar
Sepulang sekolah waktu itu saya jalan sendiri, dan melewati kebun – kebun mangga yang dipagari oleh pagar hidup, yaitu pagar yang menggunakan tumbuhan, biasanya pagar untuk kebun menggunakan tanaman jarak, karena tanaman ini gampang tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus, tinggal tanam langsung tumbuh dah... hehehe, itu bagi yang biasa utak – atik tanaman ding ... heheheh.

Buah Jarak pagar berbentuk bulat, kira – kira sebesar ibu jari saya, kalau jempol jari anak saya khan kecil hehehe. Warna dari buah jarak ini yaitu berwarna hijau untuk buah jarak yang masih muda, sedangkan buah yang sudah tua berwarna kuning dan akhirnya mengering dipohon dan berubah warna menjadi hitam kecoklatan. Berhubung waktu itu saya penasaran dengan buah jarak, dan akhirnya saya memetik satu buah jarak yang sudah tua dan agak kering, langsung saya belah buah jaraknya dengan menggunakan tangan, dengan rasa penasaran saya coba icip – icip buahnya, ternyata rasanya seperti makan kacang tanah, satu , dua dan tiga saya makan biji jaraknya dan tak terasasambil berjalan pulang saya sudah menghabiskan sekitar 5 buah jarak, yang berisi 4 atau 5 biji tiap satu buahnya.

Makan buah Jatropha Curcas (Jarak Pagar) bikin weureu / keracunan
Buah jarak pagar


Sejam , dua jam tidak ada reaksi apa – apa setelah makan biji jarak, kira – kira jam delapan malam ada keanehan pada diri saya, maksudnya pandangan saya terasa muter 7 keliling dan saya langsung muntah, dari jam 8 malam sampai jam 2 malam, sampai mendem sih ndak ... hehehe. Dan Alhamdulillah sekitar jam 3 pagi, saya sudah tidak muntah lagi.

Setelah kejadian Makan buah Jatropha Curcas (Jarak Pagar) bikin weureu / keracunan saya  tidak suka terhadap makanan atau camilan yang pakai kacang tanah, seperti martabak, pecel, ketoprak, karedok dan sebagainya lah yang berbau kacang tanah. Kejadian ini bertahan sampai 1 tahun, seterusnya sih saya kembali suka lagi terhadap makanan yang memakai campuran atau bahan dasar kacang tanah.

Untuk para sobat – sobat yang penasaran terhadap rasa buah jarak pagar, mendingan jangan mencoba ya, cukup saya saja yang merasakannya kejadian weureu itu hehehe. ... Mendingan mengkonsumsi Jantung pisang keu’eus / klutuk saja deh....  hehehe.

Mendingan tuh buah jarak pagar dijadikan bahan baku pembuatan Jatropha Curcas Oil (JCO) yang seterusnya dapat dikembangkan kembali menjadi biodiesel.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

29 komentar

wah bahaya tuh mas kok berani ngetes makan buah jarak, padahal itu bisa dijadikan bahan baku oli mesin menurut ilmu teknologi engineering :)
hebat deh mang yono bisa muat makan bahan baku oli mesin, hehehe :D

Balas

mang tolong komenku yg bawah itu dihapus ya, tadi kedobelan krn komputer saya ngehenk, hehehe :D

Balas

hahaha, Mamang, Embah saya pernah cerita dulu waktu beliau masih kecil pernah makan biji jarak ini, rasanya mirip kacang...tapi ya itu tadi...keracunan (pening dan muntah)---padahal makannya cuma 1buah lho (sebuah isi 3 biji kan?)

tapi ada pelajaran positif lain yang saya peroleh dari Embah, dulu kalau nggak punya minyak tanah untuk menyalakan ublik di malam hari, penduduk memanfaatkan biji jarak yang sudah tua kemudian dijemur, nah kalau malam biji jarak itu ditusuk pakai lidi atau jeruji sepeda dan dibakar...lumayan, cahayanya kayak lilin

Balas

saya teh makan buah Jatropha Curcas lewat artikel kang gondes "terhubung dengan blogger"....nah kan enak pasang kode JS nya kang Gondes, gituh muke kite diklik langsung nanclep kedepan rumah, ngga kudu dibawa muter dulu ke G+ yang norak ituh...sayah kan jadi asohgeboy moronyoy bw nya kalau gini mah.
#numplekin kesel, gara-gara bw koneksi lemot

Balas

Ada-ada saja Mang Yono ini buah Jarak di coba makan
Yah beracun. tapi menarik juga Mang artikelnya salam sejahtera
Dan salam silaturrahim :-bd

Balas

hehe maklum waktu itu penasaran banget, jadi saya icip - icip rasanya eh seperti rasa kacang tanah, ya sudah saya embat saja, sampai habis lima buah dikali tiga berarti lima belas hehe

Balas

betul mbak KK, rasanya seperti muter tujuh keliling dan muntahnya sampai tidak berenti, kalau jaman sekarang mungkin sudah dibawa ke Rumah Sakit, dulu jauh ke Rs hehe.

Setelah kejadian itu sempet ada teman yang membuat lilin / lampu dari buah jarak waktu mengaji di mesjid, mungkin dia penasaran juga dengan rasanya dan temen lainnya juga ikut nyicipi dan rasanya seperti kacang goreng katanya, tapi saya ketawa dalam hati aja gak mau ikut hehe... sudah saya bilangkan sih temennya tapi keukeuh gak percaya dan gak barapa lama akibatnya sama paning dan muntah - muntah hehe

Balas

dulu waktu template blog itu, sebelum ganti templat ini saya sudah pasang kang tapi saya ganti templat ilang kodenya, nanti deh kalau pas saya dah paham utak atik dalemannnya saya pasang kembali hehe

Balas

tapi rasanya enak kang, seperti rasa kacang tanah, tapi setelahnya gak enak bikin puyeng dan muntah - muntah hehe

Balas

Buahnya berarti cocok buat mesin mang, bukan buat manusia. :)

Balas

Sepertinya baru turuh gunung ya mang, langsung di test, mempan gak. Eh,,,, ternyata mabok juga. he,, he,, he,, :D :D :D

Salam wisata

Balas

sudah dibilang rasanya muter 7 keliling, gimana sih Mas Vale ini?

Balas

hahay,,,ternyata pengalaman kita hampir sama,,sy dulu di bohongin temen,memang sih rasanya kya kacang tanah,tp bikin pusing,mutah2,,,waktu itu sy di suruh makan buah itu bareng2 ada 4 orang,,eh yg lain mah gk di telen,saya mah ke enakan makan,,sejam kemudian baru deh,,,maaabbookkk,,,

Balas

itu sih kurang kerjaan
jarak kok dimakan..? heheh
gimana ga mabok wong jaman dulu suka dibikin minyak buat lampu senthir

Balas

Saya masih ingat dulu waktu masih kelas 2 SD, pernah dibuat teler gara-gara buah jarak ini. Bukan karena disengaja tap karna gak tau kalo buah jarak itu mengandung racuuun... :)

Balas

saya belum tau pohon dan buahnya mang,baru tau dari foto disini.. ih kuper deh saya :D

untungnya sehat kembali ya mang setelah keracunan,,ngeri juga..

Balas

saya sering makan ini mang ketika mengembala kambing. enak seperti kacang. didesa saja namanya jarak miren

Balas

saya malah gak tahu buahnya mang

Balas

weleh pastinya pinuh ku getah ya mang ngemakannya juga...
tapi daun jarak pagar ini bisa digunakan untuk yang lain ya :D

Balas

ternyata mang yono dulu suka makan jarak ya? hehe

Balas

saya belum pernah mencuba makan buah jarak ini.. jika di tempat saya daun pokok jarak ini dibalut bersama batu yang dipanaskan (tungku) sangat bermanfaat untuk ibu yang baru melahirkan bayi..

Balas

Waduh Mang Yono, untung keracunan Jarak. bagaimana kalau keracunan Gadung?

Balas

Wkwkwkwk dulu saya juga pernah nyoba mang. Hasilnya muntah muntah dan demam selama 1minggu hahaha masih hebatan mang yono deh kalau gitu hehehe

Balas

getah jarak bisa buat obat sakit gigi juga lho..

Balas

Wah wah kalau begitu aku gak akan makan buah yang gituan.... takut kaya mas yono mending makan pasti pasti aja deh...

Balas

Alhamdulillah...saya tidak pernah makan buah yang begituan. Saya lebih suka buah-buahan yang sudah terpajang di lemari pendingin (kulkas, red.). hehehe...

Balas

haha, ada-ada aja mas, sulit dipercaya berani makan buah kayak gitu. kalo pernah baca komik one piece pasti tau kalau tokoh di komik tersebut si luthfi makan buah karet, trus jadi manusia karet, kalo makan buah bergetah jadi manusia bergetah, hahaah

terus berkarya mas, senang berkunjung kesini

Balas

Om temenku abis aku kibulin nih makan banyak gt 10an lbih. Trus stngh jam pusig trus dia makan abis itu aku takut tak ajak minum degan trus sblm itu ak suruh muntahin. Ktanya udah enteng ini trus ak suruh minum degannya. Kra2 gmna ya? Ak gatau juga nih klo alhasil kek gini duhh ��

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger