Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak

Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak

Sampurasun .... Rampes .... Sisa bunga pisang yang tidak lagi bisa menghasilkan buah dikenal sebagai jantung pisang. Karena memiliki nilai gizi dan khasiat yang penting untuk kesehatan, jantung pisang banyak disukai orang termasuk saya sendiri , makanya saya tulis di Blog Mang Yono, setelah kemarin saya berbagi tentang lalapan Gunda dan Rebung bambu betung. Jantung pisang biasanya diolah menjadi berbagai produk seperti dibuat sayur lodeh, abon, bakso, dan dendeng.

Jenis jantung pisang yang umumnya dibuat masakan, yaitu jantung yang berasal dari jenis pisang kepok, keu’eus / klutuk / batu, pisang siam pisang pulo. Tapi menurut saya yang paling enak adalah jantung pisang batu / klutuk, kadang saya  memakannya dalam keadaan mentah, yaitu untuk lalapan atau sebagai rujak colek.

Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak
Jantung Pisang Keu'eus / Batu / Klutuk
Kalau istri saya biasanya mengolah / memasak Jantung pisang   untuk diolah menjadi pepes jantung, pecel, tumisan dan Sebagai variasi dapat juga dimasak bersama sarden atau bisa juga dimasak menjadi sambal goreng jantung pisang. 

Selain jantungnya kalau pisang keu’eus / klutuk / batu, pisang yang masih mudanya atau istilah bahasa kerennya “Keu’eus” pisang Klutuk biasa di manfaatkan masyarakat atau tetangga saya untuk dijadikan olahan pecel dan bahan sambal lotek.
Kalau Keu’eus yang masih mentah biasanya untuk rujak, rujak tumbuk atau rujak colek sama saja... Nikmaatt.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar