logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat dan Khasiat dari daun pohpohan (Pilea melastomoides)

Manfaat dan Khasiat dari daun pohpohan (Pilea melastomoides)

Sampurasun .... Rampes... Orang Indonesia terutama orang Sunda senang sekali makan dengan lalapan serta sambal.  Sudah pasti makannya tambah, dan tambah lagi.  Lalapan daun mentah yang biasa dikonsumsi untuk lalapan sangat beraneka macamnya. Tiap daerah akan berbeda – beda lalapannya.

Nah, Kalau saya lebih suka pada lalapan jenis Pohpohan.  Selain  daunnya rasanya enak dan wangi segar, serta anget – anget, juga ternyata mempunyai gizi yang cukup tinggi.  



Manfaat dan Khasiat dari daun pohpohan (Pilea melastomoides)
Lalapan Daun Pohpohan (Pilea melastomoides)
Daun pohpohan (Pilea melastomoides) rasanya anget - anget dan wangi seperti  daun mint.  Katannya kandungan kalsiumnya cukup tingi bila dibandingan dengansayuran – sayuran atau lalapan yang lain.


Sesuai yang saya baca katanya, Kandungan gizi yang terdapat dalam daun pohpohan per 100 gr daun pohpohan yaitu
Energi 37 Kal
protein 2,5 gr,
lemak 0,8 gr,
karbohidrat 6,9 gr,
Kalsium (Ca) 744,0 mg,
fosfor 80,0 mg,
besi 5,9 mg,
vitamin A 900 RE,
vitamin C 5 mg,
vitamin B1 0,03 mg,
air 87,4 gr.

Waaaah ternyata cukup lengkap juga ya gizi yang terkandung didalam daun pohpohan

Manfaat dan Khasiat dari daun pohpohan


Nah tubuh khan memerlukan kalsium untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan anak-anak hingga remaja.  
Kalsium juga sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan selama masa menyusui.  
Untuk orang dewasa, kalsium juga dibutuhkan  untuk mencegah pengapuran pada tulang (osteoporosis).
Khasiat dari daun pohpohan (Pilea melastomoides)
Manfaat dan Khasiat dari daun pohpohan (Pilea melastomoides)

Nah kalau begitu, mulai sekarang perlu sekali anak-anak dikenalkan untuk menyukai sayuran terutama daun pohpohan.  Daun pohpohan  sudah banyak beredar di pasar swalayan.  


Bagi orang yang tidak suka susu, maka daun poh-pohan ini bisa dijadikan alternatif pengganti untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

Komplit Buangt Ya Mang Kandungan mineral Gizi yang Terkandung dalam lalapan daun pohpohan yang begitu populer di tanah sunda, sayang daun Pohpohan ga begitu populer di jawa, Musjono Kerap dengar itu daun Pohpohan namun belum Paham seperti apa itu wujudnya. Atau mungkin ada dan pernah lihat haya tak tahu saja kalau itu daun Pohpohan. Biasasih Laplap daun pohonan Manga yang masih muda kecut sepet seger gimana gituh.

Balas

Ternyata daun itu banyak manfaat nya Yah Mang Yono saya baru tau
Ijin simak dan di coba Mang, manfaat sekali nih terima kasih salam sukses :-bd

Balas

dijawa itu pohpohan nama lainnya apa ya mang?
mungkin pernah makan juga,tapi lupa-lupa inget gitu

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

namanya pohpohan. lucu. hehe

terima kasih infonya

Balas

sepintar saya kira "pepohonan" ternyata pohpohan ya hehe jadi ketuker

Balas

Nyebut "pohpohan" kok berasa kenal ya? Kyk nama anggota istana?

*kaburrr

Balas

Kalau Pohpohan, bisa tumbuh di dataran rendah berhawa panas gak ya ?
pengen banget bisa nanam sendiri, soalnya susah nyari di pasar deket rumah. paling bs makan lalap ini kl lagi makan di rumah makan sunda.
bibitnya dmn bisa didapatkan ya mang ?
nuhun

Balas

minta bibitnya dong

Balas

Insya allah di tangan kripik semar jalbun hayyun daun pohpohan telah kami olah menjadi kripik

Balas

bisa pesan bibitnya mang Yono?

Balas

semoga berkah ya ilmunya

Balas

semoga berkah ya ilmunya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger