logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Indonesia

Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Indonesia

Sampurasun .... Rampes... Pelabuhan Sunda Kelapa. Jakarta tak hanya menawarkan modernisasi budaya dan gedung – gedung yang menjulang tinggi atau gedung pencakar langit, tetapi Jakarta juga menawarkan keindahan masa lampaunya, salah satunya yaitu Pelabuhan Sunda kelapa.

Sunda Kelapa dikenal dengan nama sebuah pelabuhan dan daerah sekitarnya yang terletak di Jakarta, Indonesia. Daerah Sunda Kelapa ini sangat penting karena menurut keterangan yang saya pernah baca, katanya desa di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa adalah cikal -bakal kota Jakarta yang hari jadinya ditetapkan pada tanggal 22 Juni 1527.

 Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Indonesia
 Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Indonesia

Pelabuhan Sunda Kelapa telah dikenal semenjak abad ke-12 dan kala itu merupakan pelabuhan terpenting. Namun pada awal tahun 1970-an, nama kuno Kalapa kembali digunakan sebagai nama resmi pelabuhan tua ini dalam bentuk "Sunda Kelapa".

Katannya Pelabuhan Sunda Kelapa direncanakan menjadi kawasan wisata karena nilai sejarahnya yang tinggi.

Dan menurut keterangan yang saya baca juga pelabuhan Sunda Kelapa memiliki luas daratan 760 hektar serta luas perairan kolam 16.470 hektar, terdiri atas dua pelabuhan utama dan pelabuhan Kalibaru. Pelabuhan Kalibaru panjangnya 750 meter lebih dengan luas daratan 343.399 meter persegi, luas kolam 42.128,74 meter persegi, dan mampu menampung sekitar 65 kapal antar pulau dan memiliki lapangan penumpukan barang seluas 31.131 meter persegi.
Dari segi sejarah, pelabuhan ini pun merupakan salah satu tujuan wisata bagi DKI.
Untuk dikirim ke pulau Topang Riau

Tidak jauh dari pelabuhan ini terdapat Museum Bahari yang menampilkan dunia kemaritiman Indonesia masa silam serta peninggalan sejarah kolonial Belanda masa lalu.

Di sebelah selatan pelabuhan ini terdapat pula Galangan Kapal VOC dan gedung-gedung VOC yang telah direnovasi. Selain itu pelabuhan ini direncanakan akan menjalani reklamasi pantai untuk pembangunan terminal multifungsi Ancol Timur sebesar 500 hektar.

Nah Berhubung saya kemarin ada tugas Jalan – jalan  ke Pelabuhan Sunda Kelapa jadi saya bisa melihat langsung situasi dan kegiatan di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sambil melaksanakan tugas pekerjaan sambil melihat dan ngobrol dengan kuli Bongkar muat, kalau tidak salah namanya kang Ujang asli dari Serang Banten. Ayah 5 Anak ini sudah 10 Tahun,
Kata kang Ujang dia menggantungkan hidup sebagai kuli panggul tetap dijalani. Meski mereka menganggap kehidupan di desa jauh lebih enak dan tenang. menawarkan jasanya sebagai kuli bongkar muat atau kuli panggul di Pelabuhan Sunda Kelapa. Pria berusia 42 tahun itu mengaku tertarik menjadi kuli panggul atas ajakan teman sekampungnya

Hari-harinya bongkar muat barang di pelabuhan Sunda Kelapa dengan ratusan kuli lainnya, dia memikul beban dari bongkar muat kapal. Kang Ujang bisa mendapatkan upah sekitar Rp 50 - 100 ribu per hari. " Itu belom dipotong dengan makan," kata kang Ujang. 



Kuli-kuli panggul ini biasanya melewatkan waktu istirahat mereka tanpa makan siang agar pekerjaan mereka bisa cepat kelar. Satu yang pasti, menghemat upah yang diterima. Tapi kalau pas pekerjaan bongkar muat tidak ada ya waktu istirahat dan makan siang jadi tambah banyak.



Ini bukan topi, helm, tapi ini mangkuk untuk cairan timah


Kang Ujang mengaku duit yang diterima sebagai kuli Bongkar Muat itu cukup, dia masih mampu menghidupi keluarganya. Bahkan, masih bisa menyisihkan sebagian upahnya untuk keluarga di kampung. Kang Ujang juga tak berkeinginan mencari pekerjaan lain. Alasannya, dengan modal tenaga kasar, penghasilan dari pekerjaan lain akan sama saja. Bahkan, mungkin bakal lebih sedikit.

Nah berikut ini ada vidio YouTube tentang Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Indonesia 




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

Selamat sore Mang Yono wah Pelabuhan sunda kelapa sangat luas areanya
Yah Mang, saya belum tahu semua tentang siklus area tersebut tapi artikel ini
Jadi atau rinci Area Sunda kelapa makasih Mang :-d

Balas

ooh itu mangkuk cairan timah, saya kira itu pesawat alien.

Balas

Selamat petang mangyono . . .
Sunda Kelapa yav , , saya orang kediri saja belum pernah ke pelabuhan merak mang , , hehe . .

Balas

mesti kaget saya datang *hiyaaaT* hihihih pesen mangkoknya mang, buat tempat bakso mah....saya sering lewat pelabuhan itu, tapi sayangnya nggak pernah mampir ke tempat2 bersejarahnya *nangis* hehehe

Balas

terima kasih pak atas infonya, dengan artikel ini saya jadi tahu mengenai sejarah dan seluk-beluk pelabuhan sunda kelapa..

Balas

Apa jadinya ya? Kalau Jakarta sampai saat ini dirubah nama nya menjadi Batavia seperti jaman dahulu kala

Balas

Banyak sekali pastinya info yang didapat dari sana ya mang...asyik deh

Balas

itu topinya yg buat wadah timah, terbuat dr bahan apa Mang?
Nanti kalau dpt timah banyak, lumayan bisa dijual atau bikin perusahaan pengolahan timah

Balas

Walaupun saya orang Sunda tapi belum pernah menginjak Pelabuhan Sunda Kelapa ini he....
Memang Suda kelapa ini sangat terkenal sekali dengan pelabuhannya :)

Balas

selamat pagi kang hehehe betul kang, saya keliling - keliling juga sampai leklok hehehe... silahkan berkunjung kang, banyak bulenya loh hehehe

Balas

hehehe iya itu mangkuk rencananya nanti mau buat juga pesawat alien

Balas

ini Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta mas, bukan di merak hehehe

Balas

waduh pangling nih hehehe, apa kabar mbak Amri, nanti saya kirim ya mangkuknya. Nah kalau sering lewat nanti mampir ya ke mesium Bahari dan tempat lainnya hehehe

Balas

iya sama - sama mas, nah lebih siip lagi langsung wisata ke Pelabuhan Sunda Kelapa saja ya mas hehehe

Balas

mungkin malah banyak wisatawan mancanegara nama itu khan lebih siip hehehe

Balas

hehehe iya mbak jenx, disamping info saya sambil bekerja juga hehehe

Balas

itu mangkuk terbuat dari Besi Tempa / besi cor dilapisi Stainless beratnya 2 Ton lebih hehehe

Balas

hehehe kalau saya sering kang, maklum khan sambil kuli jadi berkunjung sambil kerja hehehe

Balas

wah artikelnya mantap nie mang, saya sendiri sebagai orang sunda kurang begitu tahu sejarah dari pelabuhan sunda kelapa nie, dulu paling suka baca-baca lewat pelajaran sejarah aja ketika masih sekolah :)

Balas

sejak tahun 1500-an berarti sudah tua banget ya usianya...

Balas

Saya belum tahu kesana mang :D

Balas

Biasanya pelabuhan sunda kelapa untuk bongkat muat apa saja kang .. ?
kayaknya pernah lihat di TV, dan tidak setiap hari ada bongkaran ya .. ?

Balas

Wah bisa di jadiin tempat wisata murah nih mang.. Hehehe
soalnya tempatnya juga lumayan luas hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger