Musim Jeruk Bali ( Pamelo ) Tapi Jeruk Bali Akan Berbuah Sepanjang Tahun

Musim Jeruk Bali ( Pamelo ) Tapi Jeruk Bali Akan Berbuah Sepanjang Tahun

Sampurasun ...... Rampes.... Jeruk bali termasuk buah musim. Namun sebenarnya, selain musim panen raya, pohon Jeruk bali atau biasa disebut juga pohon pomelo masih bisa berbuah sepanjang waktu, walau jumlah terbatas.



Nah, bagi sobat yang mau memilih jeruk bali yang manis gampang-gampang susah. Soalnya, tidak bisa melihat dari luar karena kulit jeruk bali biasanya berwarna hijau atau hijau kekuning - kuningan ketika matang. Untuk mengetahui jeruk bali  tersebut manis tidaknya , kita harus melihat isi daging buahnya yaitu caranya dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Buah Jeruk Bali ( Pamelo ) - Buah Pertama
Buah Jeruk Bali ( Pamelo ) - Buah Pertama

Biasanya daging buah jeruk bali ada yang berwarna putih, namun ada juga yang berwarna kemerahan, jeruk bali yang berwarna kemerahan ini rasanya memiliki rasa lebih manis bila dibandingkan dengan jeruk bali yang memiliki daging berwarna putih.

Jeruk bali ini hanya dikenal di Indonesia apalagi di pulau Bali hehehe. Kalau di negara lain Jeruk ini mempunyai nama pomelo. Di China kalau tidak salah dikenal dengan nama youzi.

Kalau saya cara membudidayakan atau memperbanyaknya pohon Jeruk Bali yaitu dengan cara cangkok. Karena cara budidaya dengan cangkok merupakan langkah yang tepat dan sangat menguntungkanbila dibandingkan dengan penanaman secara biji atau stek, karena cara mencangkok itu bertujuan untuk mempercepat pohon Jeruk Bali untuke berbuah.

Karena dengan cara mencangkok lebih praktis, dan katanya ada juga jeruk bali yang tidak memiliki biji. Nah kalau jeruk balinya tidak memiliki biji terus yang ditanam biji apa coba... hehehe.. 
Musim Jeruk Bali ( Pamelo ) Tapi Jeruk Bali Akan Berbuah Sepanjang Tahun
Jeruk Bali ( Pamelo ) Akan Berbuah Sepanjang Tahun

Pohon jeruk bali akan aktif berbuah mulai tahun ketiga dari penanaman cangkok. maksimal bisa berbuah mulai dari 15 jeruk hingga 25 jeruk tiap pembuahannya, kalau buah terlalu banyak nanti pohonnya bisa kekurangan nutrisi. Jadi di awal-awal kita harus membuang atau memangkas buah yang dirasa berlebih atau dirasa terlalu banyak.



Dari tahun ketahun, jumlah panen akan bertambah seiring pertumbuhan pohon. Katanya Pohon jeruk bali akan menghasilkan buah maksimal di usia tujuh atau delapan tahun. Ketika itu, satu pohon bisa menghasilkan sekitar 300 hingga 400 buah dalam sekali panen.

Biasanya Jeruk bali akan berbuah antara bulan Februari hingga Mei dan selama bulan Oktober sampai November. Tapi diluar bulan itu juga pohon Jeruk bali masih bisa berbuah namun buahnya kurang banyak.

Poto diatas adalah poto Pohon Jeruk Bali Saya yang baru berbuah tingginya kira - kira 1,5 Meter, karena pohon Jeruk Bali yang sudah Besar dan sudah berumur 9 Tahun sengaja saya tebang heheheh.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar