logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara budidaya atau semai Srikaya dari biji

Cara budidaya atau semai Srikaya dari biji


Sampurasun .... Rampes ... Cara semai Srikaya, setelah sebelumnya Blog Mang Yono nulis tentang Srikaya yang sudah berbuah dan khasiatnya, tapi srikaya yang saya punya adalah srikaya lokal yang banyak bijinya, nah kali ini saya mau mencoba cara budidaya srikaya atau cara semai srikaya yang ukurannya agak gede dan bijinya sedikit, saya tidak tahu ini srikaya jenis apa... hehehe, ini adalah cara pertama saya dalam semai srikaya dari biji, apakah akan berhasil atau tidak ya tinggal tunggu saja nanti ... hehehe.

Tertangga di sekitar tempat tinggal saya agaknya kurang suka menanam Srikaya, bahkan tetangga-tetangga saya juga kurang suka memakan buah srikaya katanya “Makannya sulit banyak bijinya, tidak lukun” ... hehehhe. Ya maklum karena di  sekitar tempat tinggal saya di kawasan Pagaden Barat telah terkenal banyak tanaman buah lokal yang unggul seperti rambutan.

Cara budidaya atau semai Srikaya dari biji
Ini biji Srikaya, mirip biji sirsak

Tapi berhubung saya dapat biji srikaya bangkok, saya mencoba semai srikaya Meskipun tetangga hanya melihat dengan senyam - senyum saja, karena dibanding buah rambutan dan durian milik warga Desa, memang Srikaya belum banyak pasarannya di Pagaden Barat atau di daerah Kabupaten Subang, juga kurang 'laku'.


Berikut ini cara semai srikaya yang saya lakukan:


1.Siapkan media polybag atau media pot pelastik. Campurkan media semai yang terdiri dari tanah yang dicampur kompos atau arang sekam padi. lihat Gambar / poto No. 1.
Gambar / poto No. 1. Media semai
Gambar / poto No. 1.
Media semai


2. Setelah itu semaikan biji srikaya jenis apa saja. Boleh jenis cultivar lokal, atau biji dari srikaya san pablo atau biji srikaya australia. Saya semai sekitar 20 biji srikaya dalam 1 pot kalau orang lain kebanyakan semai srikaya 1 polybag  satu biji saja, tapi ini berhubung saya baru coba – coba ya semua biji disemai dalam satu pot, nanti kalau sudah tumbuh dipindah 1 polybag  satu tunas atau satu biji yang tumbuh saja. Lihat Gambar / poto No. 2.


Gambar / poto No. 2. Letakan biji srikaya di permukaan media semai
Gambar / poto No. 2.
Letakan biji srikaya di permukaan media semai



3. Biji srikaya cukup diletakan dipermukaan, setelah selesai meletakan semua biji srikaya, lalu taburi media lagi sekitar kedalaman biji 3 – 5 cm. Lihat Gambar / poto No. 3.

Gambar / poto No. 3. Taburkan / tutup biji semaian dengan  media tanah campur  arang sekam padi
Gambar / poto No. 3.
Taburkan / tutup biji semaian dengan
media tanah campur  arang sekam padi


4. Letakan pot semaian di daerah yang terlindung dari sinar matahari penuh, bisa dibaweah pohon atau tempat lainnya. Tunggu sekitar 2 - 3 minggu biji mulai tumbuh.

Nah, untuk mengusir semut supaya tidak mengganggu semaian biji srikaya, dengan mengiris jeruk nipis jadi dua, peras, dan teteskan di sepanjang jalur yang dilalui semut atau mengelilingi pot / polybag tempat kita menyemai biji srikaya. 


Cuma segitu saja yang saya lakukan tentang menyemai srikaya, apabila ada kekurangan mohon maaf saja ya, maklum saya baru pertama kali semai srikaya


 Saya tinggal menunggu 2 atau 3 minggu lagi hehehe. Nanti saya tulis juga di blogg ini tentang kelanjutannya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

Kalau begitu saya nunggu panen Srikayanya saja mang. :D

Salam

Balas

ya mas, tinggal tunggu 3 tahun yang akan datang saja ya, srikaya berbuah setelah kira - kira 3 tahun hehehe

Balas

kalo dari biji sepertinya harus nunggu lama buat makan manis asemnya srikaya ya mang hehe...

Balas

panduan yang lengkap dan mudah diikuti nih

Balas

Betul sekali mas, kalau nanam dari biji 3 tahun baru berbuah, mending beli dipasar saja, tinggal lep.... hehehe

Balas

kan sesuai yang saya praktekan mbak Elsa hehehe

Balas

saya gk punya lahan buat budidaya tanaman mang, makanya gk pernah beginian :D

Balas

memangnya sarikaya tidak bisa ditanam dengan cara lain Mang,maksudnya seperti di stek atau gimana gitu supaya cepat berbuah Mang Yono ,,,???

Balas

Kalau udah berbuah,, bagi ya mang yono?? hehe

Balas

kalau ditanam dari biji tumbuhnya lama tapi perakarananya kuat

Balas

Mang Kalau tanaman buah srikaya bisa di stek ga ya..

Balas

Nanti beli lahan dulu aja kang biar bisa semai beginian

Balas

Srikaya bisa ditanam dengan cara lain kang, di cangkok, di stek.. tapi dari biji juga cepet berbuahnya kang hehehe

Balas

Tentunya di transfer dulu uangnya ya mas, baru saya kirim buah srikaya nya hehehe

Balas

Betul juga sih tapi srikaya meskipun dari biji cepet mas 2 - 3 tahun sudah berbuah

Balas

Tanaman srikaya bisa di stek, di cangkok mas... coba saja.. tapi untuk di stek tentunya ada obatnya ... Saya belum pernah kalau steknya heheeh

Balas

perbandingan media semainya bagaimana pak?

Balas

Wah, siap memparktikkan nih mang. Kebetulan saya ada biji srikaya lokal.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger