Skip to main content

Dapat Kiriman Nangka beurit atau Cempedak

Dapat Kiriman Nangka beurit atau Cempedak


Sampurasun .... Rampes ... Nangka beurit atau Cempedak, Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti cempedak hutan, nangka beurit kata orang Sunda, nongko cino kata orang Jawa, cubadak hutan kata orang Minangkabau, tiwadak kata orang Banjar dan sebagainya.


Nah, berhubung kemarin saya dapat kiriman dari tetangga, jadi sekarang saya tulis di Blog Mang Yono ini, hitung – hitung berbagi tulisan kepada yang belum tahu Cempedak, kalau berbagi buah cempedaknya, maaf saja ya saya juga Cuma dikasih ... hehehe. 

Dapat Kiriman Nangka beurit atau Cempedak
Dapat Kiriman Nangka beurit atau Cempedak

Cempedak ini bentuknya mirip dengan Nangka, seperti pribahasa” Cempedak berbuah nangkeu” hehehe. Ukuran buahnya agak kecil dari ukuran buah nangka.

Nangka beurit atau Cempedak
Nangka beurit atau Cempedak


Berbentuk dari buah cempedak yaitu berbentuk silinder sampai bulat, 10-15 × 20-35 cm, kehijauan, kekuningan sampai kecoklatan, dengan tonjolan piramidal berbentuk duri lunak yang rapat atau licin berpetak-petak. Rasanya manis dan harum, bertekstur lembut, licin berlendir di lidah dan agak berserat. Tidak seperti nangka

Nangka beurit atau Cempedak setelah ditarik
Untuk mengupas Nangka beurit atau Cempedak sangat mudah
tinggal ditarik saja langsung lepas dari kulitnya 

Buahnya bisa dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dulu. Daging buah cempedak, kadang-kadang bijinya direbus, dapat digoreng atau dibakar. Buah mudanya seperti nangka muda, dapat dijadikan sayur dan olahan lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar