logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara dan mencermati agar anggrek tetap beranak pinak dan berbunga terus

Cara dan mencermati agar anggrek tetap beranak pinak dan berbunga terus

Sampurasun ..... Rampes....  Masih seputar anggrek yang ditanam di sekitar Rumah saya nih sob .. Bunga Indah ini memang banyak digemari oleh pecinta tanaman termasuk saya dan keluarga saya hehehe, namun sayangnya tidak lah mudah menjadikan anggrek rajin berbunga dan berkembang biak, biasanya setelah beli pohon anggrek di tukang taman yang sudah berbunga,  setelah bunganya layu pohonnya juga ikut mati dan ogah untuk bertunas atau beranak – pinak.


Meskipun saya bukan ahli masalah tanam – menanam bunga anggrek, tapi sedikit tahu lah, tuh contohnya anggrek saya dah berumur lebih dri 5 ( lima ) tahun tanaman anggreknya tetap berbunga dan beranak pinak. 

Cara dan mencermati agar anggrek tetap beranak pinak dan berbunga terus
Anggrek dengan media pot ditempel didinding Rumah saya


sebelumnya Blog Mng Yono sudah pernah menulis juga ya tentang :

(i). Mari menanam anggrek dengan media pot.
(ii). Memilih pot untuk tanaman anggrek
(iii). Cara merawat agar anggrek rajin berbunga.

Nah, dalam kesempatan ini saya Cuma sekedar menambahkan sedikit saja Cara dan mencermati agar anggrek tetap beranak pinak dan berbunga terus ini sesuai pengalaman  anggrek yang saya tanam di Sekitar rumah saya, baik yang ditempel di dinding rumah dengan memakai media pot tempel dan media arang, pohon yang melapuk atau potnya yang Cuma dis letakan diatas pagar tembuk, terus 2 (dua) bulan yang lalu saya coba menanam anggrek dengan cara ditempel di pohon hidup atau pohon yang sudah mati danternyata berhasil, ini sudah di posting juga di Blog ini dengan judul.
Anggrek berbunga dengan media Arang kayu dengan Pot ditempel pada dinding Rumah saya
Anggrek berbunga dengan media Arang kayu
dengan Pot ditempel pada dinding Rumah saya


Nah, Memasuki bulan Nopember sampai sekarang ituhujan turun kadang tiap hari, untuk itu para penghobi tanaman anggrek ini harus bisa mencermati karena ada beberapa jenis anggrek yang suka pada musim hujan, mungkin termasuk juga jenis anggrek yang saya punya ya, kata tetangga sih nama anggrek yang saya punya ini dari jenis anggrek Bulan hehehe, malahan saya tidak tahu loh, saya asal tanam aja heheheh.
Anggrek berbunga dengan media Arang kayu dengan Pot ditempel pada dinding - dinding Rumah saya
Anggrek berbunga dengan media Arang kayu
 dengan Pot ditempel pada dinding - dinding Rumah saya


Anggrek saya ini sangat optimal pertumbuhannya saat musim hujan dan terkena air hujan. Akar – akar baru bermunculan,  batangnya gemuk dan segar meskipun tanaman anggrek saya ini tanpa media pengikat, seperti yang ditempel di pohon hidup.
Anggrek berbunga dengan media pohon hidup ditempel dipohon Palem taman Rumah saya
Anggrek berbunga dengan media pohon hidup
ditempel dipohon Palem taman Rumah saya


Nah, untuk menanam anggrek perlu di cermati saat memilih atau menggunakan media tanam seperti menggunakan media arang kayu atau ditempel pada batang kayu dan dihujankan tidak terlalu bermasalah, namun apabila menggunakan media tanam yang mudah menyerap air dan menyimpan air sehingga media tanam selalu basah terus sehingga aerasi udara dalam media menjadi lebih berkurang dan akhirnya akar baru tidak akan mucul bisa – bisa tanaman anggrek yang kita tanam akarnya akan membusuk dan mati.


Anggrek berbunga dengan media pot ditempel di Dinding Rumah
Anggrek berbunga dengan media pot ditempel di dinding Rumah saya

Media tanam yang dapat menyimpan air terdiri dari media:


(1). Papan pakis
 (2). Sabut kelapa
(3).  Ijuk
(4). Akar kadaka.


Anggrek dengan media pot diletakan diatas pagar Rumah
Anggrek dengan media pot diletakan diatas pagar Rumah

Nah, solusinya yaitu:


(i). Kita harus mencermati dengan cara mengkombinasikan antara media keras seperti Arang kayu dengan media yang dapat menyimpan air yaitu dengansalah satu media diatas.


(ii). Menyimpan anggrek saat hujan ketempat yang tidak terkena air hujan.


(iii). Tidak melakukan penyiraman saat media masih basah, apalagi menyiram saat hujan turun hehehe.

(iv). Bila perlu semprot dengan anti jamur (fungisida) atau dengan Anti bakteri ( bakterisida), tapi saya belum pernah menggunakan poin yang ini hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

17 komentar

Mang, pohon anggrek berbunga deposito ada ndak ya?????hehehehehe

Balas

hahaha. duit melulu yang dipikirin :D

Balas

mmm....anggrek lagi ya, kayaknya bakal tambah mahal nih bunga :D

Balas

Rumah saya panas mang,,,,, hehe,,,

Balas

Cantik banget bunganya, Mang....

Balas

Kalo udah dapet info mengenai anggrek berbunga deposito, PM ya gan. Ane juga mau.

Balas

Wah bisa jadi tema menarik "Anggrek Berbunga Deposito"

Balas

tuh kan, mamang sama mas agus setya memang saudara kembar. kembar anggrek.

Balas

keren tutorialnya, hehe.. Bunganya jadi bisa banyak

Balas

Bermanfaat banget buat orang tua saya yang suka banget sama anggrek ... di daerah batu, jawa timur ... Trimakasih pak .. :)

Trimakasih juga untuk berkomentar kembali :)

Balas

Nggak punya bunga anggrek mang.. hehe

Balas

cantik bunga anggerek itu berbunga.. :D

Balas

wah kalau bunga angrek nya bisa beranak pinak, pasti bisa tambah banyak ya master bunga anggrek nya. Bisa buka toko bunga kayaknya ya hehehe :D
mantap master bisa dicoba tips nya ;)

Balas

kebetulan saya suka anggrek mang jadi saya mau coba tipsnya mamang diatas, makasih mang sangat bermanfaat :)

Balas

bener bener keren deh akang teh da.
terlihat dari anggrek anggreknya yang terlihat seger dan gemuk gemuk, padahal udah tuwa tuh anggrek...mauuu

Balas

Kalau saya malah nggak pernah nanam anggrek di pot. Saya malah seringnya nanam anggrek di pohon hidup mang.. Hehehe
terimakasih nih tips nya mang.?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger