Skip to main content

Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot

Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot


Sampurasun ... Rampess.. Sudah sebulan saya melakukan pemisahan anakan Melati Belanda, terlihat dari postingan sebelumnya yaitu tanggal 25 Februari 2014 tentang Pemisahan anakan Melati Belanda. Kalau sudah tumbuh dan berbunga Bunga Ini sangat wangi Seperti pada postingan Cara Merawat Bunga Melati Belanda. Bunga Melati Belanda ini pohon dan bungannya berbeda jauh dengan Melati biasa. 

Karena sudah terlihat ada pertumbuhan tunas, jadi pot sementara tanaman melati belanda saya pindahkan ketempat yang panas, nantinya sih tanaman melati belanda ini mau saya tanam ditanah langsung, tanpa media pot.


Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot
Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot

     Suka dengan bunga melati Belanda? Bunga yang harum baunya yang merupakan bunga hias dengan pohon berbatang merambat.

Mungkin anda tertarik untuk membudidayakannya.Tetapi kendalanya tidak mempunyai halaman yang luas untuk menanamnya. adapun cara menanam bunga dibawah ini adalah tidak hanya terbatas pada pohon melati  Belanda saja, tetapi bisa diterapkan pada cara menanam bunga yang lain, contohnya: bunga ros, atau bunga bunga yang lainnya.
Penempatan tanaman  awal ditempat teduh
Penempatan tanaman  awal ditempat teduh


Nah dibawah ini adalah tata cara menanam bunga Melati Belanda dengan media pot :

(i). Yang pertama harus kita sediakan adalah Gula dan Kopi, ini selanjutnya diseduh pakai air panas, dan ini untuk menemani sa'at menanam bunga Melati Belanda, biar tidak mengantuk hehe.

(ii). Yang lebih utama dan harus diperhatikan untuk menanam bunga Melati Belanda dengan media pot, yaitu pilihlah pot tananam dan media tumbuh sesuai dengan tanaman yang akan kita potkan. pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakan. bila pot dan media sudah dipersiapkan pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup.

(iii). Siapkan batu pecahan batu merah atau kerikil yang dimaksudkan untuk mengikat/ menyaring air di dasar  pot.          

(iv). Untuk campuran media tanamnya bisa menggunakan pasir, tanah, pupuk kandang atau bisa juga menggunakan Arang sekam padi, dengan perbandingan 1:1:1


(v). kemudian simpan bibit di tengah tengah pot dan seterusnya timbun bibit dengan campuran media tanam  tanah dan pupuk kandang / Arang sekam padi.


(vi). Tekan media perlahan lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. pot jangan disi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah ketika melakukan penyiraman.


(vi). Setelah tanaman dipotkan, siramlah tanaman secukupnya. dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakan pada tempat yang diinginkan, tapi diusahan simpan dulu ditempat yang lembab tapi ada sinar matahari selama beberapa hari untuk mempercepat pertumubuhan.


Tanaman Melati Belanda Sudah terlihat berdaun lebat
Perlu diingat : Untuk menanam Bunga Melati Belanda harus hati - hati, karena pohonnya tertekuk sedikit saja maka akan layu dan mati, berbeda dengan tanaman bunga lainnya.

Kalau sudah Tumbuh dan merambat apalagi sudah berbunga Bunga Melati Belanda ini sangat disukai oleh Burung Pipit dijamin dah selain Halaman Rindang dan Berbunga Burung pun datang Bersarang.
Melati Belanda sa'at berbunga, bagus dan wangi
Melati Belanda Saya sa'at berbunga, bagus dan wangi

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar