logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membedakan Ikan Lele LOKAL dengan Ikan Lele DUMBO dan cara membuat pepes ikan Lele

Sampurasun .... Rampes ... 

MANGYONO.com - Cara membedakan Ikan Lele LOKAL dengan Ikan Lele DUMBO dan cara membuat pepes ikan Lele. Hari Minggu kemarin kebetulan Sungai didekat sawah saya airnya surut, yang tersisa hanya di kubangan – kubangan dan ternyata setelah di Tawu (di buang airnya) ada ikannya walau tidak begitu banyak, ikannya itu ikan lele LOKAL bukan ikan lele DUMBO, memang sih jaman sekarang ini ikan lele LOKAL sudah mulai susah ditemukan, karena sudah tergantikan oleh ikan lele Dumbo.

Nah bagi orang awam membedakan antara Lele Lokal dengan Lele Dumbo cukup sulit, kalau cara membedakan Ikan sepat jantan dengan ikan sepat betina sudah sempat saya tulis di Blog Mang Yono ini namun bagi para pembudidaya ikan atau kalangan perikanan akan begitu mudah untuk membedakan kedua jenis lele tersebut. Bila dilihat sekilas lele dumbo dan lele lokal terlihat sama karena secara organ tubuh memang tidak ada perbedaan, khan namanya juga sama – sama Lele. Silahkan baca juga Cara membedakan Ikan Lele LOKAL dengan Ikan Lele DUMBO dan cara membuat pepes ikan Lele

Cara membedakan Ikan Lele LOKAL dengan Ikan Lele DUMBO
Perbedaan Ikan Lele LOKAL dengan Ikan Lele DUMBO 

Namun bila diperhatikan lebih seksama perbedaan tersebut dapat terlihat jelas, yang berbeda dari keduanya diantaranya yaitu pada warna kulit, kulit lele lokal berwarna hitam, abu-abu dan terkadang putih yang terdapat titik atau bintikibintik kecil sementara lele dumbo agak keunguan atau kemerahan dengan bintik lebih besar, dan ketika sedang stres atau kaget lele dumbo kulitnya akan berubah menjadi lebih loreng beda dengan lele lokal yang bila dalam keadaan setres tidak terjadi perubahan warna.

Perlu diketahui patil lele LOKAL mengandung Racun sedangkan Patillele Dumbo tidak tidak mengandung racun.

Ya sudah ah daripada ngomongin Pepesan Kosong, lebih baik kita langsung saja yuk bagai mana cara membuat masakan PEPES LELE.

-       Ikan lele , cuci bersih lalu potong menjadi 4 bagian
-       Belimbing wuluh 4 buah, potong – potong
-       Kelapa parut 100 gr
-       Kemangi 2 tangkai, ambil daunnya
-       Daun salam 3 lembar
-       Serai 2 batang, digeprek
-       Air jeruk nipis, 1 sdt
-       Garam secukupnya
-       Minyak goreng
-       Daun pisang

Bumbu yang dihaluskan atau di iris - iris ;
-       Bawang merah, 6 siung
-       Bawang putih, 3 siung
-       Cabe merah, 4 buah ( Tapi kalau punya anak kecil mendingan ini jangan pakai deh ya)

Cara membuat pepes ikan lele yang lezat :
cara membuat pepes ikan Lele
Cara membuat pepes ikan Lele
"Sobat malah tertarik ke tungkunya ya hehehe"
  1. Pertama – tama kita lumuri daging ikan lele dengan bumbu atau bisa juga dengan cara mengaduk – aduk dengan bumbu sampai ikan lele terbalut bumbu.
  2. Ambil dan siapkan daun pisang, Bungkus dengan daun pisang.
  3. Terakhir, panggang diatas bara api selama ± 30 menit sampai matang.
  4. Angkat dan sajikan, gampang khan, itu resep dari saya. Ups, Istri saya maksudnya hehehe.
    cara membuat pepes ikan Lele ala saya
    Waduh, sampai lupa mau jepret eh pepes ikan lelenya tinggal sedikit
    ya sudah jepret aja deh

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

waah, ternyata lele lokal mempunyai racun di patilnya, selama ini saya tahunya cuma makan aja, terima kasih Mang :)

Balas

Berarti pepes ikan lelenya enak banget tuh, orang sampai lupa jepret ya Mang ? Apa keburu laper ? He,, he, he,, buat ngiker aja nih si mamang :D

Salam

Balas

Anu pasti mah lele lokal jauh leuwih gurih nya mang..., mangtabz (~_~)

Balas

kalau ikan lele saya suka mang bikin nafsu makan saya bertambah nih hehe...

Balas

iya bang, berarti belum pernah dipatil lele ya? hehehe

Balas

hehehe iya mas, tapi pepes ikannya jadi rebutan anak - anak saya, biar dah dulukan anak - anak aja ya, khan bapaknya udah lama nyobain pepes ikan lele hehehe

Balas

betul sekali bah, ikan lele lokal lebih lejat lebih nikmat

Balas

berarti sama dong dengan saya, tapi saya tidak begitu suka pada lele dumbo, hehehe

Balas

dulu pernah mau nyoba ternak lele, tapi gagal..

pepes lelenya sangat menggairahkan saya jadi laper..hehe

Balas

Kata beja mah katanyah makan ikan lele bisa kangen terus sama indung si teu'eul ya mang hehe...

Balas

ikan lele lokal dan lele dumbo memang sekilas terlihat sama ya mang, secara mereka sama sama lele.
Namun jika di perhatikan secara seksama seperti penjelasan mang yono di atas. Bisa ketahuan perbedaan lele dumbo dan lele lokal

Balas

seingat saya ada satu lagi ciri fisiknya, yaitu kalo lele lokal patil nya gak bisa di lipat. jadi lebih mudah di tangkap. Sementara lele dumbo patilnya bisa di lipat menempel ke badan. jadi lebih sulit di pegang.
soal keampuhan patilnya, jelas lele lokal lebih manjur. Dah merasakan sendiri nancep di jari waktu berburu lele di sungai di sorowako sul sel. Ngilu nya kayak di sengat tawon. kalo lele dumbo, sampe robek robek jari tangan saya gak ada sakitnya blas. saat itu bersihkan lele dumbo hidup sebanyak 20 kg buat acara tasyakuran 17 agustusan

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger