logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot

Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot


Sampurasun ... Rampess.. Sudah sebulan saya melakukan pemisahan anakan Melati Belanda, terlihat dari postingan sebelumnya yaitu tanggal 25 Februari 2014 tentang Pemisahan anakan Melati Belanda. Kalau sudah tumbuh dan berbunga Bunga Ini sangat wangi Seperti pada postingan Cara Merawat Bunga Melati Belanda. Bunga Melati Belanda ini pohon dan bungannya berbeda jauh dengan Melati biasa. 

Karena sudah terlihat ada pertumbuhan tunas, jadi pot sementara tanaman melati belanda saya pindahkan ketempat yang panas, nantinya sih tanaman melati belanda ini mau saya tanam ditanah langsung, tanpa media pot.


Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot
Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot

     Suka dengan bunga melati Belanda? Bunga yang harum baunya yang merupakan bunga hias dengan pohon berbatang merambat.

Mungkin anda tertarik untuk membudidayakannya.Tetapi kendalanya tidak mempunyai halaman yang luas untuk menanamnya. adapun cara menanam bunga dibawah ini adalah tidak hanya terbatas pada pohon melati  Belanda saja, tetapi bisa diterapkan pada cara menanam bunga yang lain, contohnya: bunga ros, atau bunga bunga yang lainnya.
Penempatan tanaman  awal ditempat teduh
Penempatan tanaman  awal ditempat teduh


Nah dibawah ini adalah tata cara menanam bunga Melati Belanda dengan media pot :

(i). Yang pertama harus kita sediakan adalah Gula dan Kopi, ini selanjutnya diseduh pakai air panas, dan ini untuk menemani sa'at menanam bunga Melati Belanda, biar tidak mengantuk hehe.

(ii). Yang lebih utama dan harus diperhatikan untuk menanam bunga Melati Belanda dengan media pot, yaitu pilihlah pot tananam dan media tumbuh sesuai dengan tanaman yang akan kita potkan. pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakan. bila pot dan media sudah dipersiapkan pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup.

(iii). Siapkan batu pecahan batu merah atau kerikil yang dimaksudkan untuk mengikat/ menyaring air di dasar  pot.          

(iv). Untuk campuran media tanamnya bisa menggunakan pasir, tanah, pupuk kandang atau bisa juga menggunakan Arang sekam padi, dengan perbandingan 1:1:1


(v). kemudian simpan bibit di tengah tengah pot dan seterusnya timbun bibit dengan campuran media tanam  tanah dan pupuk kandang / Arang sekam padi.


(vi). Tekan media perlahan lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. pot jangan disi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah ketika melakukan penyiraman.


(vi). Setelah tanaman dipotkan, siramlah tanaman secukupnya. dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakan pada tempat yang diinginkan, tapi diusahan simpan dulu ditempat yang lembab tapi ada sinar matahari selama beberapa hari untuk mempercepat pertumubuhan.


Tanaman Melati Belanda Sudah terlihat berdaun lebat
Perlu diingat : Untuk menanam Bunga Melati Belanda harus hati - hati, karena pohonnya tertekuk sedikit saja maka akan layu dan mati, berbeda dengan tanaman bunga lainnya.

Kalau sudah Tumbuh dan merambat apalagi sudah berbunga Bunga Melati Belanda ini sangat disukai oleh Burung Pipit dijamin dah selain Halaman Rindang dan Berbunga Burung pun datang Bersarang.
Melati Belanda sa'at berbunga, bagus dan wangi
Melati Belanda Saya sa'at berbunga, bagus dan wangi


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

47 komentar

wah ternyata ada juga ya master bunga melati belanda. Di rumah saya bunga melati biasa kayaknya. Nggak pakai pot master soalnya pelataran rumah lumayan luas. Kalau pakai pot, pasti lebih rapi dan indah ya master ;)

Balas

Trik Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot Memang langka gan
dan baru kali ini sya dapat triknya di blog agan :D

Balas

Iyaa gan cara mencari bibitnya dimana yaaaa
hehehehe

Balas

Melati taunya yang putih doang, baru tahu ada melati Belanda...

Balas

Mang Yono memang pakarnya tanaman dan bunga banyak sekali
Artikelnya mengungkap tentang tanamanya, salut deh saya Mang :)

Balas

iya Mbak Master, ada loh melati Belanda, warnanya merah, kalau melati yang biasa itu rawan ulat ehhehe. Saya juga biasa ditanam ditanah langsung, berhubung ini ada yang mau beli ya ditanam dipot hehehe

Balas

iya gan, karena bunga melati belanda ini susah tumbuh dan jangan tertekuk pohonnya karena sedikit manja hehehe

Balas

biasanya bunga melati belanda ini ditukang taman banyak dijual sob hehehe

Balas

iya Mbak Tika, ini bunganya lebih banyak dan wanginya sama dengan melati biasa yang putih cuma kuntum bungannya berbeda warnanya juga berbeda

Balas

Iya kang, banyak yang nyebut saya Pa-Kar , karena nama saya Kar-yono dan sudah Tuwa, Jadi dibilang Pa-Kar ... hehehee

Balas

Melati belanda ini lebat sekali ya bunganya. :)

Balas

nah ini dia melati belanda. saya punya beberapa tanaman ini. tapi nggak tau ya apa namanya melati belanda apa bukan. yang pasti melati jenis aneh. ada di kebun. coba saya liat.

Balas

wew,, jadi tertarik,,
nyari bibitnya di mana yach mang...?

Balas

wah betul apa yg di katakan rondhi itu..

Balas

Mang Yono top dah pokoknya mang yono pakarnya tanaman. hehe

Balas

Sampurasun Mang,kumaha damang,,,,,,Tipsnya wajib ditiru nih untuk menanam bunga,persiapan pertamanya itu yang saya suka tuh,seapkan segelas kopi,hadeuhhh jadi hayang nyeruput kopi nih hahaha

Balas

mang kita barter yu...bunga bungaan yang banyak di halaman rumahnya terutama bunga melati belanda itu dengan sekeranjang ubi deh....yu

Balas

Sekali tepuk dua keuntungan dapet ya mang..
Punya bunga indah sama jadi dapet sarang burung :)

Balas

mantep kang, dulu di daerah saya juga banyak yang nanam bunga melati sampai ada yang borong tuh melatinya :D

Balas

wah, saya kalah sama mang yono, lebih rajin menanam.. xixixixi...

Balas

mangyono tukang kebun ya? :p saya perhatiin t banget ngurus tanaman :)

Balas

untuk tips yang nomer 1 ane kira itu bneran mang harus pake kopi nanemnya ...
mang yono orangnya pecinta tanaman ya.. jadi insprasi nih yang doyan berkebun :D

Balas

ternyata Mang Yono pencinta bunga juga ya :)

Balas

baru tahu aku kalo ada nama bunga melati belanda. pernah menanam tapi gak tau nama keturunannya.

Balas

sayang di rumah gak ada yang suka merawat bunga

Balas

iya kang, berbeda dengan melati biasa.

Balas

iya mas ini melati aneh, warnanya juga berbeda jauh dengan melati yang biasa dibuat campuran teh ....

Balas

silahkan di coba sob....

bibitnya ditukang taman pasti ada

Balas

cuma belajar menanam melati aja mas, sekalian mengisi hari libur hehehe

Balas

Rampes kang, Alhamdulillah sae.. Biar tidak ngantuk kang, kan bahaya kalau mau nanam bunga melati belanda, eh tiba - tiba mengantuk hehehe

Balas

mau sih mau kang barter, tapi saya bingung ngirimnya, harus sewa mobil nih hehehe

Balas

iya mas kalau suasana rumah penuh bunga rasanya adeem dan sejuk, apalagi ditambah kicauan burung liar hehehe

Balas

ternyata banyak yang budidaya ya sob, tapi itu mungkin melati biasa ya, yang warna bungannya putih hehehe

Balas

cuma belajar saja, duh jade geer saya diperhatiin terus hehehe

Balas

hahah kalau nanemnya pakai kopi nanti malah layu dan mati mas, biar gak ngantuk begitu mas heheeh.

ya mas , berhubung saya bukan orang sibuk jadi saya bikin kesibukan saja

Balas

lagi belajar mas, biar rumahnya adem dan sejuk heheh

Balas

iya Mbak Miz, bunga ini bagus dan wangi loh...

Nanti kalau mau nanem lagi, sebelumnya tanya dulu asal usul dan keturunannya ya hehehe

Balas

keluarga saya juga awalnya gak suka bunga mas, eh setelah melihat bunga itu menambah suasana rumah jadi asri dan sejuk, Istri saya setiap Arisan ibu - ibu pulangnya selalu bawa bunga buat ditanam eheheh

Balas

lagi suka nanam bunga kamboja .,


ada tipsnya gak.

Balas

Simak kemabali Mang tentang cara menanam bunga melati belandanya
Kalau boleh menta Mang benihnya, pasti boleh deh hhhh

Balas

wah bunga melati, belinya gak harus di belanda kan om?

Balas

mampir lagi nih Mang lihat-lihat bunga :)

Balas
avatar
sri wulandjari

Saya punya masalah dengan tanaman melati belanda semula tanaman kami itu subur dan berbunga banyak tp belakangan ini daunnya mulai menguning tidak subur dan tidak mau berbunga mohon saran trimakasih

Balas

bisa dapat vidonya tidak,,,,????

Balas

Awalnya sih nggak ngeh waktu mau cari tanaman rambat, sama Tukang Tamannya itu namanya Melati Fhilipin. Ternyata, wow banget ya. sewaktu kuncup berwarna putih bersih, ketika mulai bermekaran, warnanya merona kemerahan... bunga2 yang berjatuhan juga tetap wangi, dikeringkan utk aroma terapy...

Balas

trus untuk bibitannya.. pilih ranting yg gimna pak.. yg tua,, ato muda ato yg setengah tua?...di tancapin ke tanah hrs disiram tiap hari tidak pak?...

Balas

Mang yono.. saya baru beli 2 polybag melati belanda.. saya coba tanam dipekarangan, udah dikasih kawat2 penopang jg.. tapi yg satu seger dan mulai ada anakan.. yg satunya kok layu dengan daun yg menggulung dan melipat.. apa tanamannya stress ya kang? Apa yg hrs saya lakuin biar seger lagi? tingginya yg skrg msh seger 3meteran, tapi yg layu cuma 2 meteran itupun kupotong ujungnya karena kering. Catatan penyinaran cukuo dan penyiraman 1 s.d. 2x sehari tergantung ujan atau gak. Mohon saran.. terimakasih.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger