logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Panen padi akhirnya datang juga di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat 16 Maret 2014

Panen padi akhirnya datang juga di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat 16 Maret 2014


Sampurasun .... Rampes....  Panen padi akhirnya datang juga di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat Tanggal 16 Maret 2014. Blog Mang yono mau sedikit berbagi cerita tentang panen padi ya. Matahari belum lagi menampakan kegarangan panasnya, pagi itu sekitar pukul 5.30 WIB seorang bapak dengan wajah gembira tampak berjalan dengan semangatnya, sambil bersiul – siul tralala – trilili menuju sawah.

sawah.  

 

Dengan menenteng karung, sabit dan juga buntalan terselip dipunggungnya berjalan dengan senyum mengembang menuju sawah.


Panen padi akhirnya datang juga di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat 16 Maret 2014
Panen padi akhirnya datang juga
di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat 16 Maret 2014

 

Ketika saya tanya “ Euleuh – euleuh si amang mani sumanget kitu, isuk – isuk sudah pergi kesawah” Mungkin saking senangnya Panen padi telah tiba, karena padi disawah garapannya itu merupakan hasil dari ia bekerja selama 120 Hari dari menggarap tanaman padinya. Termasuk saya juga ikut senang, kenapa coba?, ya, karena saya juga ikut panen padi, walau sawahnya tidak seluas Mamang itu, tapi khan namanya panen juga, walau sebelumnya tanaman padi sawah saya ini terserang hama – hama pengganggu tanaman padi, dari mulai Keong Emas Yang merajalela di Pagaden Barat, dan seterusnya Keong mas dapat diberantas dengan cara saya ini, sampai dengan Hama wereng coklat dalam beberapa hari terakhir, tapi Alhamdulillah ....  Akhirnya padi saya ini bisa dipanen juga.



Panen padi akhirnya datang juga di Pagaden Barat
Panen padi akhirnya datang juga di Pagaden Barat 
Jepretan Tanggal 16 Maret 2014

meskipun daunnya banyak yang mengering, biar dah daunnya ini yang mengering, asal jangan buah padinya aja ya, khan saya bukan mau manen daunnya hehehe ... # Semprul hehehe. 


Jepretan Tanggal 16 Maret 2014
Jepretan Tanggal 16 Maret 2014

Bulan Nopember yang lalu padi mulai ditanam, dengan menggunakan cara TANJU menanam padi dengan cara maju, sekarang sudah bulan Maret jadi berapa hari coba umur padinya?. Ya, betul sekali sobat, umur padi jaman sekarang sekitar 120 Hari, termasuk hari minggu dan libur tetap buka hehehe. Nah untuk sistim panennya saya masih menggunakan Derep dengan Rumus 1 : 6 , yang artinya 1 untuk pemanen dan 6 untuk yang punya sawah, meskipun di daerah saya sudah ada sistim borong atau tebas, saya keukeuh menggunakan rumus ini saja, hitung – hitung berbuat baik kepada para tetangga, khan kasihan tetangga yang tidak mempunyai sawah, terus dia mau makan apa coba?.

Berhubung saya ini ada waktunya Cuma 1 hari, ya saya tampilkan poto hasil jepretan saya aja ya. 


Jepretan Tanggal 9 Maret 2014
Jepretan Tanggal 9 Maret 2014

Dan ini jepretan 2 minggu yang lalu, pas padinya masih hijau dikit.


Jepretan Tanggal 9 Maret 2014
Jepretan Tanggal 9 Maret 2014


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Wah panen euy..
Kelah Abdi ge nyusul di Cidahu, Pasawahan, Purwakarta. :D

Balas

asik tuh Kang padinya udah bisa dipanen, semoga membawa berkah deh :)

Balas

asyiknya panenan.. dibelakang rumah banyak sekali sawah mang tapi syang punyanya orang.. berisik banget deh tapi berisiknya asyik mereka happy ngerjainnya :)

Balas

saya paling suka kalau lihat pesawahan yang hijau terbentang mang bikin sejuk dan rileks kaya lagi berada di desa haha...

Balas

wah sudah panen ya
klu ad wktu visit back ya gan

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger