logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Paria Belut selain enak dimasak, bagus untuk tanaman hiasan didepan Rumah

Tanaman Paria Belut selain enak dimasak, bagus untuk tanaman hiasan didepan Rumah


Sampurasun ... Rampes ... Paria Belut merupakan satu tanaman yang pohonnya merambat dan harus dibuatkan paranggon atau tiang penopang, tanaman ini bagus untuk tanaman hiasan didepan Rumah, dengan buah yang menjuntai ke bawah dan panjangnya  kira – kira 50 Cm sampai dengan 1 Meter lebih dikit.

Paria yang tidak terasa pahit ini  bernama latin Trichosanthes cucumerina, katanya tanaman ini merupakan tanaman asli benua Asia.

Tanaman Paria Belut selain enak dimasak, bagus untuk tanaman hiasan didepan Rumah
Tanaman Paria Belut bagus untuk tanaman hiasan didepan Rumah

Tanaman Paria Belut ini tanaman berumur satu tahun atau lebih dikit, yang tumbuhnya menjalar dan merambat, bentuk daun dari tanaman ini yaitu menjari dengan bunga yang berwarna putih, permukaan buahnya belang - belang hijau dan putih, kalau sobat tidak percaya, silahkan lihat potonya yang saya jepret, dan langsung saya masukan ke Blog Mang Yono, blog yang tidak menarik dan semprul ini ... heheh


Tanaman Paria belut ini sangat mudah dibudidayakan dan tumbuhnya tidak tergantung pada musim, bisa ditanam pada musim hujan atau pada musim kemarau.


Paria Belut berbuah menjuntai dengan ukuran dan diameter yang beragam. Untuk menghasilkan buah yang lurus dan panjang, harus menggantungkan pemberat dengan cara diikat pada ujung buah, asal jangan terlalu berat saja pemberatnya ya... hehehe. Karena kalau tidak dikasih pemberat, nanti buahnya akan melingkar dan melilit seperti belut .
Tanaman Paria Belut bagus untuk tanaman hiasan didepan Rumah
Tanaman dan buah Paria Belut

 Paria Belut bisa dimasak dengan olahan lodeh, pecel, lotek, sayur, dikukus juga bisa, apalagi kalau dicocol ke sambel, woow mantab... hehehe.

Kalau didaerah sobat namanya apa ya?, mungkin namanya berbeda di tiap daerah.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

Akhirnya bsa Pertamax d Blog Mang Yono, siang Mang.... menarik Tanaman Paria Belutnya...

Balas

saya suka makan paria yg pendek pendek mang, tapi belum nyoba kalo paria yang panjang kaya gini :D

Balas

saya baru mengetahui jenis tanaman ini, thanks Mang menambah wawasan tentang flora dan fauna :)

Balas

Kalau paria yang pendek sering makan dan tau Kang, kalau yang ini sepertinya kurang paham kang Yono.
OK dah, makasih infonya Kang

Balas

jadi kalau tanaman paria belut ini tumbuhnya ke bawah ya bukan ke atas.

Balas

o jadi ini namanya belut paria ya ...eh salah paria belut.saya sering lihat tapi nggak tau namanya apalagi cara masaknya

Balas

Turut meramaikan artikelnya Mang Yono saja, simak paria belutnya
Saya baru sekali nyoba enaknya tumis paria belut itu Mang. makasih

Balas

kalau saya senengnya paria ini dikukus Mang Yono,enak buat coel sambel nasi liwet ikan peda haeuhhh jadi inget sama Ema ,,,( Almarhumah )

Balas

hiya juga bener ya paria belutnya bakalan unik kalau ditanam depan rumah, selain juga jadi rimbun gitu deh

Balas

saya malah baru dengar nama tanaman ini mas

Balas

Masak satu ajah bisa jadi banya ya he...

Balas

di tempat saya pare ulo namanya Mang...pare ular maksudnya. saya suka banget sayur pare jenis ini, ditumis pedas-pedas bersama teri

Balas

ini di kampung saya namanya pare welut mang, saya paling suka disayur :) tapi kalau sering2 bisa bosan ya mang krn di belakang rumah saya banyak banget dan panjang2, biasanya ujungnya diganduli batu kecil biar panjang, hehehe :D

Balas

Parai belut karena bentuknya panjang ya Mang ? Aku belum pernah nyoba makan sayur ini. Kalau pare biasa saya suka makan, sama gak ya rasanya Mang ? :D

Salam

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger