logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Tespong, lalapan orang Sunda

Tanaman Tespong, lalapan orang Sunda


Sampurasun ... Rampes ... Bagi orang sunda, termasuk saya, lalab sudah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari jaman nenek moyang hehehe.

 

Kalau dulu lalab merupakan bagian masyarakat pedesaan, tetapi sekarang sudah mulai di kenal oleh masyarakat perkotaan.

 

Lalab itu terdiri dari daun, pucuk, buah muda atau bji – bijian tanaman segar. Katanya kalau sering makan lalab atau sayuran mentah akan bermanfaat bagi tubuh, agar tubuh menjadi sehat dan bugar, eit, tidak Cuma itu saja, katanya lalab dapat menjadikan kulit makin halus dan indah, terutama bagi wanita ya hehehe.


Tanaman Tespong, lalapan orang Sunda
Lalapan Tespong, dan jengkol

 

Dan telah terbukti dari lalapan tertentu dapat meningkatkan gairah hehehehe. Dan lalab dapat menolong dalam menurunkan kadar lemak dalam darah yang berlebih.

 

Seperti Lalap Tespong, tau gak sobat, lalap yang satu ini, daunnya bergerigi menyerupai daun seledri namun agak kaku bila dibandingkan dengan daun seledri.

 
Tespong makin nikmat dicolekan ke sambel Goang
Apalagi sama jengkol ... hehehe

Kalau dimakan rasanya anget – anget semriwing apalagi kalau dicolek ke sambel, waw mantab... hehehe. Lalapan yang biasa dikonsumsi orang sunda banyak banget seperti, Tespong, Genjer, Pisang klutuk, Jantung pisang klutuk, Gunda dan masih banyak lagi.

 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

kl saya gak ngerti jenis2 tanaman, mang. di tempat saya mungkin namanya lain yah?

Balas

Belum pernah makan lalapan ini kayaknya Mang,
enak dan seger, kresss, oletin sambalnya
huuuah....siippp, mak nyuss..

Balas

Iya Mas Pri, namanya lain, tapi akhirnya namanya menjadi sama yaitu lalapan..:)

Balas

Kalsu ditempat saya namanya apa ya....yang jelas ini bukan rumput kan

Balas

Maknyus tenan Mas, jadi laper :D

Balas

Lalapan ini memang enak Mang, saya juga suka :)

Balas

ini yang asik dari orang sunda. kalo laper ga pernah repot. cukup bawa nasi dan sambel ke kebon udah beres

Balas

pertamaxnya laris manis.... nama lalapan berarti nama kesatuan ya mas Boku

Balas

Iya yah. Namanya Tanaman Tespong. Hmmmmmmm baru dengar saya nya juga/ Apa saya yang KUDET alias Kurang UpdeT. Taunya lalapan standar aja. Biasa ngemil Pecel Lele kan sudah satu paket sama Lalapannya. Ada timun, daun kemangi, timun dan sambel

Balas

Oenanthe javanica. Emang saudaraan sama seledri ini mah kang.
Botram kudu pisan aya lalapan tespong sareng sambel.

Balas

wah rasanya pasti mantap

Balas

nyari bibitnya di mana mang ? pengin nanam euy !

Balas

Bli dipasar sisa potongan bagian bawah tancepin aja ditanah..lihat yg udah pada mau kluaar akar. :) smg membantu.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger