logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik

Sampurasun … Rampess … 


Punya Dua anak atau lebih, pasti ada kecemburuan si Sulung pada adiknya untuk menangani anak sulung yang sedang cemburu, Membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di rumah sehingga kelihatannya masih mencari-cari perhatian  orangtuanya.



Namun, rasa cemburu itu mau enggak mau pasti ada ya, seperti si Sulung mengeluh sakit. Tapi begitu Si Ibue peluk dan ajak bercanda, dia bisa ketawa lepas seolah tak sedang sakit.



untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik
Gugum Gumilang ( Si Kakak 12 Tahun)
Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik. Apa yang harus dilakukan kalau si sulung mencari perhatian dengan berpura-pura sakit? Jangan sampai terlalu mempermasalahkan sakitnya, jangan pula mengatakan pada dia bahwa dia sudah berbohong dengan pura-pura sakit. 

Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik
Gigin Gumilar ( Si Adik 20 Bulan)


Alihkan saja perhatiannya dengan mengajaknya beraktivitas. Apa yang dikhawatirkan kalau si sulung terlalu diperhatikan ketika dia pura-pura sakit? Nanti dia terbiasa untuk menyelesaikan masalah dengan mengeluh sakit sehingga tidak belajar untuk menghadapi dan mengatasi masalahnya. 
Gigin Gumilar ( Si Adik 20 Bulan)




Termasuk dalam hal membagi perhatian pada dua anak, mengatur waktu untuk mengurus dua anak, mungkin Si sulung tidak bisa lagi bergerak sebebas dulu sebab adakalanya dia harus menunggu Ibuenya mengurus adik.

 
Ibue, Si Kakak dan si Adik
Ibue, Si Kakak dan si Adik

Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik dan tidak merasa tersisih, ketika Si Mamah menyusui si kecil, bisa saja mengajak anak sulung duduk di samping mamahnya sambil membaca buku bersama-sama. Atau ajak dia bercerita, mendongeng, membantu membersihkan pipi adik setelah selesai minum susu, membantu untuk mengambilkan celana adiknya, membantu memakaikan sepatu adiknya atau yang lainnya yang berhubungan dengan sang adik. Maka dengan memberikan peran pada sang Kakak untuk membantu mengurus adik akan muncul rasa sayang kakak terhadap adiknya.


Mang, Si Kakak dan si Adik
Mang, Si Kakak dan si Adik

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Betul sekali caranya.... jgn juga memarahi si kakak di depan adik...

Balas

OK deh Mamang Dokter, ehhh

Balas

si dokter emang cerdas :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger