Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik

Sampurasun … Rampess … 


Punya Dua anak atau lebih, pasti ada kecemburuan si Sulung pada adiknya untuk menangani anak sulung yang sedang cemburu, Membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di rumah sehingga kelihatannya masih mencari-cari perhatian  orangtuanya.



Namun, rasa cemburu itu mau enggak mau pasti ada ya, seperti si Sulung mengeluh sakit. Tapi begitu Si Ibue peluk dan ajak bercanda, dia bisa ketawa lepas seolah tak sedang sakit.



untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik
Gugum Gumilang ( Si Kakak 12 Tahun)
Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik. Apa yang harus dilakukan kalau si sulung mencari perhatian dengan berpura-pura sakit? Jangan sampai terlalu mempermasalahkan sakitnya, jangan pula mengatakan pada dia bahwa dia sudah berbohong dengan pura-pura sakit. 

Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik
Gigin Gumilar ( Si Adik 20 Bulan)


Alihkan saja perhatiannya dengan mengajaknya beraktivitas. Apa yang dikhawatirkan kalau si sulung terlalu diperhatikan ketika dia pura-pura sakit? Nanti dia terbiasa untuk menyelesaikan masalah dengan mengeluh sakit sehingga tidak belajar untuk menghadapi dan mengatasi masalahnya. 
Gigin Gumilar ( Si Adik 20 Bulan)




Termasuk dalam hal membagi perhatian pada dua anak, mengatur waktu untuk mengurus dua anak, mungkin Si sulung tidak bisa lagi bergerak sebebas dulu sebab adakalanya dia harus menunggu Ibuenya mengurus adik.

 
Ibue, Si Kakak dan si Adik
Ibue, Si Kakak dan si Adik

Kata Bu Dokter cara untuk mengatasi Si Kakak cemburu pada si Adik dan tidak merasa tersisih, ketika Si Mamah menyusui si kecil, bisa saja mengajak anak sulung duduk di samping mamahnya sambil membaca buku bersama-sama. Atau ajak dia bercerita, mendongeng, membantu membersihkan pipi adik setelah selesai minum susu, membantu untuk mengambilkan celana adiknya, membantu memakaikan sepatu adiknya atau yang lainnya yang berhubungan dengan sang adik. Maka dengan memberikan peran pada sang Kakak untuk membantu mengurus adik akan muncul rasa sayang kakak terhadap adiknya.


Mang, Si Kakak dan si Adik
Mang, Si Kakak dan si Adik
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar