logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur

Sampurasun .... Rampes ....  

Blog Mang Yono. Terong Kuning atau terong Peuheur mempunyai nama ilmiah yaitu Solanum indicum atau di daerah – daerah yang lebih tenar dengan sebutan terong ngor, terong pipit hijau, kalau di daerah Sunda biasa disebut dengan terong peuheur, tanaman ini sama dengan tanaman terong – terong lainnya cuma tanaman ini pada tanggkai buah memiliki duri, dan kulit buahnya alot, kalau dimakan peuheur banget/getir, ini merupakan tanaman buah yang bermanfaat sebagai tanaman Apotek Hidup untuk melarutkan lendir dan menghilangkan gatal di tenggorokan.

Cara budi daya tanaman ini mudah, yaitu dengan biji. Biasanya tumbuhan terong ini tumbuh liar, tapi bisa juga di budidayakan.


Terong Kuning ( Solanum indicum) atau terong Peuheur bahasa Sunda
Terong Kuning atau terong Peuheur bahasa Sunda
Kalau jaman dahulu jaman saya masih bayi, orang tua saya kalau memandikan saya biasanya menambahkan buah -buah terong kuning utuh ke dalam air hangat, ini berlaku juga bagi bayi - bayi lainnya, tujuannya untuk mencegah gatal-gatal pada kulit bayi, mungkin kalau sekarang cairan obat antiseptik yang dapat mengurangi resiko infeksi darah yang berbahaya pada anak - anak.

Berikut ini cara saya untuk memanfaatkan Buah terong peuheur yaitu, untuk Jerawat dan penyakit kulit, cara meraciknya cukup gampang sekali.

Petik buah terong kuning masak di pohon, lalu cuci bersih. Belah buah menjadi beberapa bagian, lalu tempelkan dikulit yang ada jerawatnya atau gatal dengan waktu beberapa menit saja tuh gatalnya akan hilang.


Kalau di kampung saya terong ini biasa dibuat lalapan, saya paling suka terong ini, bisa di colek ke sambel langsung atau bisa juga dibuat karedok terong peuheur, memang sih rasannya peuheur/getir tapi enak. Istiri saya malah membuat terong peuheur ini untuk dijadikan pepes terong peuheur yang dicampur nasi.


Terong peuheur masih muda
Terong peuheur masih muda

Terong peuheur yang masih muda atau berwarna hijau atau sudah sedikit kuning bisa juga di buat masakan Oseng – oseng, rasanya memang nikmat dan pas banget kalau dimakan dengan nasi pulen yang anget.

Kalau di daerah sunda, memang sih makanan atau buah – buahan yang asing di daerah lain juga bisa dibuat lalapan hehe ... Makanya ada yang bilang, orang sunda itu kalau dilepas dihutan kagak mungkin kelaparan .... hehehe


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

terong jenis ini memang enak untuk lalapan ya mang

Balas

betul sekali kang, ini bagi yang suka sih, karena buat lalapan terong ini sangat getir rasannya hehehe

Balas

aku punya tanaman terong itu di kebunku bang,,tapi aku takut yg mau memakannya,,takut beracun bang,,,

Balas

Mbak Dwi, heheh nggak beracun tuh cuma rasanya yang getir..

yang beracun itu kecubung, pohonnya memang mirip, tapi buahnya lain hehhe

Balas

hmm info yang menarik, belum pernah makan terong kuning sama sekali pak.

biasanya suka makan terong ungu yang dimasak balado

Balas

kalau jenis terong ini memang bulet-bulet ya kang ?

Balas

Terong Kuning memang enak banget kalau di makan dengan menggunakan nasi dalam keadaan hanat, apalagi kalau menggunkan sambal ya Kang. Mantap dan pengen nambah lagi. :D

Salam wisata

Balas

kalau didaerah saya aq belum ketemu terong yg kayak gitu sih mas,taunya terong yg panjang2saja.apa manfaatnya juga sama sama terong kuning ya?

Balas

Tidak seperti biasanya nih terongnya, biasa warnanya itu ngga kuning tapi agak ke ungu2an :)

Balas

wah kucubung berbahaya Mang,yang makan buah kucubung bisa jadi kaya orang stress hehehe

Balas

Karedok terong mantap Mang,,,,,,tapi biasanya menggunakan terong hijau,kalau terong kuning hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengkonsumsinya,soalnya peuheurnya itu yang membuat mereka kurang menyukainya,,,,

Balas

wah... ternyata terong kuning juga bisa jadi obat jerawat bdan penyakit kulit yia bos... baru tau saya, thx informasinya yia bos...l

Balas

ini bagi yang suka lalap aja mas, karena rasanya ketir

Balas

Betul mas, terong peuheur ini bulet dan kecil

Balas

betul sekali mas, tapi karena rasa dari terong kuning berbeda dengan terong lainnya, banyak orang yang tidak suka juga ehhehe

Balas

Manfaat terong yang lain tidak sama dengan terong kuning mas

Balas

kalau warnanya kuning, berarti namanya terong kuning..
kalau warnanya ungi berarti namanya terong ungu mas

Balas

betul sekali kang, kalau karedok terong kuning hanya orang - orang yang suka saja...

Balas

betul sekali sob, terong ini bisa buat obat jerawat atau gatal - gatal

Balas

selain enak buat lalapan terong kuning bisa buat obat gatal-gatal juga ya Mang....

Balas

Alm Bapa saya paling suka sama lalaban termasuk terong :)
bener kang kalau orang sunda dilepas dihutan ga akan kelaparan karena doyan lalab apalagi kalau ditemenin sama sambel :)

Balas

Mang,didepan rumah banyak terong peuheur,tp sy gak doyan,soalna teu enak rasana..hehehe.. Salam kenal nya mang pribados (urang ciamis)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger