Cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung

Sampurasun .... Rampes .... 

Blog Mang Yono. Cara memindahkan Bakalan bonsai Serut ke Alam terbuka alias tanah langsung tanpa menggunakan pot, sangat gampang sekali bagi yang sudah biasa. Berhubung saya baru dalam pembelajaran tanam – menanam tanaman, jadi sedikit ragu – ragu apakah akan tumbuh atau malah tewas seketika heheh.

Langkah – langgkah yang saya lakukan, untuk memindahkan bakalan bonsai serut ke alam terbuka alias tanah langsung tanpa menggunakan pot yang saya lakukan, mungkin berbeda dengan, para master bonsai atau master tanaman lainnya.  Sebelumnya sya pernah menulis tentang Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4  setelah saya mencoba Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper).

Cara membindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung
Bakalan Bonsai Serut
Di bawah ini akan saya sedikit jelaskan tentang cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung, dengan cara yang benar dan cara yang salah. Jadi langkah – langkah untuk memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung, cara - caranya harap diperhatikan dengan benar, jangan sampai melakukan cara yang salah seperti yang saya jelaskan dibawah.
Ini bakalan bonsai serut masih di pot
Ini bakalan bonsai serut masih di pot
Berikut caranya, untuk memindahkan bakalan bonsai serut ke alam terbuka alias tanah langsung tanpa menggunakan pot :
1.    Langkah pertama seperti biasa siapkan gula kopi dan diseduh dengan air panas, ini untuk menemani menanam bakalan bonsai serut ke tanah langsung hehehe.
2.    Siapkan lahan atau tempat yang cocok untuk menanam Bakalan bonsai serut, jangan sampai dikemudian hari tanaman ini akan pindah ketempat lain, karena mengganggu bagi tanaman lain. Seperti saya ini, lokasi untuk menanam bakalan bonsai serut adalah bekas Tanaman cangkokan lengkeng yang waktu itu saya tanam di tempat ini, tapi setelah saya pikir – pikir nanti malah tanaman lengkengnya mengganggu tanaman lain, ya tanaman lengkengnya saya pindah ke belakang Rumah saya hehe.
3.    Gali tanah menggunakan cangkul atau alat lainnya, asal jangan menggunakan tangan langsung nanti malah dikira kucing mau membuang harta karun hehe. Lubang untuk tanaman ini kira – kira 30 x 30 Cm sudah cukup.
4.    Setelah lubang atau galian tanah selesi, masukan humus atau arang sekam padi, kalau saya pada penanaman awal jarang menggunakan pupuk kandang, karena pupuk kandang tersebut akan menimbulkan panas, tanaman tersebut daunnya kan menguning, nanti saja kalau tanamannya sudah umur 1 bulan atau 2 bulan, baru boleh menggunakan pupuk kandang.
5.    Belah pot tanaman yang akan dipindah, ini untuk mempermudah pengambilan akar dan tanah tanaman tersebut, kalau di cungkil nanti kemungkinan besar malah akar dari tanaman tersebut akan terputus, kalau perakaran tanamannya sudah banyak sih tinggal disiram setelah basah langsung dicabut juga bisa.
6.    Letakan tanaman tersebut pada galian tanah yang sudah dibuat tadi, usahakan posisi tanaman berada di tengah galian dan posisinya tegak.
7.    Timbun dengan tanah galian dengan perlahan – lahan dan hati – hati, sampai tanah tersebut rata dengan tanah disekitarnya dengan sedikit dipadatkan
8.    Setelah selesai penanaman, langsung disiram sampai tanah tersebut basah.
Cara membindahkan tanaman dari pot ke tanah
Nah, cukup mudah khan cara untuk memindahkan bakalan bonsai serut ke tanah langsung, mungkin semua orang juga bisa, yang terpenting, jangan ragu atau terlalu memikirkan apakah tanaman akan hidup atau malah mati, memang sih dalam menanam tanaman kemungkinannya ada dua yaitu, tanaman yang kita tanam akan hidup atau malah sebaliknya, tanaman tersebut malah mati.

Kata orang sih, katanya yang mempunyai tangan panas setiap menanam tanaman apa saja akan mati, tapi saya tidak percaya itu, karena dalam menanam tanaman itu tidak ada tangan panas atau tangan dingin, mungkin yang menanam tanaman terus tanaman tersebut mati. Kemungkinan besar dalam menanam tanaman kurang hati – hati atau dalam penanamannya sedikit ceroboh. 

Berikut cara – cara yang salah dalam menanam tanaman atau memindahkan tanaman ke tanah, misalnya: 
a.    mengikuti langkah pertama, siapkan gula dan kopi terus diseduh dengan air panas terus air kopi tersebut malah di siramkan ke tanaman yang akan dipinda, ya jelas dong tanaman tersebut akan mati hehehe.
b.    Langsung mencabut tanaman yang akan dipindah, dengan ceroboh, tanpa membasahi tanah disekitarnya, kemungkinan besar akar tanaman yang dicabut tersebut akan terputus dan tertinggal.
c.    Menanam tanaman yang sudah berakar tanpa menggali tanah terlebih dulu, seperti menanam singkong, kemungkinan besar tanaman yang ditanam akan mati hehehe.
d.    Meletakan tanaman pada galian tanah yang dibuat tanpa menimbun kembali, ini juga langkah yang salah, dijamin tanaman tersebut akan roboh dan tanamannya akan mati.
e.    Setelah penanaman selesai malah menyiram tanaman tersebut dengan air mendidih, dijamin tanaman tersebut tidak akan tumbuh.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar