logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membuat Opak Singkong dengan ditumbuk atau diparut

Sampurasun ... Rampes ...


Blog Mang Yono. Berhubung saya orang kampung yang suka tanam menanam tanaman, kebetulan mertua punya kebun singkong, banyak sih tidak, tapi lumayan deh buat nambah – nambah kesibukan dan membuat camilan dengan bahan dasar singkong. Sebelumnya saya menulis Cara Membuat Dage Biji Karet Untuk Di Konsumsi dan Cara membuat masakan Loto dari daun talas

Nah, Kebetulan tadi ada kegiatan membuat Opak singkong, jadi saya akan sedikit berbagi tentang cara membuat opak singkong.

Cara membuat Opak Singkong dengan ditumbuk atau diparut

 

Yuk kita simak Cara membuat Opak Singkong dengan ditumbuk atau diparut. Ini yang membuat Opak Singong adalah anak - anak, termasuk anak saya dan tetangga

Opak Singkong dengan ditumbuk
Anak - anak, termasuk anak saya dan tetangga sedang membuat Opak



Siapkan bahan – bahan yang diperlukan seperti :

* 2 KG singkong
* 6 buah bawang merah iris halus
* Daun seledri secukupnya iris halus
* Daun bawang secukupnya di iris halus
* Garam secukupnya
* Cabai merah secukupnya, haluskan.


Anak saya sedang membuat opak singkong
Anak saya sedang membuat opak singkong


CARA MEMBUAT:

1. Kupas singkong dan cucui sampai bersih, setelah itu langsung dikukus sampai matang

2. Haluskan singkong kukus di campur dengan irisan bawang, garam dan cabai merah, aduk sampai tercampur rata. 
3. Tambahkan irisan seledri dan daun bawang, aduk kembali sampai rata.
dan buat bulatan - bulatan yang hampir sama besarnya untuk dgepengkang



Bulatan untuk digepengkang

3. Aduk  adonan dan cetak sesuai selera, lalu jemur sampai kering setelah itu goreng dalam minyak panas.




Itu diatas cara membuat opak singkong dengan cara ditumbuk, kalau ini dibawah saya ada cara membuat opak singkong dengan cara di parut.

Yuk ita simak Resep Opak Singkong dengan cara diparut.


Bahan yang diperlukan:
2 kg singkong, kupas lalu parut
5-8 siung bawang putih
5-8 siung bawang merah
5-8 sdt ketumbar
5-8tangkai daun sledri,potong halus.
garam secukupnya
1/2 -1 sdt lada bubuk.
1/2- 1 sdt Gula pasir

Cara membuatnya:
1. Bawang merah,bawang putih,ketumbar dn garam giling sampai halus, boleh diule, ditumbuk atau diblender.
2. Campurkan semua bumbu dalam singkong yang sudah di parut. Jangan lupa lada halus,daun sledri dan gula pasirnya. Aduk sampai rata.
3. Setelah adonan menyatu, ambil seukuran kepalan tangan, lalu buat menjadi tipis-tipis dgn menggunakan botol atau alat lain.
4. Siapkan air dalam panci untuk mengukus opak,masak air sampai mendidih,nyalakan kompor dgn api kecil atau sedang. Adonan yg sudah ditipiskan diletakkan dlm tutup panci lalu tutup panci.
5. Biarkan 2-3 menit lalu angkat tutup panci dan lepaskan adonan opaknya,lakukan hal yg sama sampai adonan habis dn selesai dikukus. Lalu jemur smua opak di sinar matahari. Bila sudah kering, goreng dlm minyak panas. Emmh jadilah opak singkong Anak - anak dan tetangga.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

OPak! nah, ini makanan kesukaan IShmah:)

Balas

Opak Singkong kalau di olah dengan proses minyak yang baik jadi enak dan menyehatkan ya Mang, dan tentunya ini menjadi makanan tradisional Indonesia yang kaya akan nilai gizinya.

Salam

Balas

Dulu ibu saya juga suka bikin opak singkong mang, sewaktu masih punya tanaman singkong, cuma sekarang udah lama banget gak pernah nanam singkong lagi soalnya semuanya udah punya kesibukan masing-masing :)

Balas

wah tiap berkunjung ke blog mang yono pasti wawasan saya nambah. Kini jadi tau cara bikin Opak Singkong

Balas

opak itu apaan mang?
sumpah baru denger sekarang :3

Balas

Bagus sekali kalau suka Opak Ishmah, karena opak banyak Gizinya hehe

Balas

Betul sekali mas, semua masakan kalau di olah dengan baik maka akan menghasilkan makanan yang menyehatkan, kalau pengolahan yang salah malah kebalikan dari menyehatkan ya mas

Balas

Iya kang, waw hebat nih si akang sekarang sudah jadi Orang kota mungkin ya kang

Balas

Cuma sekedar berbagi yang saya tahu aja mas, semoga bermanfaat ya mas hehehe

Balas

opak ya opak, mirip - mirip erupuk, tapi ya gitu deh

Balas

Bagaimana hasilnya pak? Lebih bagus ditumbuk apa di parut?

Balas

Permisi mau nanya ,singkongnya itu emang dikukus di tutup pancinya ya pak atau di dalam kukusan itu ?

Balas

Opak singkong adalah cemilan kesukaanku, jadi pengen buat sendiri dirumah, ternyata mudah ya membuatnya.Terimakasih resepnya

Balas

Pa yono untuk hasil opak yg lbh maksimal itu baik nya di halus kan atau di kukus pa?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger