Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia

Sampurasun ... Rampes 


Blog Mang Yono. Kabupaten Subang merupakan daerah penghasil batik yang baru. Batik Subang sekarang sedang dalam proses pengembangan. mulai dari pengembangan motif dan pengembangan teknik pewarnaan. Salah satu motif khas dari batik Subang yaitu, batik bermotif nanas atau yang biasa disebut dengan batik ganasan. Sebelumnya saya pernah nulis tentang Batik dari daerah Subang, Jawa Barat

Batik Subang ada sejak ditetapkan  Batik sebagai Warisan Budaya  milik Indonesia oleh UNESCO tahun 2009 lalu, akhirnya batik semakin berkembang. Perkembangan tersebut juga terjadi di kabupaten Subang, Jawa Barat. Meskipun kabupaten Subang tidak memiliki budaya dalam pembuatan batik, tapi kini di Subang juga mulai mengembangkan motif batik dengan ciri khas Kabupaten Subang, seperti batik ganasan. Menggambarkan ciri khas wilayah Subang, diantaranya motif batik ganasan yang terinspirasi corak buah nanas yang merupakan buah khas Subang. Adapula motif sisingaan, daun teh, kupu - kupu dan lain – lain yang menggambarkan flora, fauna dan kekayaaan budaya yang menjadi ciri khas wilayah Subang. 

Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia.
Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia. Sumber Foto www.kotasubang.com


Salah satu pelopor pengembangan batik di Subang adalah Arves Batik, yang berlokasi di daerah Cinangsi, Kecamatan Cibogo, Subang. Bicara industri batik lokal, tidak semata bicara bisnis. Ada nilai lain yang jauh lebih penting, seperti nilai budaya, kebanggan atau nasionalisme dan ekonomi itu sendiri. Dalam ukiran batik, ada nilai-nilai kebanggaan atas potensi daerah yang dimiliki misalnya kabupaten Subang.



Batik ganasan adalah motif yang sangat mungkin untuk lebih dikembangakan dan dapat menjadi motif batik  identitas Subang. Motif Ganasan bisa berupa corak kulit nanas, bentuk buah nanas ataupun bentuk daun nanas.

FOTO : Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia
 FOTO : Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia



Batik Subang juga pernah diangkat dalam acara “Mata Lensa“ yang ditayangkan di ANTV. Kekhasan batik Subang ada pada warnanya, lebih terang dan eksperiental. Silahkan saja lihat sendiri poto – poto berikut ini yang diambil dari youtube acara mata lensa dengan model - model asli dari Subang dan dijepret oleh potografer Subang dengan lokasi jepretan di daerah Subang, iya khan. Batik Subang memiliki khas dalam hal pemaduan warna. Pembuatan batik di Subang dibuat dengan tekhnik membatik tradisional.

Pegawai/pejabat Subang setiap Rabu mengenakan pakaian batik. Tapi sayangnya, Batik khas subang belum dijadikan pakaian batik yang hari Rabu dipakai, padahal hitung – hitung sebagai bagian dari sosialisasi dan promosi batik lokal.



Batik Subang


Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia. Sumber Foto www.kotasubang.com


Jika Bapak Bupati yang terhormat berani mengeluarkan instruksi, pejabat harus menggunakan batik khas Subang, ini memiliki nilai kebanggan sekaligus promosi.
 

Alangkah lebih bijaknya, gerakan cinta batik Subang itu diawali dari pejabat. ... Betul Tidak?.

Tanpa ada bantuan pada pemasaran, dan atau permodalan dari pemerintah khawatir produksi batik Subang akan bernasib sama dengan produksi Rumahan lainnya yang diakhiri gulung tikar.


Ya sudah lah .....
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar