logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memperbanyak Sirih merah dengan cara merunduk

Sampurasun.... Rampess.. 

Masih Tentang Bunga, kali ini  Blog Mang Yono akan menulis tentang Cara memperbanyak Sirih Merah dengan cara merunduk atau istilah kerennya Layering, cara ini bisa juga dilakukan pada tanaman Sirih Hijau, tapi saya akan mempraktekan pada tanaman Sirih Merah karena tanaman ini sulit untuk tumbuh bila dibandingkan dengan sirih hijau. 

Memperbanyak sirih merah atau sirih hijau Secara Globalnya sudah saya tuliskan di Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau di postingan itu saya tuliskan ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak sirih merah atau sirih hijau yaitu dengan cara stek, cara stek air, cara mencangkok dan cara merunduk. Nah, Tulisan ini untuk memperlengkap saja dengan disertakan Gambar – gambar pada saat perundukan dilakukan. Mengingat sirih merah ini banyak manfaatnya, jadi kita wajib mempunyai tanaman ini, sebagai Apotik hidup, dulu di awal ngeblog saya pernah nulis juga tentang Sirih Merah Serta Manfaatnya.

Cara memperbanyak Sirih merah atau sirih hijau dengan cara merunduk
Cara memperbanyak Sirih Merah dengan cara merunduk

Tujuan dari  perundukan adalah merangsang (menstimulasi) terbentuknya akar atau tunas sebelum dipisahkan atau dipotong dari induknya. Tanaman Sirih Merah saya ini awalnya saya dapatkan dari pulau Bangka, pas saya berkunjung ke Bangka Botanical Garden, tapi karena ada yang minta tidak bilang - bilang dan tidak ada yang nyiram, Sirih merah saya mati dari akarnya, padahal sudah tinggi sekitar 6 meteran lebih, dari tanah saya rambatkan ke teras lantai 2.  Kalau mau lihat Gambarnya silahkan Klik Disini. Tapi untungnya masih ada batang / ruas yang masih segar, dan saya tanam kembali akhirnya hidup kembali.

Untuk tahap - tahap merunduk dapat dipraktekan seperti cara saya ini, anda - andini silahkan untuk menyimaknya:
1. Siapkan Tanaman Sirih Merah yang mau dirundukan, pilih tanaman yang sehat dan pertumbuhannya subur, karena akan mempercepat tumbuhnya akar pada rundukan yang dibuat. Seperti Gambar 1. dibawah ini.

Gambar 1. Memilih batang yang bagus dan subur
Gambar 1. Memilih batang yang bagus dan subur

2. Gemburkan tanah disekitar tanaman sirih indukan  untuk merunduk, tapi para master kebanyakan menggunakan  polybag atau pot yang sudah diberi media tanam untuk merunduknya. Tapi cara saya ini tanpa menggunakan pot atau polybag. Saya melakukan tekhnik rundukan ke tanah langsung dengan menambahkan atau menggemburkan media tanah disekitar tanaman indukan, lalu gali dengan kedalaman terserah, kalau saya menggali tanahnya kira – kira 5 x 5 Cm juga sudah cukup. Seperti Gambar 2  dibawah ini.

Gambar 2. Menggemburkan tanah dan membuat lubang
Gambar 2. Menggemburkan tanah dan membuat lubang

3. Rentangkan sulur tanaman Sirih Merah, kemudian tanam ruas - ruas batang yang berakar dengan dirundukkan pada lubang yang sudah dipersiapkan. Untuk menjaga kegagalan pilih 2 ruas atau 3 ruas yang di masukan ke lubang. Seperti Gambar 3 dibawah ini.

Gambar 3. Merundukan ruas - ruas Sirih Merah pada Lubang
Gambar 3. Merundukan ruas - ruas Sirih Merah pada Lubang

4. Timbun ruas yang dilubang galian tadi dengan menggunakan tanah yang subur, boleh juga ditambahkan humus atau arang sekam padi. Seperti Gambar 4 dibawah ini.

Gambar 4. Menimbun ruas - ruas Sirih Merah pada lubang
Gambar 4. Menimbun ruas - ruas Sirih Merah pada lubang

5. Kemudian siramlah tanaman tersebut sampai tanah tersebut basah. Dan lakukan penyiraman rutin, apabila media tanah rundukan masih basah tidak perlu disiram.  Seperti Gambar 5 dibawah ini.

Gambar 5. Melakukan penyiraman setelah perundukan selesai
Gambar 5. Melakukan penyiraman setelah perundukan selesai

6. Setelah umur rundukan  1 bulan – 2 bulan, pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman Sirih Merah atau Sirih Hijau sudah mulai banyak dan kuat. Selanjutnya bibit  Sirih Merah atau Sirih Hijau yang dirunduk  sudah dapat dipisahkan, dengan cara digali dan dipotong ruas yang tersambung ke indukannya. Kalau mau lihat Gambar 6. nantikan pada Artikel selanjutnya ehehehe..

..... Bersambung ...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

Boleh juga nih cara memperbanyak sirih merah dan sirih jijau, kebetulan di rumah saya banyak mas.

Salam

Balas

Sip deh kayak nya ini bisa dicoba deh..
mkasih ya mang :)

Balas

Agak sulit juga ya kang, tapi ditunggu episode selanjutnya :D

Balas

melihat tanaman sirih saya jadi ingat almarhum nenek saya dulu mang yg suka nanam sirih sama saya waktu kecil utk nyepah nenek hmmm :D

Balas

Teknik penanaman yang unggul ini Kang terbukti nantinya daunnya juga makin banyak ya Kang :)

Balas

langsung praktek ah besok, kebetulan tetangga saya nanam sirih merah :)

Balas

Wah ini bikin daun sirih makin subur mas, memang perlu dipupuk alami juga buat penyuburannya.

Apalagi banyak manfaat daun sirih itu bila dijadikan herbal, makasih ya?

Balas

silahkan dipraktekan mas cara memperbanyak sirih merah dan sirih hijaunya

Balas

silahkan dicoba mas cara memperbanyak sirih merahnya ... terimakasih ... sama - sama mas

Balas

sulit tapi mengasyikan mas ...

episode selanjutnya, nanti ya 2 bulan lagi eheheh

Balas

iya Juragan, tapi yang buat nyepah itu sirih hijau ya, kalau sirih merah gak akan kuat pahitnya ehheeh

Balas

ini buat merunduk saja kang nanti kalau akarnya sudah banyak batangnya dipotong dan dipisahkan dari tanaman induknya

Balas

nah kalau tetangga punya tekhniknya pakai pot aja kang, biar bisa dibawa tanpa menggali tanah dan akarnya lagi setelah umur 2 bulan

Balas

ini buat memperbanyak/pembibitan saja mas, kalau sistim stek kemungkinan besar gagal, kalau tekhnik rundukan jarang yang gagal.

Balas

dulu di kampung saya juga di setiap pekarangan rumah pasti ada pohon sirihnya, saya baru tahu ternyata sirih juga bermacam-macam jenis dan ternyata sirih merah ini banyak sekali manfaatnya ya mang,

Balas

jadi kangen nenek saya nih karena paling suka daun ngunyah sirih,sayang sekarang dah almarhumah

Balas

cara layering ini mirip2 dengan stek ya pak..., asyik juga kalao dipekarangan banyak tanaman yg multiguna...bisa jadi apotik hidup....
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Balas

saya belum keturutan mempunyai sirih merah Mang, padahal keinginan sudah sampai di ubun-ubun hehe

Balas

Kalau saya biasanya motong dahan yang ada akarnya trus langsung taruh ditanah.

Balas

wah kebetulan kemarin adik saya baru minta bibit sirih merah ini mang.. dan cuma satu batang saja. bisa di praktekan nih tips dari mang yono biar sirih merahnya cepat bertambah banyak.. makasih tips nya mas...???

Balas

wah jadi masih bersambung nih ceritanya mang..? :D

Balas

betul sekali mas, sirih merah ini biasa di buat sabun sirih hehehe..

dan harga sirih merah lumayan mas, harga daun perlembarnya bisa dihargain Rp. 5000. Karena banyak yang cari... sebelumnya saya punya yang besar pohonnya, sering ada yang beli, saya tidak patok harga sedikasihnya saja dengan catatan yang metik daunnya tuan rumah hehehe, gak dikasih juga gak apa, tapi tetep ada juga yang ngambil secara diam - diam alias nyolong daunnya dan pohonnya mati

Balas

kalau sirih buat nyepah itu sirih hijau ya mas, kalau sirih merah buat nyepah gak bakal kuat karena pahitnya itu hehehe.

Balas

betul Bang, tapi kalau layering atau dirunduk itu batang ke indukan tidak dipotong tetap nyambung nanti akarnya akan tumbuh.

kalau stek khan dipotong dulu baru ditanam,

Biar gak jauh nyari bang hehehe

Balas

cepet laksanain mas, karena sirih merah banyak manfaatnya dan banyak yang nyari buat obat, tapi ingat kalau sudah nanem jangan ada orang yang ngambil daunnya tanpa sepengetahuan kita, nanti malah mati sirihnya hehehe

Balas

begitu juga bisa mbak, saya juga nanem awalnya begitu, bawa dari Pulau bangka cuma sejengkal.

tapi kebanyakan nanam secara stek begitu kebanyakan gagal, seperti tetangga - tetangga saya kalau minta daunnya suka minta dahannya katannya mau ditanem, tapi gak ada yang tumbuh satu pun hehehe.

Tapi dengan cara rundukan begini kemungkinan besar akan berhasil, karena dahan ke batang pokoknya tidak dipotong.

Balas

silahkan mas dipraktekan biar tambah banyak pohonnya, karena harga daunnya juga perlembarnya lumayan mahal dan banyak yang nyari buat pengobatan

Balas

wah jadi tambah banyak ya master sirih nya, jadi lebat deh nantinya :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger