Cara memperbanyak Bunga Soka dengan cara stek batang

Sampurasun.... Rampess.. 

Masih Tentang Bunga, kali ini Blog Mang Yono akan menulis tentang Cara memperbanyak atau menyemai bunga Soka dengan cara stek batang. Bunga Asoka  banyak orang yang menyebut dengan bunga Soka, sebelumnya saya pernah menulis tentang Indahnya Taman Dengan Bunga Asoka Yang Memikat Hati. Silahkan baca – baca dulu tentang Bunga Soka.

Mungkin sobat – sobat sudah pernah melihatnya tapi tidak tahu namanya, atau malah sebaliknya sudah pernah mendengar namanya tapi belum pernah melihat bunganya... Seperti tuyul, sayah sudah tahu namanya tapi belum pernah melihatnya, kalau Tuyul dan Mbak Yul sih sudah pernah melihat di Tivi heheh, mungkin Asoka juga pernah melihatnya di tivi yaitu Filem dari India yang di perankan oleh kembaran saya heheh...   

Bunga Soka di halaman Rumah saya sebagai bibit

Nah, untuk memperbanyaknya sedikit gampang – gampang susah, tapi kalau menurut para mastah – mastah mungkin cara meperbanyak Bunga Soka sangat gampang sekali, Bunga Soka ini awalnya di dafat dari temen arisan istri saya, mungkin waktu itu istri saya tergoda dengan indahnya Bunga Soka ini, dan tidak sengaja memotes bunga bersama batang pohonnya sedikit, sampai dirumah tuh bunga soka diletakan di meja Ruang tamu, secara diam – diam saya ambil dan saya tanam ditempat tersembunyi hehehe. Dua hari kemudian istri saya nanya kemana bunga yang di letakan di meja, saya jawab sedang saya awetkan biar bisa bertahan lama bunganya. 2 bulan kemudian saya lihat batang bunga soka yang ditancapkan ditempat tersembunyi dan rahasiah ke halaman, ternyata pengawetan bunga saya berhasil dan dibatang bagian bawah tumbuh serabut akar. Langsung saya memindahkannya ke Halaman depan.

Bagi anda – andini yang ingin tahu cara memperbanyak bunga soka dengan stek batang, ini ada cara dari saya, meskipun cara ini agak sedikit sulit berhasil, tapi alangkah baiknya kita mencobanya terlebih dahulu, sebelum menyerah tanpa sebab, seperti pepatah mengatakan "Kegagalan adalah awal dari keberhasilan" ... Betul Tidak?.
(1). Potong bagian batang atas dari bunga soka, kira – kira 3 – 10 Cm dari pucuk, dengan menggunakan pisau atau gunting yang tajam dan bersih ( pisau dan guntingnya jangan bekas memotong terasi atau bawang, cabe .. heheh) cara memotongnya seperti Poto (1) dibawah ini 
Poto (1). Potong bagian batang atas dari bunga soka, kira – kira 3 – 10 Cm dari pucuk
Poto (2). Memotong batang atas dari bunga soka untuk disemai
(2). Setelah serasa cukup banyak atau cukup untuk uji coba, pilih batang yang bagus dan tidak terserang hama, jangan sampai penyemaian nantinya akan gagal oleh batang yang terkena hama. Seperti Poto (2)  dibawah ini
Poto (2). Memilih batang dan daun Soka yang bagus dan tidak terserang hama
Poto (2). Memilih batang dan daun Soka yang bagus dan tidak terserang hama

(3). Pilih lokasi untuk menyemai Bunga Soka, dan usahakan ditempat terlindung dari sinar matahari, atau ditempat lain tapi nantinya melakukan penutupan dengan menggunakan pelastik hitam, atau benda lainnya yang bisa untuk menaungi persemaian Bunga Soka. Seperti biasa sambil mengolah tanah untuk persemaian, tambahkan arang sekam padi, pupuk kompos, abu gosok atau bahkan daun daun yang dipotong pilih salah satu saja. Atau kalau tanahnya subur tidak usah menambahkan pupuk, basahi tanah tersebut sambil diaduk – aduk seperti membuat adonan kue hehehe. Seperti Poto (3) dibawah ini.
Poto (3). Mengolah tanah untuk penyemaian stek batang Soka
Poto (3). Mengolah tanah untuk penyemaian stek batang Soka
(4). Setelah mengolah tanah dirasa sudah cukup, lalu tancapkan stek atau batang pohon Soka yang tadi sudah di kumpulkan, kalau saya tidak pernah memakai obat oles untuk mempercepat tumbuh akar, tapi langsung menancapkannya satu per satu, jaraknya terserah boleh 2 cm x 2 cm atau berapa lah  yang penting jangan terlalu rapat, karena akan menyulitkan untuk pengambilan nantinya. Seperti Poto (4) dibawah ini.
Poto (4). penancapan / penanaman batang soka
Poto (4). penancapan / penanaman batang soka

(5). Setelah penanaman / penancapan bibit batang soka sudah selesai, kalau lokasi tidak ternaungi boleh memekai penutup pelasti atau atap dari apa saja, kalau saya ini tempat penyemaiannya ditempat teduh dan tidak terkena sinar matahari, jadi tidak pakai penutup juga tidak apa - apa. Seperti Poto (5) di bawah ini.




(6). Langsung melakukan penyiraman, sampai penyemaian bibit Soka tergenang air dan tanah menyatu dengan tanaman yang baru ditancapkan. Seperti Poto (6) di bawah ini.
Poto (6). Penyiraman semai Bunga Soka
(7). Selanjutnya Anda – Andini tinggal menunggu waktu 2 bulan kemudian, setelah dua bulan maka akan tumbuh akar – akar di bagian batang soka yang disemai, Untuk mencabutnya jangan asal cabut saja, lakukan penyiraman sampai tergenang air di penyemaian Bunga Soka. Setelah penyeiraman selesai sekarang boleh mencungkil bibit – bibit soka yang disemai dengan menggunakan alat cungkil atau bisa juga mencabutnya dengan hati – hati. Seperti Poto (7) di bawah ini.
Poto (7). pencabutan bibit Soka setelah 2 Bulan
Poto (7). pencabutan bibit Soka setelah 2 Bulan
(8). Dalam pencabutan bibit Soka di penyemaian, usahakan akar dari bibit tersebut jangan sampai tertinggal didalam tanah apalagi membuang akar tersebut hehehe. Seperti Poto (8) di bawah ini.
Poto (8). Bibit Soka sudah siap untuk ditanam
Poto (8). Bibit Soka sudah siap untuk ditanam


.........................................

Untuk melihat Vidionya silahkan DISINI atau dibawah ini


...........

...........

.........................................

Nah, setelah pencabutan bibit Soka di persemaian, kita langsung tanam tuh bibitnya ... Silahkan baca tulisan selanjutnya Cara menanam bunga soka hasil semai dari stek batang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar