logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at

Sampurasun Rampes ....

Blog Mang Yono. Sebelumnya saya pernah nulis tentang Gulma yang enak dikonsumsi juga yaitu pada postingan Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah. Nah, sekarang saya mau nulis tentang Gulma yang bernama Eceng sawah ini bukan Genjer loh, ini merupakan tumbuhan Gulma dan musuh bagi para petani di area persawahan, selain dari Gulma yang lain seperti Gunda, Semanggi, antanan dan rumput. Mungkin didaerah Anda – Andini nama Eceng Sawah ini berbeda – beda namanya dan perlu diketahui, eceng sawah sangat berbeda dengan eceng gondok, kalau eceng sawah tidak bengkak di batangnya sedangkan eceng gondok mempunyai buncit di batangnya.

Dalam jumblah banyak eceng sawah dapat mengganggu tanaman tanaman padi Karena Eceng yang tumbuh diantara tanaman padi akan ikut menyerap nutrisi yang seharusnya untuk tanaman padi dan akan menghambat akar padi untuk menembus tanah lebih dalam

Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at
Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at

Tapi disamping Eceng merupakan Gulma bagi tanaman padi Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at bagi manusia. Kalau ditempat saya Eceng yang masih muda sering dijadikan lalapan mentah atau lalapan direbus terlebih dahulu, bisa juga disayur, dilotek atau ditumis.  Katanya tumbuhan ini juga bisa dijadikan obat, kalau secara detainya saya tidak tau untuk obat apa, silahkan sobat cari di Google saja, pasti deh ada hehehe.
 
Eceng masih muda sudah dicuci bersih tinggal leep
Eceng masih muda sudah dicuci bersih tinggal leep

Kalau saya sendiri lebih suka memakan lalapan eceng sawah masih mentah, ada sesuatunya begitu apalagi kalau dimakan dengan sambal dan ikan asin, makannya di saung sawah... uuuh lebih nikmat rasanya. 

Tinggal nunggu sambel selesai di ulek
Tinggal nunggu sambel selesai di ulek

Tapi kalau keluarga saya lebih suka makan eceng sawah direbus dulu, katannya rasannya seperti genjer sawah. Ya sudah lah itu tergantung selera masing – masing saja hehehe. Seperti poto eceng Rebus dibawah ini. 

Eceng Rebus / godok  siap dicocol ke sambel
Eceng Rebus / godok  siap dicocol ke sambel

 Mungkin anda - andini ada yang belum mencobanya makan lalapan atau rebusan eceng sawah, tapi bagi orang sunda, lalapan ini sudah tidak asing lagi hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

26 komentar

hmm.. belum pernah makan eceng sawah mang. tapi apakah tekstur eceng sawah renyah kayak kangkung?

Balas

Nah mirip mirip renyahnya sama kangkung, mas. tapi yang lebih mirip teksturnya seperti Genjer, kalau mentah dimakan renyah dan cepet lembut, kalau mateng susah lembutnya hehehe

Balas

wah, kebetulan belum pernah coba lalapan yang satu ini dan rasanya itu pasti asing deh haha :D

Balas

kalau ndak salah ini namanya genjer ya...di tempat sy namanya genjer..tapi skarang sudah sangat jarang skali... :)

Balas

kalau nyebut lalapan, jadi inget ayah Ishmah yang suka banget sama lalapan, sampai puncuk pohon beringin(beringinnya ceritanya mau dibonsai cuman gagal jadi besar engga kecil engga) pun dinjadikan lalapan, *duh


dan yah~ ayah Ishmah orang subnda.. mungkin ayah Ishmah pernah juga ya, nyicipin Eceng rebus..

Balas

Penasaran ama eceng sawah tapi dikampung kami namnya genjer lho mas

Balas

tanah cilembu sudah subur, jadi eceng gondok/sawah seperti diatas itu, disini mah dipake buat nyocol sambel...masaa...?!

Balas

bukannya itu emang genjer mang? hohohoho beda kali ya

Balas

hahah orang Subang juga gak tau eceng. lain atuh kang sejenis ejeng gondok ngan teu gondok jadina oge na taneuh ledok

Balas

silahkan dicoba mas, rasanya enak hehe, bagi yang suka

Balas

haha eceng gondok mah gak enak kang, inimah eceng gak gondok hehe

Balas

kalau genjer lain lagi mas, ini daunnya hampir sama dengan eceng gondok hehe

Balas

waduh, kalau pucuk beringin malah saya belum pernah ... kalau orang sunda pasti deh sudah pernah makan eceng sawah, papi ada juga yang belum pernah makan ding heheh

Balas

kalau ditempat saya ini namanya eceng sawah kang, kalau genjer lain lagi hehe

Balas

Eceng akan maknyuz kalau dibuat Lotek tambah kurupuk makan duaan sama pacar di saung pinggir sawah hadeuhhhh nikmat banget nya Mang hahaha...

Balas

eceng gondokmah rasana haseummm Mang Lembu heuheuheu

Balas

mang kok mirip genjer ya..mamag tau genjer ndak? hehehe

Balas

Lain kali mau coba ah mang ... :D

Balas

wah saya malah belum pernah makan eceng master, di desa saya ngggak ada soalnya hehehe :D

Balas

iya kang bikin nikmat makannya, gak mau berenti sebelum habis loteknya hehehe

Balas

eceng dengan genjer beda lah mbak, saya juga sudah nulis tuh tentang genjer

Balas

silahkan mas, awalnya pasti gak menarik tapi setlah dua atau tiga kali pasti ketagihan heheeh

Balas

nanti pesan ke saya aja mbak master, biar merasakan rasanya eceng heheh

Balas

baru tahu kalau enceng sawah bisa dimakan

Balas

genjer eta mah atuh mang....pan sok aya dina tipi oge..kan kalau disebut eceng sawah mah, eceng gondok ge di sawah...sok-lah.

Balas

bilang Haseum nyah jangan sambil mlirikisayah atuh kang de....
huh...
*mlengos

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger