Skip to main content

Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at

Sampurasun Rampes ....

Blog Mang Yono. Sebelumnya saya pernah nulis tentang Gulma yang enak dikonsumsi juga yaitu pada postingan Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah. Nah, sekarang saya mau nulis tentang Gulma yang bernama Eceng sawah ini bukan Genjer loh, ini merupakan tumbuhan Gulma dan musuh bagi para petani di area persawahan, selain dari Gulma yang lain seperti Gunda, Semanggi, antanan dan rumput. Mungkin didaerah Anda – Andini nama Eceng Sawah ini berbeda – beda namanya dan perlu diketahui, eceng sawah sangat berbeda dengan eceng gondok, kalau eceng sawah tidak bengkak di batangnya sedangkan eceng gondok mempunyai buncit di batangnya.

Dalam jumblah banyak eceng sawah dapat mengganggu tanaman tanaman padi Karena Eceng yang tumbuh diantara tanaman padi akan ikut menyerap nutrisi yang seharusnya untuk tanaman padi dan akan menghambat akar padi untuk menembus tanah lebih dalam

Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at
Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at

Tapi disamping Eceng merupakan Gulma bagi tanaman padi Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at bagi manusia. Kalau ditempat saya Eceng yang masih muda sering dijadikan lalapan mentah atau lalapan direbus terlebih dahulu, bisa juga disayur, dilotek atau ditumis.  Katanya tumbuhan ini juga bisa dijadikan obat, kalau secara detainya saya tidak tau untuk obat apa, silahkan sobat cari di Google saja, pasti deh ada hehehe.
 
Eceng masih muda sudah dicuci bersih tinggal leep
Eceng masih muda sudah dicuci bersih tinggal leep

Kalau saya sendiri lebih suka memakan lalapan eceng sawah masih mentah, ada sesuatunya begitu apalagi kalau dimakan dengan sambal dan ikan asin, makannya di saung sawah... uuuh lebih nikmat rasanya. 

Tinggal nunggu sambel selesai di ulek
Tinggal nunggu sambel selesai di ulek

Tapi kalau keluarga saya lebih suka makan eceng sawah direbus dulu, katannya rasannya seperti genjer sawah. Ya sudah lah itu tergantung selera masing – masing saja hehehe. Seperti poto eceng Rebus dibawah ini. 

Eceng Rebus / godok  siap dicocol ke sambel
Eceng Rebus / godok  siap dicocol ke sambel

 Mungkin anda - andini ada yang belum mencobanya makan lalapan atau rebusan eceng sawah, tapi bagi orang sunda, lalapan ini sudah tidak asing lagi hehehe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar