logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Belajar bertani. Mungkin Anda – andini membaca judulnya heran ya, tumpang sari tanaman padi dengan tanaman mentimun / ketimun ( bonteng ). Untuk memulai bertani sebaiknya lahan kita manfaatkan seefisien mungkin. Daripada lahan kosong dan tidak ada hasilnya, alangkah baiknya kita tanami mentimun atau kacang panjang.  Seperti saya di penanaman padi sebelumnya, menanam mentimun / ketimun ( bahasa sunda bonteng) di pematang sawah. Seperti pada artikel sebelumnya tentang Liburan Ke Sawah Wisata Murah Meriah  atau tentang tulisan saya yang Mentimun ( Bonteng ) adalah buah sayuran atau buah lalapan yang bisa dimakan mentah, langsung lep

Mungkin ini bukan tanaman tumpang sari ya, karena ditanamnya di pematang sawah, bukan ditengah sawah, ya mana mungkin juga kali, tanaman padi di satukan dengan tanaman mentimun hehehe. Tanaman ini selain waktunya pendek (satu bulan sudah panen) budidaya mentimun ternyata juga sangat menguntungkan .

Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / Ketimun
Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun. Poto saya jepret di sawah Cibandung. Pagaden Barat

Mentimun / ketimun bahasa kerennya Cucumis Sativus L atau bahasa sunda Bonteng merupakan sayuran buah yang memiliki kandungan mineral dan vitamin cukup tinggi. 


Menanam mentimun/ ketimun di pematang sawah
Menanam mentimun/ ketimun di pematang sawah

Untuk pengolahan dan pembuatan pematang tanahnya tidak perlu dilakukan, karena sudah jadi pematang sawah, asal bersih dari rumput 


Bibit mentimun Yupiter
Bibit mentimun Yupiter. Cap Mutiara Bumi

Pemilihan bibit untuk benih harus disesuaikan dengan linkungan, maksud saya, jangan menanam mentimun yang harganya mahal, kecuali lahan yang ditanami mentimun luas, kalau cuma sedikit, ya yang biasa saja, seperti saya ini benih / biji nya saya beli di kios pertanian dengan harga 10 Ribu per sachet. Kalau tidak salah namanya Yupiter, ini merupakan mentimun / ketimun lalap ... Harga pas, petani puas hehehe.

Penanaman mentimun di pematang sawah hanya bisa ditanam satu baris dengan mengikuti lajur pematang sawah

Untuk pemupukan biasanya saya menggunakan pupuk dari NPK (Phonska) Urea/ZA, SP-36, KCI dan pupuk daun masing-masing sesuai kebutuhan dengan takaran perkiraan. Pemberian pupuk dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Tahap pertama Pupuk dilarutkan dalam air lalu disiramkan disekitar tanaman dengan interval tiap 7 hari sebanyak 2 kali.

Tahap Kedua Untuk selanjutnya pupuk diberikan pada tugalan/larik disekitar 5-10 cm jarak dari tanaman sebanyak 2 pemberian masa tanam. 

 Untuk pengairan saya rasa tidak terlalu difokuskan, karena pada saat penyiraman padi diarea sawah maka pematang sawah akan terkena rembesan atau resapan air.

 Ini ketimun kalau sudah panen bukan bermaksud dijual, untuk lalapan saja, kalau ada yang beli sih ya saya jual saja buahnya hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

memanfaatkan lahan kosong sambil nambah penghasilan ya mang :)
Ajib dah.. hehe

Balas

jadi mentimunnya ditanam di parit ya Mang, jadi ada tambahan pemasukan ya Mang

Balas

daripada lahan kosong mending ditanam mentimun ya.. biar hasil

Balas

salah satu trik memanfaatkan sisa lahan dalam bercocok tanam, kolaborasi antara padi dan mentimun...klop banget tuh, setelah padi menguning..mentimun bakalan dicuri oleh sikancil deh :p

Balas

betul sekali mas, daripada ditumbuhi rumput mending ditanami mentimun, khan lumayan buat lalapan sendiri, kalau ada yang beli ya dijual saja hehehe

Balas

bukan diparit kang tapi dipematang sawah, kalau parit khan selokan ya.
buat nambah - nambah jajan anak kang

Balas

iya betul teh elsa, khan lumayan buat rencang sangu hehehe

Balas

hahaha jangan kang, khan padi menguning mentimun sudah gak berbuah lagi hehehe, jadi sang kancilnya celingukan hehehe

Balas

wah , saya nyimak saja nih :D

Balas

ide kreatif nih mang, sambil nunggu panen padi mentimun juga ikut dipanen nantinya...

Balas

tapi kok di galengan gitu ya mang, nanti malah ga bisa lewat :D

Balas

Wah lumaya ya mang buat tambah-tambah penghasilan. Mungkin saya akan mencoba kalau ada lahan kosong

Balas

tehnik menanam yang brilian gan, saya baru tahu kalau bisa dengan cara seperti ini, terimakasih sudah berbagi, salam sukses

Balas

Tentunya tehnik seperti ini sangat menghemat lahan ya min, terimakasih sharenya

Balas

Silahkan disimak mas

Balas

sambil nunggu padi sambil panen mentimun mas..

tetap bisa mas, khan nanamnya di pinggir coba saja perhatikan, gak ditengah pematang sawah

Balas

iya mas, padi belum panen mentimun sudah panen heheh

silahkan mas dicoba cara menanam mentimunnya

Balas

sambil belajar bertani gan, nanti dipraktekan ya.. terimakasih sama - sama gan

Balas

betul sekali sob, daripada gak menghasilkan mending ditanami mentumun

Balas

Menanam dengan tumbang sari Padi dan mentimun ternyata manfaatnya bagus juga, kalau punya sawah bisa di coba nih caranya.

Salam

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger