Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun

Sampurasun ... Rampes

Blog Mang Yono. Belajar bertani. Mungkin Anda – andini membaca judulnya heran ya, tumpang sari tanaman padi dengan tanaman mentimun / ketimun ( bonteng ). Untuk memulai bertani sebaiknya lahan kita manfaatkan seefisien mungkin. Daripada lahan kosong dan tidak ada hasilnya, alangkah baiknya kita tanami mentimun atau kacang panjang.  Seperti saya di penanaman padi sebelumnya, menanam mentimun / ketimun ( bahasa sunda bonteng) di pematang sawah. Seperti pada artikel sebelumnya tentang Liburan Ke Sawah Wisata Murah Meriah  atau tentang tulisan saya yang Mentimun ( Bonteng ) adalah buah sayuran atau buah lalapan yang bisa dimakan mentah, langsung lep

Mungkin ini bukan tanaman tumpang sari ya, karena ditanamnya di pematang sawah, bukan ditengah sawah, ya mana mungkin juga kali, tanaman padi di satukan dengan tanaman mentimun hehehe. Tanaman ini selain waktunya pendek (satu bulan sudah panen) budidaya mentimun ternyata juga sangat menguntungkan .

Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / Ketimun
Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun. Poto saya jepret di sawah Cibandung. Pagaden Barat

Mentimun / ketimun bahasa kerennya Cucumis Sativus L atau bahasa sunda Bonteng merupakan sayuran buah yang memiliki kandungan mineral dan vitamin cukup tinggi. 


Menanam mentimun/ ketimun di pematang sawah
Menanam mentimun/ ketimun di pematang sawah

Untuk pengolahan dan pembuatan pematang tanahnya tidak perlu dilakukan, karena sudah jadi pematang sawah, asal bersih dari rumput 


Bibit mentimun Yupiter
Bibit mentimun Yupiter. Cap Mutiara Bumi

Pemilihan bibit untuk benih harus disesuaikan dengan linkungan, maksud saya, jangan menanam mentimun yang harganya mahal, kecuali lahan yang ditanami mentimun luas, kalau cuma sedikit, ya yang biasa saja, seperti saya ini benih / biji nya saya beli di kios pertanian dengan harga 10 Ribu per sachet. Kalau tidak salah namanya Yupiter, ini merupakan mentimun / ketimun lalap ... Harga pas, petani puas hehehe.

Penanaman mentimun di pematang sawah hanya bisa ditanam satu baris dengan mengikuti lajur pematang sawah

Untuk pemupukan biasanya saya menggunakan pupuk dari NPK (Phonska) Urea/ZA, SP-36, KCI dan pupuk daun masing-masing sesuai kebutuhan dengan takaran perkiraan. Pemberian pupuk dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Tahap pertama Pupuk dilarutkan dalam air lalu disiramkan disekitar tanaman dengan interval tiap 7 hari sebanyak 2 kali.

Tahap Kedua Untuk selanjutnya pupuk diberikan pada tugalan/larik disekitar 5-10 cm jarak dari tanaman sebanyak 2 pemberian masa tanam. 

 Untuk pengairan saya rasa tidak terlalu difokuskan, karena pada saat penyiraman padi diarea sawah maka pematang sawah akan terkena rembesan atau resapan air.

 Ini ketimun kalau sudah panen bukan bermaksud dijual, untuk lalapan saja, kalau ada yang beli sih ya saya jual saja buahnya hehehe
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar