logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ngobor belut di sawah

Sampurasun .... Rampes ...


Blog Mang Yono.  Ngobor belut berbeda sekali dengan Ngurek belut atau mancing belut. Ngobor belut yaitu kegiatan mencari belut yang dilakukan pada malam hari dengan alat penerangan, kalau jaman dulu sebelum harga minyak tanah naik biasa menggunakan PATROMAK, kalau sekarang biasanya menggunakan lampu charger dari rangkaian lampu Neon atau TL. Di desa - desa di Jawa Barat, tradisi berburu belut ini disebut ngobor, mungkin karena dahulu warga menggunakan obor sebagai alat penerangan.



Nah, biasanya ngobor belut ini dilakukan disawah yang sudah ditanami padi, kira – kira umur padi 1 atau 2 bulan setelah tanam, tapi ada resikonya kalau ketahuan yang punya sawah bisa dikejar – kejar hehe. Ada juga yang melakukan ngobor belut pada sawah yang belum ditanami padi, kalau cara ini aman

Ngobor belut di sawah


Alat – alat atau perlengkapan untuk ngobor belut biasanya sederhana saja. Petromak, golok / parang dan ember. Biasanya waktu yang tepat untuk ngobor belut yaitu sekitar jam  21.00 atau 23.00. Jam segitu mungkin sebagian warga di Kampung saya sudah terlelap dalam dinginnya malam, mungkin ada juga yang mendem dibawah selimut hehe.

Petromak pun saya pompa. Wosh ... wosh ... wosh.... Bunyinya memecah keheningan malam. Petromak alat penerangan ini sudah semakin sulit ditemukan di masyarakat, mungkin sudah termasuk barang unik dan langka juga antik hehehe. Kemungkinan besar generasi masa sekarang sudah tak mengenalnya, apalagi bisa mengoperasikannya

PATROMAK

Nah, untuk mencari belutnya tinggal cari saja di setiap sawah yang ada airnya, kalau belutnya sudah kelihatan langsung saja babat dengan golok atau parang, untuk golok atau parang biasanya saya menggunakan yang tumpul, karena kalau menggunakan golok atau parang yang tajam bisa – bisa belut tersebut terpotong.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

Belut? Iih, ampun ampun ampuunn.. Ndak makan ginian kita :(

Balas

geli laitnya deh, kalau saya yang jumpa kayaknya bakal pingsan :(

Balas

Wah ini sih dulu hoby saya, malam2 ngobor belut di sawah, kalau dapet banyak di bakar di sawah dan di makan bareng-bareng, terus sisanya di goreng di rumah. Gurih bener..

Balas

wah saya suka banget nie sama belut, gurih-gurih enyoy...
tapi kalo ngobor belut sih saya pernah sekali doang kang

Balas

ilmu baru nih untuk saya :D
iyaa tuh kalo pake bedong yg ada belutnya terpotong dan kasian deh

Balas

wah saya jadi ingat jaman dulu waktu saya masih kecil dan masih tinggal di daerah persawahan mang.. kalau malem ngobor belut. tapi saya pake serokan jaring mang tidak pake parang hehehehe :D

Balas

sekarang mah namanya bukan ngobor lagi dong mang? Tapi ngeLED, kan neranginnya pake lampu Led, hehehe tapi saya belum pernah lho mang nyobain makan belut ..

Balas

paling suka ikut acara ngobor cari belum di sawah , seru banget :D

Salam

Balas

kalau disana cari belum malam hari ya mas, kalau tempat saya yang main malam adalah cari kodok bancet namanya :D

Balas

saya kuatirnya ketuker sama ular Mang, kan malem2 ya

Balas

hayoMas Indra ngobornya pasti di meja makan deh

Balas

nggak makan belut? wahh rugi Mbak

Balas

Saya paling suka kegiatan "bekakrakan" seperti ini.ngoboor meskipun sering banyak "pacet" di kaki.tau "pacet" kan mang?,itu binatang kecil yang suka menghisap darah sejenis lintah.

Balas

Saya juga dulu pernah berenti makan belut karena pernah mabuk karena kebanyakan makan belut, selang 6 bulan eh malah makin doyan makan belut sampai sekarang hehehe

Balas

Kalau sama belut takut ya Mbak, kalau sama hantu malah ndak ya hehehe... Ada cerita kalau lagi ngobor belut ada hantu yang nakut - nakutin katanya belutnya akan banyak heheheh

Balas

Ber nostalgia sekarang mas, biar asik makanya ngobor lagi ehheeh

Balas

sukanya ngobor belut sudah dipiring ya kang eheheh

Balas

silahkan dipraktekan mas, mendingan pakai serokan atau japitan hehehe

Balas

Betul juga tuh mas pakai jaring biar belutnya tidak terpotong atau amblas ke lumpur hehehe

Balas

iya juga ya sekarang lebih praktis, tapi giliran habis batrai harus ngecas dulu hehehe, dulu khan tinggal isi minyak tanah sudah beres hehehe

Balas

iya mas paling seru ngobor dimeja makan rebutan sama keluarga hehehe

Balas

Iya mas, saya malah belum pernah ngobor Kodok, kebayang lompat - lompat tuh kodoknya eheheh

Balas

kalau ular kepalanya tidak bisa nyelem lama mas, iya sih kadang ada ular kadut yang mirip belut hehehe

Balas

iya mas, saya tau pacet, tapi didaerah saya yang namanya lintah dan pacet sudah tidak ada mas, jadi aman hehehe

Balas

Sungguh nostalgia sekali,, jadi rindu sawah'' :'( ane lebih suka tarik tambang bareng belut kang' lebih seru :D

Balas

Aku pernah tapi jadi salah nangkepvlar mas hahhh

Balas

kalau saya pakainya gergaji kayu om jd enteng bawanya...kalau daerah yang serem bin angker belutnya banyak....pernah juga di temuin memedi...:)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger