logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

PTPN VIII Subang Menanam serta Jualan Pepaya dan Pisang Emas Kirana

 Sampurasun Rampes ....

Blog Mang Yono. PTPN VIII Subang sekarang ini sedang melakukan penanaman kebun buah trofik. PTPN VIII sudah menanam tanaman pepaya dan tanaman pisang di perkebunan Karet yang masih kecil. Sekarang di Subang itu kita akan melihat pohon pisang atau pepaya berjajar di sela-sela pohon karet milik PTPN VIII Subang.

Yang membedakan kebun ini dengan layaknya kebun karet pada umumnya yaitu barisan tanaman pepaya atau pisang yang berada di tengah lajur tanaman karet yang masih kecil.  Kini, PTPN VIII memang sedang mengembangkan tanaman buah di sela tanaman karet, teh, dan sawit. Pepaya Merah Delima, Kalina, yang saat ini sudah mulai berbuah, dan mulai dipasarkan ke Berbagai Negara Luar Negeri, menyusul nanti pepaya Carmelita, yang lebih eksotis. Nanas juga sudah mulai berbuah. Pisang Mas Kirana dan Cavendish sudah panen dan ekspor perdana ke Singapura disaksikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan di kebun Jalupang, kabupaten Subang. Tanaman ini sebagai tanaman tumpang sari, kalau saya baru bisa menanam tumpang sari Mentimun ( Bonteng ) buah lalapan yang bisa dimakan mentah, langsung lep ini termasuk tumpang sari ndak ya hehe. Mentimun ( Bonteng ) buah lalapan yang bisa dimakan mentah, langsung lep ini termasuk tumpang sari ndak ya hehe.

PTPN VIII Subang Menanam serta Jualan Pepaya dan Pisang Emas Kirana
PTPN VIII Subang Menanam pisang sebagai tanaman tumpang sari

Sekarang ini kebun karet berbuah pepaya, pisang, nanas . Setiap hektarnya ditanami pisang, pepaya dengan jarak tanam mengikuti jarak tanam karet. ditargetkan pada tahun 2017 menjadi seluas 18.000 ha


Jarak antar pohon karet itu enam meter. Sejak dari dulu tanah sela selebar enam meter itu dibiarkan ditumbuhi rumput dan semak yang tidak menghasilkan uang. Tanah kosong itulah yang kini disulap dan ditanami pisang. Mungkin setelah panen lima atau enam  kali kebun pisangnya akan berakhir. Karena pada saat itu pohon karetnya sudah tinggi. Biasanya anak pisang yang ke enam kali kualitas anak pisang juga kurang baik dan maksimal.

PTPN VIII Subang Menanam karet dan Pepaya
PTPN VIII Subang Menanam Pepaya sebagai tanaman tumpang sari


Tiap tahun PTPN VIII menanam pohon karet itu  ribuan hektare. Maka tiap tahun itu juga PTPN VIII menanam Pisang, pepaya. Jenis pisang yang ditanam ini adalah cavendis dan baranang atau pisang Emas Kirana.


Tidak hanya pisang. PTPN VIII juga menanam pepaya calina besar-besaran dan sudah panen juga. PTPN VIII memang memiliki 100 ribu hektare lebih lahan di seluruh Jabar. Pepaya calina, pisang cavendis dan baranang adalah penemuan dari Dr Sobir dan tim IPB. 


Dulu kebun karet baru menghasilkan setelah enam tahun. Sekarang sudah menghasilkan dan ada uang masuk pada bulan ke-8,Dulu sela-sela pohon karet itu memakan biaya untuk pengaturan rumputnya. Kini sela-sela karet itu menghasilkan semenjak karet masih kecil.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Semoga tambah makin subur dan banyak ya kang :)

Balas

yang ditanam jenis bibit unggul semua yamang

Balas

saya pernah denger dari orang yang dapat dipercaya, PTPN VIII Subang ini memang PTPN yang paling luar biasa kreatifitas dalam melakukan pemberdayaan pada masyarakatnya loch kang

Balas

tanah yang luas, harus bisa dimanfaatkan dengan baik ya kang...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger