logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perbedaan pemberian pupuk pada tanaman

Sampurasun ..... Rampes ..... 

Blog Mang Yono. Di kesempatan ini saya akan mengulas sedikit dari beberapa literatur yang saya baca mengenai cara menanam dan masa panen beberapa tanaman sayuran. Tulisan ini dilatar belakangi banyak pertanyaan mengenai cara menanam dan masa panen beberapa tanaman. Tulisan tentunya tidak mencakup semua sayuran namun semoga cukup mewakili dari jenis tanaman sayuran yang ada.

Secara umum menanam sayuran ada yang bisa langsung ditanam langsung terutama untuk benih dengan ukuran yang besar, sedangkan benih yang ukurannya kecil perlu dilakukan penyemaian terlebih dahulu. 

Perbedaan pemberian pupuk pada tanaman di kampung dan di kota

 

 Baca juga : Liburan Ke Sawah Wisata Murah Meriah

Untuk Masa panen pun sebenarnya tergantung pertumbuhan tanaman, semakin subur tanaman maka semakin cepat dia bisa dipanen. Pengalaman saya ketika berbincang dengan petani di daerah Jakarta tepatnya di bantaran kali, dia memanen sawi hijau pada umur 25 hari setelah semai biji, padahal normalnya memanennya sekitar 45 hari. Perbedaannya adalah pupuk urea yang diberikan oleh petani ibukota ini adalah berkali-kali yaitu setiap 2 hari sekali, pada waktu penyiraman dicampur ke air 2 sendok urea dicampur  20 liter air dalam jerigen atau sekitar 2 sendok x 20 liter. sedangkan dikampung saya hanya memberi pupuk cuma sekali saja pada masa tanam sampai masa panen.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

Wah saya baru tau, ternyata pemberian pupuk di kampung berbeda dengan di kota. Yg saya tau selama ini pemberian pupuk dimanapun sama aja.

Balas

terima kasih Pak Informasi Perbedaan Pemberian Pupuk pada tanaman di kampung dan di kota... kebetulan saya di kampung hehehe... jdi lebih irit ya pak klo di kampung pemberian pupuknya

Balas

Sering juga ya mas pemberian pupuknya, 2 hari sekali, pasti butuh pupuk banyak ya :)

Balas

saya juga taunya begitu mas eh setelah saya tanya pada petani yang di bantaran sungai di Jakarta pemberian pupuknya dicampur dengan air tiap 20 liter dicampur 2 sendok pupuk urea langsung disiramkan ke tanaman sayurannya, pantesan tanamannya pada subur hehehe

Balas

kata para petani yang menanam di Jakarta, kalau tidak begitu tanaman mereka gak tumbuh subur, karena banyaknya polusi dan unsur lainnya kang hehehe

Balas

Awalnya saya juga heran tuh mbak, khan pupuk urea kalau kena daun tanaman bisa layu daunnya dan akhirnya mati, mungkin takarannya sedikit kali ya. 2 sendok teh berbanding air 20 liter. Kalau tidak begitu katanya tanamannya tidak tumbuh subur.

Mungkin kalau di tempat mbak di Jerman subur ya tidak seperti tanah di Jakarta.

Balas

Wah, Makasih kang informasinya. Ternyata beda ya di kampung sama di kota, baru tau saya. Hehe

Balas

thanks, infonya gan. saya baru tau klo itu beda

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger