logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membuat sayur bening dari labu air

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Ini sayur kesukaan saya  dan keluarga. Tampilannya memang sederhana ya bahkan tidak menarik, ini khan sayur bening. Kalau istilah Nenek saya "bawang beurem-salam" artinya bumbu utamanya ya cuma bawang beureum (bawang merah) dan daun salam. Cara membuatnya gampang banget dan praktis. Ini sayur biasanya istri saya buat.

Dalam artikel sebelumnya saya menulis Labu air atau yang dalam istilah ilmiahnya disebut lagenaria siceraria, banyak mengandung serat, labu air juga mengandung mineral. Dan katanya labu air itu untuk mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, diabetes, dan memperlancar proses pencernaan. 


Cara membuat sayur bening dari labu air
Sayur Bening Labu Air

Silahkan baca juga : Menanam labu air ( kukuk ) untuk sayuran dan peneduh 


Awalnya  saya heran ini labu dimasak apa? Kok nenek dan mertua  sering banget nanam labu air. Ternyata katanya ini untuk ngademin, buat panas dalam. Nah untuk mengobati panas dalam caranya dipotong-potong, dikukus sampai keluar airnya, terus disaring, diminum. Kalau mau tambah madu boleh.

Biasanya satu buah yang panjang itu sekitar 5000 sampai 7000 rupiah, tergantung besarnya, kalau dikebun saya 20 Ribu / buah = metik sendiri dipohonnya juga gak apa – apa, karena labu airnya sudah masuk internet hehehe.
Labu air masih dipohon
Labu air masih dipohon


Mau coba masak sayur labu air? Ini resepnya:
Bahan:
1. Petik buah labu air di kebun, kalau tidak punya kebunnya beli di abang - abang sayur atau dipasar, Siapkan labu air satu buah , potong-potong kotak
2. Kalau mau bisa ditambah sayur lainnya biar gak pucat dan tambah menbarik. Biasanya aku pakai wortel atau jagung. 

Ini namanya labu air
Pilih labu air yang agak muda / tidak terlalu tua


Bumbu:
1. Bawang merah 2 siung, rajang halus
2. Daun salam 2 lembar
3. Kunyit satu ruas diiris
4. Garam sepertiga sendok teh
5. Gula pasir 1-2 sendok makan atau tergantung selera anda.

Cara memasak:
1. Rebus semua bahan dan bumbu, kecuali gula pasir, perebusan  hingga mendidih
2. Masukkan gula pasir, cicip, jika sudah terasa enak, matikan api.
Untuk memasak labu air jangan terlalu lama, kalau dicampur dengan sayuran lain mendingan sayuran lain dimasak duluan.

Sayur bening labu air ala istri saya
Sayur bening labu air ala istri saya

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

mamah saya kalo bulan puasa suka masak labu air , persis kaya gitu di bening cuma pake garam bawang merah sama bawang putih aja masak nya. katanya sih kalo banyak konsumsi sayur ini biar ga panas dalam :)

Balas

enak yah Mang kalau punya supermarket hidup ( kebun sayur ) kepengen sayur tinggal petik saja,pokonamah sangat betah kalau lihat sana ssini sayuran hijau mata jadi bengras heuheuheu

Balas

wah saya juga suka tuh mang sama sayur bening labu, serasa seger badan kalo makan pake sayur bening :)

Balas

sayang ngga ada labu air di sini mas :(

Balas

sayur bening merupakan sayur favorit saya mang :D

Balas

kalo ibu saya, biasanya ditambah bayam atau kangkung kang,,_

Balas

betul sekali mbak, makan sayur labu dapat mengurangi panas dalam dan sariawan

Balas

Betul kang, ini untuk mengisi tanah kosong dengan tanaman aja kang, syukur - syukur ada yang beli sayurannya, kalau gak ada ya di makan sendiri dan sedikit berbagi dengan tetangga saja

Balas

Apalagi sayur labu airnya pakai sambel atau cabe ya kang, bikin melek deh hehehe

Balas

Oke mbak El nanti saya kirim Labu airnya ke Jerman ya hehehe

Balas

betul mas saya juga suka yang bening - bening, sayur labu bening pokonya yang bening - bening deh heheeh

Balas

bagus juga tuh, biar sayurnya gak kelihatan pucat ya.

Balas

mamang bener-bener orang sehat ya? maksudnya orang yang menjunjung tinggi arti kesehatan.

Balas

campur larutan cuka yang pake oli dikit

Balas

dari dulu saya sering makan itu mang, ibu saya pandai sekali memasaknya hingga menjadi makanan yang lezat dan nikmat :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger