logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menanam labu air ( kukuk ) untuk sayuran dan peneduh

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Menanam labu air ( kukuk ) untuk sayuran dan peneduh saung sawah. Menanam labu air ini biasa saya lakukan, selain untuk sayuran tanaman yang satu ini bermanfaat untuk peneduh di saung sawah. Itu yang saya lakukan, karena saung yang di tanami labu air di sekelilingnya akan rimbun dan adem oleh rambatan pohon labu air.

Mungkin Anda – andini ada yang belum mengenal dengan tanaman labu air, atau ada yang sudah pernah melihat tetapi tidak tahu namanya, ada juga yang sudah pernah melihat tetapi belum tahu namanya, bisa juga namanya karena berbeda tiap daera.

Menanam labu air ( kukuk ) untuk sayuran dan peneduh saung sawah
Labu air yang ditanam di sekitar saung sawah

Sesuai yang saya baca Labu Air memiliki beberapa nama persamaan yaitu Lagenaria leucantha, R atau Cucurbita lagenaria, L dan  Lagenaria vulgaris, S.
Di beberapa daerah tanaman atau buah labu air memiliki nama-nama yang berbeda seperti:

Frangi (melayu)
Tabu (sumatera utara)
Kukuk (sunda)
Waluh kenti (jawa)
Labu lente (madura)
Sambiki (manado).

Itulah nama – nama daerahnya, mungkin di tempat Anda – andini dikenal dengan nama lain juga, kalau di kampung saya di kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, namanya Kukuk karena daerah saya termasuk tatar Sunda hehehe.


Labu air sebagai tanaman peneduh saung sawah
Labu air sebagai tanaman peneduh saung sawah


Labu air termasuk tanaman herbal yang telah lama dikenal di daerah kampung saya, yang diyakini memiliki khasiat dapat menurukan panas tubuh. Biasanya labu air ini dikukus, direbus, disayur bening, dan sebagainya.

Sambil wisata kesawah berteduh disaung sawah
Sambil wisata kesawah berteduh disaung sawah

Labu air merupakan tanaman herba semusim yang tumbuh menjalar, memiliki batang yang berbentuk persegi, dengan alat pembelit. Daunnya tunggal bertangkai silindris, permukaan kasar dan berwarna hijau. Bunga berumah satu diketiak daun, berwarna kuning kehijauan, memiliki 5 mahkota, 5 benang sari, dan 3 putik. Buah bulat memanjang dan berwarna hijau kekuningan, dengan kulit yang bertekstur keras.Biji buah banyak, pipih, lonjong, dan berwarna putih.

Indahnya hamparan sawah padi mulai menguning
Indahnya hamparan sawah padi mulai menguning


Menanam labu air ini untuk memberikan  peneduh di saung sawah, sambil liburan kesawah meskipun suasana sangat panas, tapi dengan adanya tanaman peneduh ini dapat meneduhkan. Labu merupakan tumbuhan yang relatif mudah ditanam karena mampu beradaptasi terhadap lingkungan baik pada dataran tinggi berhawa dingin maupun dataran rendah berhawa panas. Selain itu tumbuhan ini juga mampu beradaptasi pada kurangnya air pada musim kemarau dan kelebihan air pada musin hujan. Tumbuhan ini dibudidayakan dengan biji .



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

asik ya pak sawahnya. pernah coba melihara ikan ngga ya pak..

Balas

Wah enak bisa tiap hari ke sawah ni pak

Balas

wah labu air ya mang, cocok buat sayur bening biasanya yah hehe...

Balas

Labu air kalau saya sering buat sayur bening Mang.

Salam

Balas

Wah wah berteduh di tengah sawah diantara rindangnya pepohonan waiihhh sensasi yang luar bisa tuh. Apalagi teduh dan ademnya gitu ditambah lagi dengan semilir angin sepoi sepoi pasti terasa menyegarkan. Saya pasti jatuh tertidur kalau ngade gitu.

Soal Labu air ini apa mirip dengan Labusiem atau Labusiyem yang biasa saya kenal. Dulu jaman saya SD sering makan lontong sayur dengan sayur labu siem, pake krupuk, sama sambel. Wuiiiiiiiiii Subhanallah nikmatnya

Balas

ini namanya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui..sekali menanam,,,dapat teduhnya dapat juga buahnya.....luarbiasa.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas

labu ini memang enak kalo dioseng hehe

Balas

Wahhh ingat labu dan tumpang sari jadi ingat skripsiku nih mang.. ehh ujung2nya jadi blogger..

Balas

Iya Bang, untuk berlibur yang murah meriah, saya belum pernah piara ikan bang

Balas

Kesawahnya seminggu sekali Mbak, sehari - harinya di Kota jadi kuli

Balas

Iya kang, kalau yang bening - bening saya juga suka, apalagi sayur labu air

Balas

Iya mas, sayur bening selain gampang memasaknya enak juga plgi dimakannya di saung sawah

Balas

iya kang lebih cocok ngadem di saung sawah, apalagi yang punya utang keriditan cocok banget untuk ngumpet heheeh

Labu air beda jauh dengan labu siem kang, miripnya dengan labu kuning tapi labu air bentuknya panjang, kalau labu kuning khan bulet hehee

Balas

iya bang sekali menanam dapat teduh dan buahnya termasuk juga dapat postingan di blog hehehe ... wa'alaikumsalam dari Subang bang

Balas

iya sob, dioseng di sayur atau cuma dikukus cocok banget buat labu air ini

Balas

kalau saya belum ngalamin skripsi bang, langsung nanem dan jadi blogger aja hehehe

Balas

kuku teh bentuknya yang gede dan lucu itu kadang suka jadi maenan anak saya sebelumdibuat sayur sam ibue jeh mang...:p

Balas

Baru tahu mas namanya labu pupuk :)
seneng ya ijo ijo begitu :)Seneng ya mas bisa nanam labu air sendiri :)

Balas

labu air itu enak disayur, pucuknya juga. Sayang saya tidak punya sawah,

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger