logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Tape Ketan Sendiri.

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono.  Siapa sih yang tak mengenal makanan atau camilan yang manis dan segar ini ? makanan ini terbuat dari ketan putih , tape ketan / peuyeum ketan ini memang menjadi salah satu makanan atau cemilan vaforit bagi sebagian masyarakat .

Tape ketan biasanya di olah dengan di bungkus dengan daun pisang, daun jambu air dan daun muncang / kemiri. Untuk menjadikan tape yaitu dengan menunggu beberapa malam setelah proses pembuatan untuk dapat dinikmatinya . Memang sih dalam mengolah tape ketan harus ektra sabar, tapi waktu menunggu itu akan terbalaskan oleh hasil yang sangat enak , manis dan menyegarkan ... Mantab dah.

Cara Membuat Tape Ketan Sendiri
Tape Ketan Dibungkus Daun Muncang / Daun Kemiri

Tape ketan biasanya di hidangkan saat acara-acara tertu seperti saat hajatan , acara pesta , syukuran , arisan atau acara-acara special lainnya . Rasa yang manis dan asem yang dihadirkan oleh tape ketan memang sangat unik . Tapi rasa yang unik itu yang membuat tape ketan ini di cari oleh berbagai masyarakat termasuk saya . Karena saya juga penggemar tape ketan , jika ada yang hajatan pasti yang saya cari adalah tape ketan hehehe.

Kasihan deh kalau gak ada yang hajatan. Tapi masa iya sih mau makan tape ketan saja harus nunggu ada yang hajatan dulu ? hehehe sedih amat yaa . Kalau dikampung saya ada beberapa pedagang yang menjual tape ketan keliling, biasanya pedagangnya dari daerah Ciruluk, Pokek, Kali Gambir dan lainnya, tetapi tidak ada salahnya loh kalau membuat tape ketan sendiri dirumah . Tentunya akan lebih enak dan menyenangkan bukan ? apalagi di buat dengan tangan sendiri pastinya hasilnya pun akan sangat nikmat ... segar ...

Dulu jaman saya masih remaja, ingin sekali berkumis dan berjenggot, terus ada teman kasih saran “ pakai air tape ketan aja “. Saya langsung praktekan, eh malah ketiduran, pas bangun tuh muka dikerubutin semut hehehe.
Nah, untuk anda yang mulai tertarik dengan tape ketan dan ingin membuatnya dirumah , tapi tidak tahu cara membuatnya. Mungkin tulisan saya ini akan sedikit membantu, karena kali ini saya akan membahas dalam tulisan tentang tape ketan . Dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan cukup mudah dirumah . 

Makan tape ketan yang dibungkus daun kemiri
Makan tape ketan yang dibungkus daun kemiri

Silahkan baca juga : Cara Membuat Dage Biji Karet Untuk Di Konsumsi




Bahan-bahan Tape Ketan Putih:

•    Beras ketan putih 1 kilo gram atau 1 liter
•    Ragi 1 butir
•    Daun pisang / daun jambu air / daun kemiri ( untuk membungkus adonan tape )

Cara Membuat Tape Ketan Putih:

Pertama : cuci bersih beras ketannya , terus rendam kurang lebih selama 2 jam , lalu tiriskan

Kedua : Kukus hingga beras ketan putih benar-benar matang seperti masak nasi biasa , angkat. Setelah ketan yang sudah dikukus dingin , lalu taburi ragi yang sudah dihancurkan dan di ayak halus hingga benar-benar rata . Selanjutnya bungkus ketan putih yang sudah diberi ragi tadi dengan daun pisang .

Ketiga : Taruh di wadah , lalu tutup rapat untuk melakukan fermentasi , selama dua hari dua  malam .

Nah itu dia bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan tape ketan beserta cara pembuatannya
Tapi mohon diingat dalam pembungkusan atau pembuatan tape ketan putih, wanita atau perempuan yang sedang datang bulan dilarang ikut membuat atau membungkus tape ketan, nantinya warna dari tape ketan akan berbeda ( ini pesan dari sesepuh loh ).



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

wah .. aku baru tahu soal kata sesepuh itu mas :)

Balas

Unruk Bahan RAGI harus pake RAGI itu ya? Soalnya yang saya tau RAGI ada yang sudah jadi, alias RAGI dalam bentuk serbuk atau Bubuk. Kebetulan bulan lalu saya pernah iseng iseng buat Pizza juga memakai RAGI. Tapi ragi Bubuk Merek Fermesan kalau nda salah. Bisakah menggunakan RAGI bubuk atau serbuk yang sudah jadi?

Balas

Wah tape ketan nie sekarang dah jadi makanan langka kang, mungkin dah tahunan kali saya gak pernah makan tape ketan nie, kalo dulu sih ibu suka bikin tapi itu juga dah lama banget waktu saya masih SD :)

Balas

aku tak hobi memasak mang , buat calon biini bisa kali ya hehehe

Balas

kalau di kampung sayamah dibungkusna ku daun Tisuk Mang,rasanya lebih manis dibanding dengan daun pisang hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger