Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono.  Kungkang Goreng, mungkin  bagi kebanyakan masyarakat, belalang, kungkang, lembing hijau dianggap sebagai hewan liar dan hama tanaman. Tetapi di beberapa daerah, termasuk didaerah saya di kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Hewan ini masih dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang kaya nutrisi.

Belalang, kungkang dan lembing hijau, serangga ini masih dipertahankan sebagai makanan camilan atau pun lauk-pauk. Belalang dimanfaatkan oleh warga setempat dengan cara digoreng, dibacem atau digegetik / di cobek. Seperti diungkapkan pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral.

Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi
Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi

Di beberapa daerah Belalang, kungkang, lembing dijadikan sumber pangan alternatif. Bahkan di beberapa negara, belalang sebenarnya sudah dijadikan makanan pokok. 

Baca juga : Cara membuat masakan Loto dari daun talas

Seperti pada poto dibawah ini, yaitu kungkang goreng, kungkang yaitu, sejenis hama tanaman yang mempunyai aroma khas. Binatang ini menyerang tanaman khususnya tanaman padi. Hama kungkang merupakan musuh para petani, tetapi binatang liar yang satu ini bisa dijadikan masakan yang khas.
Cara penangkapannya kungkang dengan cara dijaring, biasanya jaring yang dikunakan yaitu jaring kulambu / kelambu yang biasa di pasang di tempat tidur untuk nyamuk, kali ni disulap untuk jaring perangkap kungkang. Penangkapan kungkang yaitu pada waktu panen padi, sambil memotong pohon padi disawah sambil perangkap kungkang.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar